5 Cara Membuat Cilok Rebus, Anak Kost Juga Bisa Coba!

Sabtu, 06 Juli 2019 20:13 Penulis: Editor KapanLagi.com
5 Cara Membuat Cilok Rebus, Anak Kost Juga Bisa Coba!
Ilustrasi Cilok (cr:Shutterstock)

Kapanlagi Plus - Kamu pengen bikin cilok sendiri? Tapi di rumah atau di kost nggak ada minyak? Tenang aja, resep kita kali ini adalah resep tentang cara membuat cilok rebus. Ya namanya juga direbus. Berarti tidak membutuhkan minyak kan?

Sobat KLovers, siapa di antara kalian yang suka cilok? Terkadang kalau lagi pengen-pengennya, kita pengen banget makan cilok padahal hari itu abang-abang cilok nggak lewat depan rumah atau kost. Kalau kata anak jaman sekarang sih, udah BM banget, tapi nggak kesampaian. Uh, sedihnya.

Maka dari itu, yuk disimak, cara membuat cilok rebus di bawah ini. Jadi nanti, kalau kamu tiba-tiba mau makan cilok, nggak usah nunggu abang-abang cilok yang belum tentu lewat. Tinggal buka kulkas, rebus, kelar deh!

1. Cara Membuat Cilok Rebus Isi Abon Ikan

Bahan-bahan :
1. Abon ikan secukupnya.
2. 10 sendok tepung kanji
3. 10 sendok tepung terigu
4. Air panas dan
5. Garam
6. Lada bubuk
7. Penyedap

Langkah-langkah : 
1. Buat adonan tepung terigu dengan air panas.
2. Sembari membuat adonan, panaskan air untuk merebus cilok.
3. Tambahkan tepung terigu, garam, lada, dan penyedap di adonan tadi.
4. Tambahkan air lalu aduk semuanya. Tetapi, jangan terlalu encer.
5. Tambahkan tepung terigu di lapisan atasnya agar mudah saat membulatkan cilok.
6. Rebus bola-bola cilok lalu tunggu sampai matang.
7. Jika sudah matang, santap dengan saus atau kecap. Akan lebih nikmat jika dengan saus kacang.

2. Cara Membuat Cilok Rebus Isi Keju

Bahan-bahan :
1. 5 porsi 200 gr tepung terigu
2. 200 gr tepung kanji
3. 1 sendok makan tepung kanji yang telah dicampurkan air
4. 2 tangkai daun bawang
5. 50 gr keju cheddar yang telah diparut secukupnya
6. Garam secukupnya
7. Penyedap rasa secukupnya
8. Saos tomat
9. 7 buah cabai rawit
10. 1 buah tomat
11. 8 siung bawang putih
12. 2 sendok makan gula
13. Air hangat secukupnya

Langkah-langkah :
1. Panaskan air didalam panci untuk merebus cilok.
2. Sambil menunggu air mendidih buat adonannya dari bahan-bahan tersebut.
3. Campurkan tepung terigu, tepung kanji, garam, penyedap rasa, bawang putih, daun bawang, lalu aduk jadi satu.
4. Lalu masukan air hangat sedikit demi sedikit sampai adonan kalis dan mudah dibentuk.
5. Bentuk adonan menjadi pipih, kasih parutan keju secukupnya lalu bentuk menjadi bulat.
6. Kemudian masukan ke dalam air mendidih.
7. Ulangi terus sampai adonan habis lalu tiriskan Setelah semua adonan matang, kukus cilok 10 menit agar matang merata
8. Oseng bawang putih sampai wangi.
9. Campurkan saos tomat, air secukupnya, irisan cabe rawit, tomat yang diiris kecil-kecil.
10. Setelah mendidih masukan maizena yang sudah dicampur air.
11. Biarkan mendidih. Lalu matikan kompor.
12. Cilok isi keju siap dinikmati.

3. Cara Membuat Cilok Rebus Nasi

Bahan-bahan : 
1. 1 centong nasi 1
2. Udang kecil atau rebon
3. 200 cc air
4. 50 gr tepung terigu
5. 150 gr tepung sagu tani
6. 2 siung bawang putih yang telah dihaluskan
7. 1/2 sendok teh lada bubuk
8. 1 sendok teh garam halus
9. Penyedap Rasa
10. 1 butir telur
11. 2 batang daun seledri yang telah dipotong halus

Bahan kuah :
1. Sawi putih secukupnya
2. Mie rebus
3. 1 butie telur
4. 6 buah cabe merah keriting yang telah dihaluskan
5. 3 buah cabe burung yang telah dihaluskan
6. 2 siung bawang putih geprek yang telah dirajang halus
7. Bawang Bombay secukupnya
8. Daun bawang secukupnya

Langkah-langkah :
1. Rebus air sampe mendidih.
2. Ambil setengah air untuk memblender nasi dan rebon.
3. Lalu, sisa air campurkan pada tepung terigu.
4. Aduk rata, lalu masukan nasi dan rebon yang sudah kita blender tadi.
5. Lalu masukan bawang putih, garam, dan penyedap rasa.
6. Aduk rata. Masukan telur dan daun seledri. Aduk rata kembali.
7. Lalu masukan tepung sagu tani, aduk rata lagi.
8. Rebus air sampai mendidih.
9. Lalu ambil adonan dan kepal bulat.
10. Masukan ke dalam air, rebus sampai dia mengapung.
11. Supaya tidak lengket, kasih secukupnya minyak goreng ke dalam rebusan airnya.
12. Lakukan sampai adonan habis.
13. Jika sudah matang, angkat lalu tiriskan.

Langkah membuat kuahnya :
14. Tumis bawang putih, bawang Bombay, sampai harum.
15. Lalu masukan cabe yg sudah digiling.
16. Aduk rata, lalu tambahkan air.
17. Setelah mendidih masukan mie, sawi putih, telor dan cilok. Jangan lupa kasih garam, dan penyedap rasa.
18. Jika dirasa cukup, angkat lalu hidangkan.
19. Santaplah selagi hangat.

4. Cara Membuat Cilok Rebus Isi Sosis

Bahan-bahan :
1. 12 sendok makan tepung kanji
2. 10 sendok makan tepung terigu
3. 3 batang daun bawang
4. 7 helai daun kucai
5. Sosis
6. Air untuk merebus
Bahan bumbu halus :
1. 5 siung bawang putih
2. Garam
3. Penyedap rasa

Langkah-langkah :
1. Haluskan bumbu.
2. Lalu tumis hingga harum.
3. Siram air untuk dicampurkan keadonan (kira-kira 1 gelas air).
4. Ketika sudah mendidih, masukan daun bawang dan kucai.
5. Campur tepung kanji dengan tepung terigu.
6. Aduk dan tuangkan air.
7. Aduk hingga merata.
8. Setelah adonan dapat dibentuk, potong-potong sosis lalu bentuklah adonan dengan memasukkan sosis di dalamnya sebagai isiian.
9. Panaskan air untuk merebusnya.
10. Setelah sudah dibentuk rebus hingga cilok mengembang diatas air.
11. Jika sudah matang, angkat, lalu tiriskan. Hidangkan dengan saus atau kecap. Sesuai seleramu.
12. Silahkan menikmati.

5. Cara Membuat Cilok Rebus Minimalis Anak Kost

Bahan-bahan :
1. 12 sendok makan tepung terigu
2. 11 sendok makan tepung tapioka
3. 1/2 sendok teh garam
4. 1/2 sendok teh penyedap rasa
5. Lada bubuk secukupnya
6. 2 siung bawang putih yang telah diulek halus.
7. Sejumput daun bawang
8. Air

Langkah-langkah : 
1. Siapkan wadah, masukkan tepung tapioka dan tepung terigu.
2. Aduk rata kemudian masukkan bawang putih halus, garam, penyedap rasa, lada, dan daun bawang.
3. Aduk kembali sampai rata.
4. Masukkan air yang telah dididihkan ke adonan sedikit demi sedikit.
5. Aduk-aduk sampe kalis.
6. Setelah itu, siapkan panci yang sudah diisi air untuk merebus adonan cilok.
7. Bila cilok sudah mengapung keatas permukaan air, tandanya sudah matang.
8. Hidangkan dan makanlah. Makan dengan saus atau kecap agar rasanya semakin nikmat!

Itulah tadi, 5 cara membuat cilok rebus. Anak kost juga bisa coba di rumah. Daripada nggak ada kerjaan di kost, mending bikin cilok kan! Kalau lapar, tinggal hangatkan dan makan! Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Penulis : Jihan Fadhilah

 

(kpl/mag/jjj)



MORE STORIES




REKOMENDASI