45 Kata-Kata Tidak Mudik Lebaran yang Menyentuh, Jadi Ungkapan Rasa Rindu

Minggu, 09 Mei 2021 13:11 Penulis: Dhia Amira
45 Kata-Kata Tidak Mudik Lebaran yang Menyentuh, Jadi Ungkapan Rasa Rindu
Ilustrasi (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Mudik memang menjadi tradisi seluruh masyarakat muslim di Indonesia. Momen mudik sangat ditunggu-tunggu dan menjadi kegiatan yang spesial. Namun sayang, saat ini banyak yang tidak mudik karena pandemi covid-19. Tidak heran bila ada banyak kata-kata tidak mudik lebaran yang menjadi ungkapan rasa sedih.

Ya, mudik menjadi kegiatan dimana kita bisa bertemu dan berkumpul bersama keluarga besar. Bisa menikmati hidangan lebaran bersama, hingga saling bermaaf-maafan. Biasanya mereka yang mudik akan berkumpul di rumah orangtua untuk menghabiskan waktu bersama, setelah tidak lama bertemu.

Nah, bagi kalian yang tidak mudik, berikut ini ada 45 kata-kata tidak mudik lebaran yang bisa menjadi sebuah ungkapan rasa rindu pada keluarga. Yuk langsung saja dicek KLovers.

 

1. Kata-Kata Tidak Mudik Lebaran yang Menyentuh Hati

Kata-kata tidak mudik lebaran yang pertama yaitu ada kata-kata yang menyentuh hati. Kata-kata ini cocok jadi ungkapan rasa rindu yang kalian rasakan. Berikut ini kata-kata tidak mudik lebaran yang menyentuh hati:

1. "Kata-kata tentu tak dapat menghapus banyaknya dosa padaku untukmu ibu. Namun di hari yang fitri ini, izinkan aku memohon maaf sebesar-besarnya atas kesalahan yang disengaja ataupun tidak. Minal aidzin wal faidzin, ibu."

2. "Meski tangan tak kunjung bisa berjabat dan raga tak dapat berpeluk erat, semoga doa tetap dapat mendekatkan kita ya bu, selamat hari raya idul fitri 2021, mohon maaf lahir dan batin."

3. "Bila pun saya menyerahkan hidup saya pada ibu, tak sedikitpun mampu membalas jasa sudah kalian curahkan. Saya mohon maaf tak bisa pulang di lebaran kali ini. Di momen spesial ini saya mengucapkan selamat Idul Fitri 1442 H."

4. "Jarak yang terbentang bukan menjadi masalah dalam mengungkapkan permintaan maaf atas segala dosa dan khilaf selama satu tahun terakhir. Melalui pesan ini, aku memohon maaf setulus hati kepada ibu yang selalu sabar kepadaku."

5. "Suara takbir berkumandang dilengkapi tabuhan bedug yang ramai di hari raya membuatku rindu rumah. Aku ingin pulang, tapi apa daya? Keadaan memaksaku untuk tak dulu pulang. Selamat hari raya Idul Fitri 2021. Mohon maaf lahir dan batin. Maaf tak bisa pulang."

6. "Sejernih air yang mengalir, sejernih itulah cintamu kepadaku. Ibu di hari raya Idul Fitri 1442 H kali ini saya belum bisa pulang menghadapmu. Semoga maafku ini diterima ibu, selamat hari raya Idul Fitri 1442 H, Ibu."

7. "Minal aidzin wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin, semoga tahun depan kita dapat menyambut hari raya Idul Fitri bersama lagi."

8. "Melati semerbak yang harum mewangi, Menjadi penghias di hari fitri ini. Pesan ini pengganti diri, ulurkan tangan silaturahmi, Selamat hari raya Idul Fitri 1442 H mohon maaf lahir dan batin."

9. "Di tanah perantauan ini, melalui pesan singkat ini aku haturkan permintaan maaf setulus-tulusnya pada kalian di sana. Semoga di hari yang fitri, pintu maaf itu terbuka lebar sebagaimana kalian menyambutku ketika pulang ke rumah."

10. "Sepuluh jari yang tersusun rapi, membawakan harum bunga melati. Niat diriku ini setulus hati, meminta maaf kepadamu di hari fitri yang suci ini. Selamat Idul Fitri 1442 H."

11. Selamat hari raya Idul Fitri 1442 H, tentu permintaan maafku tidak akan pernah cukup, namun izinkan aku mengucapkan minal aidzin wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin di hari yang fitri ini."

12. "Tidak ada kata seindah kata maaf, tidak ada perbuatan seindah yang memaafkan, kini hati akan dibersihkan, tanpa noda dan kotoran, Selamat hari raya Idul Fitri. Mohon maaf lahir dan batin."

13. "Ramadan yang telah berlalu, kini disambut Hari Raya Idul Fitri. Rasa bahagia siapa yang memandu dari tuhan yang maha kasih. Kepada kalian kuucapkan selamat hari raya Idul Fitri."

14. "Meski wajah tak mampu berjumpa, tangan tak bisa saling menjabat, semoga coretan kata ini mampu menjadi jembatan di hari penuh kemenangan. Taqabbalallahu minna wa minkum. Minal aidin walfaizin."

15. "Tiada yang lebih menyenangkan dibanding berlebaran dengan keluarga di rumah, tempat aku dibesarkan. Maaf aku tak pulang, tentu bukan karena tidak rindu. Tapi, keadaan yang memaksaku. Selamat hari raya Idul Fitri dari anakmu di perantauan."

 

2. Kata-Kata Tidak Mudik Lebaran yang Menghibur

Selanjutnya yaitu ada kata-kata tidak mudik lebaran yang lucu. Walaupun tidak mudik menjadi sebuah hal yang menyedihkan, namun ada saja kalian yang menanggapinya secara santai. Berikut ini beberapa kata-kata tidak mudik lebaran yang lucu tersebut:

16. "Sampai tiba dititik jauh dari keluarga dan ingin berkumpul, baru kamu akan merasakan bagaimana arti mudik yang dianggap konyol sebagian orang."

17. "Mengantisipasi sesaknya penumpang, hindari membawa barang yang tidak perlu seperti meja makan, tangga, mesin cuci, kulkas, genset, kasur, sofa apalagi piano." - Cak Lontong

18. "Bawa bajunya jangan banyak-banyak karena ini mudik, bukan minggat." - Cak Lontong

19. "Tips mudik terakhir dan yang penting adalah pastikan kalau anda punya kampung halaman." - Cak Lontong

20. "Aku ingin pulang ke kampung halaman, tapi belum bisa. Akan tetapi, suatu saat nanti, aku akan pulang, membawa pencapaian yang membanggakan."

21. "Pengen pulang kampung halaman tapi lupa halaman berapa."

22. "Alhamdulillah persiapan mudik 95% sudah siap. Tinggal cari kampungnya belum dapet."

23. "Mudik sendirian dipastikan lebaran tahun ini masih jomblo."

24. "Kerja tanpa THR tidak usah panik, yang penting bisa mudik."

24. "Maafkan anakmu mak hanya bisa bawa ilmu, belum bisa bawa menantu."

26. "Ayo mudik siapa tau ketemu jodoh di kampung halaman."

27. "Yang nggak pernah mudik lebaran, nggak bakal tahu rasanya kebelet pipis di mobil karena macet berkepanjangan, sedangkan pom bensin masih jauh."

28. "Yang mudik hati-hati di jalan, yang di hati jangan jalan-jalan."

29. "Sebelum mudik periksa kembali apakah rumah anda sudah dalam keadaan terkunci dan pastikan anda sudah tidak berada di dalamnya." - Cak Lontong

30. "Apabila mudik menggunakan pesawat terbang atau kapal laut, usahakan jangan naik apalagi turun di tengah perjalanan." - Cak Lontong

 

3. Kata-Kata Tidak Mudik Lebaran yang Singkat

Dan kata-kata tidak mudik lebaran yang terakhir yaitu ada kata-kata tidak mudik lebaran yang singkat. Ungkapan ini akan cocok dijadikan sebuah status media sosial kalian loh. Berikut ini kata-kata tidak mudik lebaran yang singkat tersebut:

31. "Jika mudik bisa membuat orang tuamu bahagia, mudiklah!"

32. "Kamu akan selalu punya tempat untuk pulang, punya rindu yang harus dituntaskan dan punya agenda untuk menghabiskan liburan."

33. "Angin yang menyapa mengungkapkan kata rindu. Pergilah duhai angin. Sampaikan salam rinduku buat keluargaku."

34. "Sebenarnya aku sangat ingin, hanya saja keadaan membuatku tidak bisa kumpul dengan keluargaku."

35. "Selamat mudik lebaran. Rumah, sejauh apapun berada selalu menjadi tujuan terakhir untuk kembali pulang. Semoga selamat sampai tujuan."

36. "Rumah adalah perasaan cinta dan damai. Aku sangat merindukan rumahku."

37. "Hanya Tuhan yang bisa membantu orang yang rindu kampung halaman."

38. "Tidak ada yang seperti rumah, itulah sebabnya kita merindukannya."

39. "Yang ingin aku lakukan sekarang adalah pulang ke rumah. Aku sangat merindukannya."

40. "Aku sangat merindukan rumahku."

41. "Tetap tenang adalah hal yang mustahil saat merindukan kampung halaman."

42. "Kita tidak bisa benar-benar menghargai rumah sampai kita meninggalkannya."

43. "Hatimu tidak pernah bisa meninggalkan rumah."

44. "Malam hari terasa spesial di rumahku."

45. "Rumah adalah perasaan cinta dan damai."

Itulah 45 kata-kata tidak mudik lebaran yang menyentuh dan keren. Bisa menjadi sebuah ungkapan rasa rindu pada keluarga karena tidak bisa bertemu serta menghabiskan waktu bersama saat hari raya.

 

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI