25 Urutan Nabi Lengkap Beserta dengan Tugas dan Gelar yang di Dapat

Penulis: Dhia Amira

Diperbarui: Diterbitkan:

25 Urutan Nabi Lengkap Beserta dengan Tugas dan Gelar yang di Dapat
Ilustrasi (credit: Freepik)

Kapanlagi.com - Nabi adalah manusia yang memperoleh wahyu dari Tuhan tentang agama dan misinya. Mempelajari kisah para Nabi dan Rasul adalah kewajiban bagi setiap muslim yang beriman. Dalam Al-Quran pun, Allah Ta'ala mengingatkan 'sesungguhnya pada kisah-kisah mereka itu terdapat pelajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal'. Ada pula urutan nabi ada 25 lengkap dengan tugas dan juga gelarnya.

Sebenarnya diketahui bahwa, ada banyak nama-nama nabi dalam Islam dengan jumlahnya hingga ratusan ribu bahkan tak terhitung. Namun dari banyaknya nama-nama nabi tersebut hanya ada 25 urutan nabi yang wajib umat Islam imani serta ketahui. Di antara urutan nabi tersebut, semua memiliki riwayat kisah yang beragam dengan hikmah yang dapat dipetik dengan baik oleh umat muslim.

Adapun perbedaan nabi dan rasul yaitu, nabi adalah seorang manusia yang mendapatkan wahyu dari Allah SWT untuk dirinya sendiri dan tidak berkewajiban menyampaikan kepada umatnya. Sedangkan Rasul berasal dari kata risala yang berarti penyampaian. Dari arti tersebut rasul merupakan seorang manusia yang diberikan wahyu dan kepercayaan dari Allah SWT yang berkewajiban menyampaikan kepada umatnya.

Itulah mengapa ada beberapa nama nabi yang memiliki gelar atau julukan sebagai ulul azmi dengan keteguhan hati yang sangat luar biasa mengagumkan. Untuk itu dilansir dari berbagai sumber, inilah urutan nabi lengkap beserta dengan gelar dan tugasnya.

 

 

 

1. Urutan Nama Nabi

Dan inilah beberapa urutan nabi yang wajib umat Islami pahami, dari nabi pertama hingga nabi terakhir. Adapun daftar urutan nabi sebagai berikut:

  1. Nabi Adam As.
  2. Nabi Idris As.
  3. Nabi Nuh As.
  4. Nabi Hud As.
  5. Nabi Saleh As.
  6. Nabi Ibrahim As.
  7. Nabi Luth As.
  8. Nabi Ismail As.
  9. Nabi Ishaq As.
  10. Nabi Yaqub As.
  11. Nabi Yusuf As.
  12. Nabi Ayyub As.
  13. Nabi Syu'aib As.
  14. Nabi Musa As.
  15. Nabi Harun As
  16. Nabi Zulkifli As.
  17. Nabi Daud As.
  18. Nabi Sulaiman As.
  19. Nabi Ilyas As.
  20. Nabi Ilyasa As.
  21. Nabi Yunus As.
  22. Nabi Zakaria As.
  23. Nabi Yahya As.
  24. Nabi Isa As.
  25. Nabi Muhammad SAW

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Gelar Ulul Azmi

Di antara urutan nabi di atas, ternyata ada beberapa nabi yang memiliki gelar Ulul Azmi loh KLovers. Gelar Ulul Azmi sendiri merupakan nabi pilihan yang mempunyai ketabahan luar biasa. Urutan nabi yang mendapatkan gelar Ulul Azmi ini diketahui sebagai seorang yang memiliki ketabahan, kesabaran, dan keuletan yang luar biasa dalam menjalankan tugas sucinya sebagai rasul, walaupun menghadapi berbagai rintangan. Dan berikut ini beberapa urutan nabi yang bergelar Ulul Azmi:

  1. Nabi Nuh AS.
  2. Nabi Ibrahim AS.
  3. Nabi Musa AS.
  4. Nabi Isa AS.
  5. Nabi Muhammad SAW.

3. Tugas Para Nabi

Pada dasarnya semua nabi yang diciptakan oleh Allah SWT memiliki satu tujuan. Dan tujuan tersebut adalah menjadikan Allah SWT sebagai tuhan yang patut untuk disembah. Berikut ini beberapa tugas para nabi yang harus dilakukan:

  1. Mengajak manusia untuk beribadah.
  2. Mencegah dari semua larangan.
  3. Mengajak manusia kepada Allah Ta'ala.
  4. Menjadi uswatun hasanah (teladan terbaik).
  5. Mengingatkan manusia bahwa diciptakan dari tanah dan akan kembali ke tanah.
  6. Mengingatkan agar tidak fokus kepada dunia saja.
  7. Menegakkan dan menyampaikan agama Allah Ta'ala.
  8. Memberitahukan batas-batas Allah SWT.
  9. Membuat perdamaian dan komunikasi.
  10. Membuat peraturan berbagai cara.

4. Tempat Berdakwah Para Nabi

Selain urutan nabi yang bisa kita ketahui dari nabi pertama hingga terakhir, kita juga harus mengetahui tempat-tempat berdakwah para nabi. Dan berikut ini beberapa tempat para nabi berdakwah:

Jazirah Arab:

  • Nabi Adam AS.
  • Nabi Ismail AS.
  • Nabi Shaleh AS.
  • Nabi Hud AS.
  • Nabi Syuaib AS.
  • Nabi Muhammad SAW.
Irak:

  • Nabi Idris AS.
  • Nabi Nuh AS.
  • Nabi Ibrahim AS.
  • Nabi Yunus AS.
Syam (Palestina, Suriah, Yordania, Lebanon):

  1. Nabi Luth AS.
  2. Nabi Ishaq AS.
  3. Nabi Ya'qub AS.
  4. Nabi Ayub AS.
  5. Nabi Zulkifli AS.
  6. Nabi Daud AS.
  7. Nabi Sulaiman AS.
  8. Nabi Ilyas AS.
  9. Nabi Ilyasa AS.
  10. Nabi Zakariya AS.
  11. Nabi Yahya AS.
  12. Nabi Isa AS.
Mesir:

  1. Nabi Yusuf AS.
  2. Nabi Musa AS.
  3. Nabi Harun AS.
Itulah 25 urutan nabi yang wajib kalian ketahui, dan pelajari. Semua para nabi ini memiliki keistimewaan masing-masing yang diberikan oleh Allah SWT. Semua cerita hidup dari para nabi-nabi ini dapat dijadikan pelajaran untuk semua umat islam untuk kehidupan dunia dan akhirat.

 

 

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending