5 Amalan di Malam Takbiran yang Dapat Mendulang Pahala, Beserta dengan Keutamaannya

Minggu, 09 Mei 2021 17:11 Penulis: Dhia Amira
5 Amalan di Malam Takbiran yang Dapat Mendulang Pahala, Beserta dengan Keutamaannya
Ilustrasi (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Hari raya Idul Fitri tinggal menghitung hari. Bukan hanya sholat Idul Fitri saja yang amat ditunggu-tunggu umat muslim, tetapi juga malam takbiran. Yup! Malam takbiran merupakan momen yang begitu hangat serta penuh rasa kebersamaan, sehingga banyak sekali yang menunggu momen tersebut. Selain melakukan tradisi dengan menyerukan takbir keliling, kalian juga bisa melakukan amalan di malam takbiran yang lain.

Selain itu, di malam takbir ini kalian bisa lebih dekat lagi dengan Allah SWT, serta dapat menutup bulan Ramadan dengan baik dan sempurna oleh ibadah. Bahkan pada malam yang istimewa ini kalian juga bisa mendapatkan berkah pengampunan dosa dan terkabulnya doa melalui amalan malam takbiran.

Kira-kira apa saja ya amalan di malam takbiran tersebut? Untuk itu dilansir dari berbagai sumber, inilah 5 amalan di malam takbiran beserta dengan keutamaannya. Yuk langsung saja dicek KLovers.

 

 

1. Menyerukan Takbir

Amalan di malam takbiran yang pertama yaitu menyerukan takbir. Ya, kegiatan takbir memang menjadi salah satu hal utama pada penutup malam Ramadan. Bahkan dengan menyerukan takbir, kita bisa dijauhkan dari api neraka, mendapatkan pahala, dan didekatkan dengan Allah SWT. Hal ini terdapat dalam surat Al Baqarah ayat 185:

Allah berfirman, yang artinya: "...hendaklah kamu mencukupkan bilangannya (puasa) dan hendaklah kamu mengagungkan Allah (bertakbir) atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu." (Qs. Al Baqarah: 185)

Selain itu ada pula hadis tentang amalan di malam takbiran. Ibn Abi Syaibah meriwayatkan bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam keluar rumah menuju lapangan kemudian beliau bertakbir hingga tiba di lapangan. Beliau tetap bertakbir sampai sholat selesai. Setelah menyelesaikan sholat, beliau menghentikan takbir. (HR. Ibn Abi Syaibah dalam Al Mushannaf 5621)

 

 

2. Sholat Subuh dan Isya Berjamaah

Sholat Isya dan Subuh menjadi sholat yang wajib dilakukan oleh setiap muslim. Menjalankan sholat Isya dan Subuh secara berjamaah tentu sudah menjadi ibadah yang kerap dilakukan.

Namun istimewanya, pada malam takbiran dianjurkan untuk melaksanakan ibadah tersebut secara berjamaah. Sholat Subuh dan Isya berjamaah sebagai amalan di malam takbiran merupakan amalan yang sangat mulia. Sehingga ada baiknya kalian melakukan kegiatan ibadah di masjid di momen terakhir bulan Ramadan.

 

 

3. Berdoa

Berdoa memang menjadi salah satu kegiatan pendekatan dan penghubung bagi manusia pada Allah SWT. Dengan berdoa, kita bisa meminta ampunan dan permohonan terbaik pada Allah untuk kehidupan kita. Berdoa juga masuk dalam salah satu bagian ibadah yang mulia, makanya banyak orang yang akan meluangkan waktunya untuk berkonsentrasi saat berdoa. Bahkan dalam bulan Ramadan pun, berdoa pada Allah SWT akan dikabulkan bila itu hal yang baik dan untuk kebaikan.

Sehingga untuk mengakhiri bulan Ramadan ini, kalian bisa memanfaatkan malam hari raya Idul Fitri dengan berdoa. Bahkan doa di malam takbiran akan senantiasa dikabulkan oleh Allah SWT, sebagaimana pada malam Jumat dan waktu mustajab lainnya. Namun tentu untuk mendapatkannya harus dilakukan dengan bersungguh-sungguh serta dengan hati yang tulus karena Allah Ta'ala.

 

 

4. Berdzikir

Kemudian amalan di malam takbiran yang lainnya yaitu berdzikir. Yup! Dzikir juga menjadi salah satu ibadah yang bisa kita lakukan setiap saat, sama seperti doa. Biasanya dzikir dilakukan saat setelah melaksanakan ibadah sholat. Dikatakan, berdzikir merupakan salah satu cara untuk menyempurnakan ibadah kepada Allah SWT.

Bahkan dzikir menjadi salah satu ibadah yang mendekatkan kita pada Allah SWT, karena kita selalu mengingat Allah dan memujanya dengan pujian-pujian. Selain itu dengan berdzikir kita juga menunjukkan rasa syukur kita pada Allah SWT. Karena itulah mengapa ibadah yang paling ringan namun sangat disukai oleh Allah SWT adalah berdzikir.

Bahkan dengan melakukan dzikir di malam takbiran ini, kita akan semakin menyempurnakan penutup bulan Ramadan dengan indah. Bahkan, Rasulullah SAW pun menganjurkan seluruh umat muslim untuk banyak berdzikir agar senantiasa mendapat perlindungan dari Allah. Dengan berdzikir, kalian bisa lebih mengingat dan mendekatkan diri kepada Allah swt, serta bisa mendapatkan kemuliaan di penghujung bulan Ramadan.

 

 

5. Mempersiapkan Diri untuk Pelaksanaan Sholat Idul Fitri

Dan amalan di malam takbir yang terakhir yaitu dengan melakukan persiapan diri untuk melaksanakan sholat Idul Fitri. Dengan mempersiapkan segala hal yang perlu untuk menjalankan ibadah sholat esok pagi, tentu kita akan semakin mendapatkan keberkahan. Apalagi bila kita mempersiapkan hal tersebut dengan suka cita.

Jangan lupa untuk mempersiapkan pakaian terbaik, wangi-wangian serta sedekah. Hal ini karena memakai pakaian terbaik dan sedekah merupakan salah satu sunnah pada hari raya Idul Fitri. Selain itu, kalian juga bisa memastikan kalau sudah membayar zakat fitrah sebelum sholat Idul Fitri selesai dilaksanakan.

 

 

6. Keutamaan Malam Takbiran

Setelah mengetahui apa saja amalan di malam takbir yang bisa kalian lakukan. Kali ini ada pula keutamaan dari malam takbiran itu sendiri. Di malam takbiran terdapat keutamaan yang bisa diraih oleh Muslim. Menurut laman resmi Nahdlatul Ulama disebutkan ada beberapa pendapat dari para ulama mengenai keutamaan ini.

Untuk pendapat pertama kalian bisa memanfaatkan waktu untuk beribadah di malam takbiran (as-shahih). Kemudian untuk pendapat kedua dikatakan bahwa, cukup beribadah sesaat saja dari malam hari raya (malam takbiran). Untuk pendapat kedua ini diperkuat dengan keterangan dari Imam As-Syafi'i yang mengisahkan bahwa ketika malam hari raya Idul Fitri dan Idul Adha para masyayikh kota Madinah datang ke masjid, berdoa, dan berdzikir sampai lewat beberapa saat saja waktu malam tersebut.

Sedangkan pendapat ketiga sebagaimana dikutip oleh Al-Qadhi Husain dari Ibn Abbas RA mengatakan, keutamaan menghidupkan malam hari raya (malam takbiran) diperoleh dengan sholat Isya secara berjamaah, lalu kemudian dilanjutkan melakukan sholat Subuh di pagi harinya secara berjamaah pula. Tentu dengan semua pendapat tersebut, semua adalah baik adanya bagi kita dalam mendapatkan ridho dari Allah SWT.

Itulah 5 amalan di malam takbiran yang dapat mendulang pahala beserta dengan keutamaannya. Semoga dengan kita mengetahui amalan di malam takbiran tersebut, kita bisa menutup dan menyempurnakan ibadah di bulan Ramadan ini.

 

 

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI