5 Cara Jaga Daya Tahan Tubuh saat Puasa Ramadan, Agar Terhindar Virus Corona Covid-19

Senin, 20 April 2020 13:22 Penulis: Puput Saputro
5 Cara Jaga Daya Tahan Tubuh saat Puasa Ramadan, Agar Terhindar Virus Corona Covid-19
Ilustrasi (credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Berbagai prediksi terkait kapan berakhirnya pandemi virus corona covid-19 bermunculan. Hasilnya beragam ada yang menyebut hitungan bulan, bahkan tahun. Yang jelas, bulan Ramadan tahun ini akan berlangsung di tengah pandemi. Jadi, umat islam harus bisa menjaga daya tahan tubuhnya saat berpuasa. Tapi, bagaimana cara menjaga daya tahan tubuh saat puasa?

Sebab, seperti yang kita tahu, daya tahan tubuh jadi faktor penting agar kita terhindar dari virus corona covid-19. Padahal, saat menjalankan ibadah puasa Ramadan, umat islam tidak bisa makan dan minum sebanyak biasanya. Tenaga untuk berolahraga dan menjalankan aktivitas juga akan sangat terbatas saat sedang berpuasa.

Itulah sebabnya, mengapa sebaiknya kita mencari cara jaga daya tahan tubuh saat puasa Ramadan yang tepat dan tidak mengganggu ibadah. Dengan begitu, ibadah tetap lancar dan badan tetap sehat terhindar dari virus corona covid-19.

Berikut beberapa cara jaga daya tahan tubuh saat puasa Ramadan.

 

 

1. Penuhi Nutrisi Selama Puasa Ramadan

Selama menjalankan ibadah puasa, waktu makan memang dibatasi. Meski begitu hal ini seharusnya tidak menjadi halangan untuk tetap bisa memenuhi kebutuhan nutrisi. Sebab, tubuh kita akan selalu membutuhkan berbagai nutrisi. Nah, kita bisa memenuhi kebutuhan nutrisi itu saat berbuka dan sahur.

Untuk kaitannya dengan daya tahan tubuh, selain karbohidrat yang berfungsi sebagai sumber energi, tubuh kita juga membutuhkan asupan vitamin C dan senyawa zinc. Vitamin C dapat kita peroleh dengan mengonsumsi berbagai buah dan sayur, seperti jeruk, apel, kiwi, brokoli, tomat, bayam, dan lain-lain. Sementara untuk zinc bisa didapat dari daging ayam, sapi, dan beberapa jenis sayuran.

2. Jangan Segan Konsumsi Suplemen

Meskipun sudah memilih menu dengan nutrisi seimbang, bisa jadi suatu saat tumbuh mengalami kekurangan nutrisi karena berbagai hal, misal nafsu makan yang tiba-tiba hilang. Jika hal ini terjadi kalian tetap bisa menjaga daya tahan tubuh kalian.

Dikutip dari liputan6, Dokter Suci Sutinah Diah Suksmasari mengungkapkan suplemen bisa jadi salah satu cara memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh kita. Namun, sebaiknya kalian tetap harus memperhatikan jenis suplemen yang kalian konsumsi selama menjalani puasa Ramadan.

3. Tidur Cukup

Sudah menjadi rahasia umum bahwa tidur cukup menjadi salah satu kunci dari menjaga daya tahan tubuh. Hal ini ternyata bukan isapan jempol belaka, sebab kurang tidur bisa mengaktifkan hormon kortisol dalam tubuh. Hormon inilah yang bisa mengakibatkan stres dan berujung pada melemahnya daya tahan tubuh. Padahal, durasi tidur saat puasa Ramadan bisa berkurang karena harus menjalani sahur.

Oleh karena itu, saat berpuasa sebaiknya kalian juga menjaga pola tidur yang teratur. Cukupi kebutuhan tidur setidaknya 7 jam bagi orang dewasa. Salah satu cara memenuhi kebutuhan tidur saat berpuasa adalah dengan tidur siang. Meski begitu, sebaiknya juga jangan terlalu lama tidur siang. Sebab justru bisa membuat mood menurun dan melemahkan daya tahan tubuh.

4. Sempatkan Olahraga

Selain tidur cukup, olahraga juga menjadi salah satu kunci dari cara menjaga daya tahan tubuh. Namun, karena sedang berpuasa, sebaiknya kalian memilih jenis olahraga yang cocok kalian lakukan. Pilih olahraga yang tidak terlalu menguras tenaga, seperti jalan santai atau bersepeda.

Selain jenis olahraga, sebaiknya kalian juga melakukan olahraga di waktu yang tepat. Saat menjalankan puasa Ramadan, kalian bisa berolahraga di pagi hari setelah subuh atau di sore hari menjelang waktu berbuka puasa. Hindari berolahraga di siang hari di bawah sinar matahari langsung. Karena hal ini justru bisa membuat kalian jadi dehidrasi.

5. Jangan Stres

Cara menjaga daya tahan tubuh saat puasa Ramadan salah satunya adalah dengan menjaga suasana hati agar tetap bahagia dan tidak stres. Stres bisa menjadi salah satu pemicu dari menurunnya daya tahan tubuh.

Padahal, saat berpuasa badan akan terasa lebih lemas dari biasanya. Akibatnya, kita akan cenderung malas melakukan berbagai aktivitas. Jika sudah begitu, bosan tidak bisa terhindarkan dan stres bisa jadi tinggal menunggu waktu.

Jadi sebaiknya hindari stres dengan melakukan kegiatan dan tidak terlalu membuang energi selama puasa. Kalian juga bisa mengusir stres dengan menjalankan berbagai kegiatan yang menjadi hobi kalian. Selain itu, jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan tidur dan berolahraga, sebagaimana yang sudah disebutkan sebelumnya.

Nah, itulah di antaranya 5 cara menjaga daya tahan tubuh saat puasa Ramadan. Dengan melakukan cara di atas, daya tahan tubuh kalian akan terjaga dan bisa lebih terhindar dari virus corona covid-19. Selain itu, jangan melupakan kebiasaan cuci tangan, pakai masker, dan social distancing tentunya.

(kpl/psp/gen)

Reporter:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI