44 Kata-Kata Bermoral yang Bijak, Penuh Makna Mendalam

Selasa, 03 Agustus 2021 16:22 Penulis: Dhia Amira
44 Kata-Kata Bermoral yang Bijak, Penuh Makna Mendalam
Ilustrasi (Credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Moral yang mana memiliki ungkapan lain seperti akhlak, etika, atau susila adalah istilah sebuah tindakan yang memiliki nilai positif. Manusia yang tidak memiliki moral disebut amoral, artinya dia tidak bermoral dan tidak memiliki nilai positif di mata orang lain. Sehingga moral adalah hal mutlak yang harus dimiliki oleh setiap manusia. Ada banyak cara agar seseorang memiliki moral yang baik, salah satunya membaca kata-kata bermoral sebagai bentuk nasihat bagi diri sendiri.

Moral menjadi sebuah sifat dasar yang diajarkan oleh orang tua dan di sekolah, hal ini karena moral menjadi bentuk rasa hormat untuk sesama manusia. Moral adalah perbuatan atau tingkah laku, hingga ucapan seseorang dalam berinteraksi dengan manusia lainnya. Apabila yang dilakukan seseorang itu sesuai dengan nilai yang berlaku di masyarakat, maka hal tersebut dapat diterima dengan baik, begitu pula sebaliknya.

Untuk memiliki moral yang baik, berikut ini telah dilansir dari berbagai sumber, ada kata-kata bermoral yang bijak dan penuh akan makna mendalam. Yuk langsung saja dicek KLovers.

 

1. Kata-Kata Bermoral yang Menyentuh Hati

Kata-kata bermoral yang pertama yaitu, ada kata-kata bermoral yang menyentuh hati. Kata-kata ini bisa menjadi sebuah nasihat menyentuh untuk kalian agar lebih baik lagi. Berikut beberapa kata-kata bermoral yang menyentuh hati tersebut:

1. "Jangan biarkan setiap orang yang datang padamu, pergi tanpa merasa lebih baik dan lebih bahagia. Jadilah ungkapan hidup dari kebaikan Tuhan. Kebaikan dalam wajahmu, kebaikan dalam matamu, kebaikan dalam senyummu."

2. "Kebaikan satu-satunya adalah pengetahuan dan kejahatan satu-satunya adalah kebodohan."

3. "Jangan pernah merobohkan pagar tanpa mengetahui mengapa didirikan. Jangan pernah mengabaikan tuntunan kebaikan tanpa mengetahui keburukan yang kemudian kamu dapat."

4. "Janganlah kehilangan rasa percaya diri, hanya karena komentar jiwa-jiwa kecil yang iri dengan kebaikan hidupmu."

5. "Jauhilah dengki karena dengki memakan amal kebaikan sebagaimana api memakan kayu bakar."

6. "Seseorang yang melihat kebaikan dalam berbagai hal berarti memiliki pikiran yang baik. Dan seseorang yang memiliki pikiran yang baik mendapatkan kenikmatan dari hidup."

7. "Apa pun kata-kata yang kita ucapkan, kata-kata tersebut harus dipilih dengan hati-hati karena orang lain akan mendengar kata-kata tersebut dan terpengaruh oleh kata tersebut demi kebaikan atau keburukan."

8. "Wangi bunga menyebar hanya mengikuti arah angin. Tapi, kebaikan seseorang menyebar ke semua arah."

9. "Tunjukkan kegelapan dan aku bisa melihat cahaya. Tunjukkan semua keburukanmu dan aku masih bisa melihat kebaikan yang tersisa."

10. "Agama saya sangat sederhana. Agama saya adalah kebaikan."

11. "Kejujuran adalah sebuah kebaikan terdalam yang mengajarkan kita untuk bersyukur pada hidup kita sendiri dan membagi kebahagiaan tersebut dengan orang-orang."

12. "Seseorang yang benar-benar tidak berdosa, mengorbankan diri demi kebaikan orang lain, termasuk musuh-musuhnya, dan menjadi tawanan dunia. Itulah cinta sempurna."

13. "Agama sejati adalah hidup yang sesungguhnya - hidup dengan seluruh jiwa seseorang, dengan seluruh kebaikan dan kebajikan seseorang."

14. "Nggak ada istilah bohong untuk kebaikan, karena sebuah kebohongan adalah pembelokan dari kebenaran. Saat kebenaran belok, itu bukanlah sebuah kebaikan lagi."

15. "Biasakanlah untuk jujur karena kejujuran itu menuntun kita pada kebaikan, dan kebaikan itu menuntun kita pada keselamatan."

 

2. Kata-Kata Bermoral yang Penuh Makna

Kemudian kata-kata bermoral yang lainnya yaitu, dengan kata-kata bermoral yang penuh akan makna mendalam. Kata-kata penuh makna ini bisa menjadi sebuah nasihat yang tegas untuk kalian yang merasa ingin menyerah. Berikut beberapa kata-kata bermoral yang penuh makna tersebut:

16. "Derajat kebaikan seorang hamba yang paling tinggi adalah yang hatinya dapat terpuaskan oleh Tuannya Yang Maha Benar sehingga dia tidak membutuhkan perantara antara dirinya dengan Tuannya itu."

17. "Kebaikan itu layaknya para petapa yang selalu muncul dalam kelompok. Sebuah prinsip yang baik tidak pernah sendirian di hati."

18. "Saya tidak menyukai kekerasan karena ketika kekerasan digunakan untuk melakukan kebaikan, kebaikan itu hanyalah sementara, kejahatan yang dilakukannya permanen."

19. "Ada dua hal yang harus kamu lupakan: Kebaikan yang kamu lakukan kepada orang lain dan kesalahan orang lain kepadamu."

20. "Jika engkau menginginkan kebaikan, segeralah laksanakan sebelum engkau mampu. Tetapi, jika engkau menginginkan kejelekan, segeralah hardik jiwamu karena telah menginginkannya."

21. "Dosa kita lebih mudah untuk diingat dari pada kebaikan kita."

22. "Hendaklah kita tidak meremehkan kebaikan sekecil apa pun, meski hanya menemui saudara kita dengan wajah yang berseri."

23. "Pembenaran berarti pengenyahan kejahatan manusia dan pelimpahan kebaikan Allah."

24. "Tidak ada kebaikan yang bisa kita dapatkan dari sebuah perpecahan, maka kunci menghindari perpecahan adalah mensyukuri perbedaan."

25. "Jadikanlah kebaikan sebagai panggilan jiwamu agar Tuhan selalu memanggilmu saat ada kebaikan yang harus dilakukan."

26. "Kebaikan adalah bahasa di mana yang tuli bisa mendengar dan yang buta bisa melihat."

27. "Tunjukkan dan lakukan kebaikan sekarang juga, dan jangan tunda atau diabaikan karena waktu tidak akan sama lagi."

28. "Ada kebaikan dalam pekerjaan dan ada kebaikan dalam istirahat. Gunakan keduanya dan jangan abaikan keduanya."

29. "Kebaikan buat masyarakat itu bergantung kepada watak masyarakat dan didikan masing-masing orang."

30. "Tidak ada kesederhanaan yang sama dengan sebuah pikiran yang seimbang, dan tidak ada kebahagiaan yang sama dengan kepuasan, tidak ada penyakit layaknya ketamakan, dan tidak ada kebaikan yang sama dengan kasih sayang."

 

3. Kata-Kata Bermoral dari Para Tokoh

Dan yang terakhir yaitu, ada kata-kata bermoral dari para tokoh. Kata-kata ini menjadi sebuah nasihat yang bijak dan keren bagi kehidupan kalian. Berikut beberapa kata-kata bermoral dari para tokoh tersebut:

31. "Petani itu adalah seorang yang berkeyakinan baik, orang yang bermoral tinggi, dan memiliki cinta kepada kebebasan yang kokoh." - Che Guevara

32. "Kita hidup di bumi ini tidak harus menjadi atau merasa paling bermoral, paling beriman, paling suci. Semua manusia itu sama." - Jerinx

33. "Kekerasan dalam hal mencapai keadilan ras merupakan hal yang tidak berguna dan tidak bermoral. Aku tahu bahwa seringkali kekerasan memberikan hasil sementara. Bangsa-bangsa sudah sering kali memenangkan kemerdekaan mereka melalui perang. Tetapi itu hanyalah kemenangan yang sementara, kekerasan tidak pernah memberikan perdamaian abadi." - Martin Luther King

34. "Kekuasaan sewenang-wenang paling mudah dibangun di atas reruntuhan kebebasan yang disalahgunakan hingga tidak bermoral." - George Washington

35. "Saya menganggap perzinahan tidak bermoral. Bukan karena seks itu jahat, tetapi karena seks terlalu bagus dan terlalu penting." - Ayn Rand

36. "Tidak ada yang namanya buku moral atau tidak bermoral. Buku buku ditulis dengan baik, atau buruk." - Oscar Wilde

37. "Yang penting bukanlah apakah Anda bermoral atau tidak. Yang penting adalah Anda memiliki hak untuk menjadi." - Andre Gide

38. "Orang Jepang melihat pernyataan diri sebagai hal yang tidak bermoral dan pengorbanan diri sebagai jalan yang masuk akal untuk diambil dalam hidup." - Akira Kurosawa

39. "Saya mengaku sebagai penulis yang sangat tidak bermoral." - George Bernard Shaw

40. "Tidak ada yang namanya buku moral atau tidak bermoral. Buku buku ditulis dengan baik, atau buruk." - Oscar Wilde

41. "Cinta adalah moral bahkan tanpa pernikahan resmi, tetapi pernikahan tidak bermoral tanpa cinta." - Ellen Key

42. "Dalam masyarakat yang waras, sipil, cerdas dan bermoral, Anda tidak menyalahkan orang miskin karena miskin." - Andrew Young

43. "Kami bermoral di antara reruntuhan." - Benjamin Disraeli

44. "Menjadi politisi sejati sama sulit dan beratnya dengan bermoral." - Francis Bacon

Itulah kata-kata bermoral yang bijak dan penuh akan makna mendalam. Semoga kata-kata ini bisa menjadi sebuah nasihat yang baik untuk kehidupan kalian.

 

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI