5 Cara Menghapus Akun Instagram Secara Instan, Gampang Banget Nggak Pake Ribet

Rabu, 10 Juli 2019 15:57 Penulis: Wuri Anggarini
5 Cara Menghapus Akun Instagram Secara Instan, Gampang Banget Nggak Pake Ribet
┬ęShutterstock

Kapanlagi Plus - Instagram jadi salah satu media sosial paling populer dan kekinian buat milenial zaman now. Nggak cuma jadi tempat berbagi foto dan momen seru dengan para follower, lewat unggahan yang ada kamu juga bisa mendapatkan beragam informasi terkini dari siapa saja yang diikuti. Mulai dari update berita yang lagi banyak dibicarakan, kepoin selebriti favorit, sampai stalkingin pacar barunya mantan.

Tapi, mulai bosan dengan aktivitas tersebut, males distalkingin mantan, atau memang ingin bikin akun baru yang lebih fresh aja? Begini cara menghapus akun Instagram yang bisa kamu cobain di rumah. Gampang banget.

1. Cara Menghapus Akun Instagram via Situs Online

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Buat kamu yang tiap hari mantengin komputer, daripada buka-buka smartphone mending gunakan PC kamu untuk delete akun Instagram. Berikut adalah cara menghapus akun Instagram milikmu via desktop.

  • Kunjungi situs perbantuan Instagram di help.instagram.com. Jangan lupa, gunakan pengaturan Bahasa Indonesia untuk tampilan browser kamu.
  • Temukan menu 'Mengelola Akun Anda' yang terletak di kolom kiri, di bawah tulisan ‘Pusat Bantuan.' Klik menu tersebut.
  • Kamu akan dibawa ke pilihan menu-menu baru, salah satunya bertuliskan 'Hapus Akun Anda.' Di sini tersedia tiga poin bantuan di mana salah satunya adalah cara menghapus akun Instagram. Mulai dari ‘Bagaimana cara menonaktifkan sementara akun saya?', ‘Bagaimana cara menghapus akun saya?', serta ‘Bagaimana cara mengakses atau meninjau data saya di Instagram?'
  • Langkah selanjutnya adalah pilih menu bantuan 'Bagaimana cara menghapus akun saya?' Kamu akan menemukan keterangan yang sangat panjang. Bacalah secara teliti untuk mengetahui konsekuensi dari menghapus akun Instagram.
  • Perhatikan poin 1. Di sana terdapat tulisan berwarna biru, ‘halaman Menghapus Akun Anda.' Kalau hati udah mantap     untuk hapus akun, klik tulisan tersebut.
  • Pilih salah satu alasan kenapa kamu pengen hapus akun Instagram milikmu.
  • Eksekusi terakhir dari cara menghapus akun Instagram ini adalah memasukkan kata sandi atau password akun Instagram milikmu. Setelah itu tekan tombol ‘Permanently Delete My Account.' Dalam sekejap, semua foto dan kenangan yang tersimpan di akun kamu akan hilang dalam sekejap.

2. Begini Cara Menghapus Akun Instagram Pakai Ponsel Pintar

Lain lagi kalau kamu sedang puncak-puncaknya mager, alias malas gerak. Menggerakkan badan aja susah, apalagi melangkah menuju komputer untuk menghapus akun Instagram. Tapi kalau bosen udah di ubun-ubun, mending ketahui cara menghapus akun Instagram pakai ponsel pintar, atau smartphone. Cuma dengan jemari, akun kesayangan bisa dihilangkan dalam sekejap.

Begini caranya menghapus akun Instagram pakai gadget kamu.

  • Langkah pertama, tentu saja dengan membuka aplikasi Instagram pakai smartphone. Setelah masuk akun, bukalah laman profil Instagram kamu.
  • Coba lihat dan temukan ikon tiga titik yang terdapat di pojok kanan atas. Kalau udah ketemu, ketuk, dan kamu akan dibawa ke menu baru. Temukan pilihan ‘Settings' atau ‘Pengaturan' yang terdapat di bagian bawah.
  • Sukses menemukan ‘Settings,' cara menghapus akun Instagram berikutnya adalah dengan memilih opsi ‘Help Centre.'
  • Usai mengetuk pilihan ‘Help Centre' atau ‘Pusat Bantuan,' laman baru akan tampak di layar smartphone, yaitu situs help.instagram.com. Di sini kamu bisa memilih menu ‘Mengelola Akun Anda.' Kemudian lanjutkan langkah berikutnya dengan memilih menu ‘Hapus Akun Anda.'
  • Temukan kalimat ‘Bagaimana Cara Menghapus Akun Saya?' lalu klik. Seterusnya, pilihlah opsi nomor satu dari pilihan yang tersedia di sana, lalu klik ‘Halaman Menghapus Akun Anda.'
  • Seperti versi web browser, kamu juga bakal disodori pilihan alasan kenapa kok harus menghapus akun Instagram milikmu. Pilih salah satu aja, ya.
  • Langkah terakhir dari cara menghapus akun Instagram pakai smartphone adalah dengan memasukkan kata sandi akun milikmu. Pencet ‘Permanently Delete My Account' dan semua kenangan bersama Instagram bakal musnah.

3. Pengen Hapus Sementara Aja Juga Bisa, Kok

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Udah tahu cara menghapus akun Instagram, tapi kok kayaknya sayang banget dihilangkan. Terlalu banyak kenangan yang begitu indah untuk dilupakan begitu saja. Tapi di sisi lain kamu nggak pengen melihat akun Instagram kamu.

Jangan galau gitu, dong. Daripada terombang-ambing seperti sebutir kelapa di tengah lautan, mending pilih opsi hapus Instagram sementara aja juga bisa, kok. Begini cara menghapus akun Instagram secara temporary.

  • Masuk ke laman www.instagram.com pakai browser atau laptop. Kemudian lakukan login untuk mengakses profil Instagram kamu.
  • Setelah sukses masuk ke akun, pilih menu ‘Edit Profile.'
  • Berikutnya, gulir ke bawah hingga menemukan pilihan ‘Temporarily Disable My Account.' Kalau menggunakan Bahasa Indonesia, menu ini disebut ‘Nonaktifkan Sementara Akun Saya.'
  • Seperti biasa, Instagram bakal meminta alasan kenapa kamu sampai tega menonaktifkan akun milikmu.
  • Setelah pilih alasannya dan memantapkan hati, masukkan password dari akun Instagram dan klik ‘Temporarily Disable Account' dan Instagram pun bakal menonaktifkan akunmu.

4. Bagaimana Kalau Tiba-Tiba Kangen dengan Instagram?

Seperti mantan kekasih, karena pernah cinta pasti ada masa-masa dirimu merasa kangen dengan Instagram. Melihat timeline yang dipenuh dengan hal-hal lucu dan menarik dari followers dan orang-orang yang kamu ikuti.

Bagaimana kalau tiba-tiba perasaan itu muncul? Nggak masalah kalau kamu sebelumnya memilih menonaktifkan akun Instagram sementara waktu. Untuk mengaktifkannya kembali, cukup lakukan login seperti biasa, dengan menggunakan username dan kata sandi. Secara otomatis, akun Instagram pun hidup lagi.

5. Pengen Hapus Instagram Tapi kok Lupa Password-nya, Lalu Gimana?

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Mungkin kamu baru kepikiran mencari cara menghapus akun Instagram setelah lama nggak menggunakannya. Kemudian saat ditanya password-nya, eh, kok udah lupa. Gimana, dong?

Jangan khawatir karena Instagram memberi kebebasan untuk atur ulang kata sandi. Caranya adalah sebagai berikut.

  • Pertama, buka website dengan URL instagram.com lewat komputer, laptop, atau smartphone.
  • Ketika laman terbuka, bakal ada opsi di salah satu sudutnya yang bertuliskan, ‘Lupa kata sandi?'
  • Untuk mendapatkan kata sandi yang baru, masukkan alamat email yang pernah didaftarkan saat membuat akun Instagram milikmu. Kemudian klik 'Kirim Tautan Masuk.'
  • Dalam beberapa saat, Instagram akan kirimkan email untuk ganti kata sandi. Buka dan temukan link 'Reset Password.' Klik tautan ini untuk dapatkan lagi ‘kunci masuk' akun Instagram kamu.
  • Masukkan kata sandi baru pada kolom ‘New Password.' Untuk konfirmasi, ulangi lagi kata sandi yang sudah diketikkan pada kolom 'New Password Confirmation.' Setelah itu klik tautan 'Atur Ulang Kata Sandi'
  • Gunakan kata sandi baru ini untuk masuk ke dalam Instagram dan, kalau keputusanmu udah bulat, mulailah cara menghapus akun Instagram.

Bagaimana? Udah sanggup menghadapi dahsyatnya efek nggak Instagram-an? Kalau sudah dan bertekad bulat, kamu bisa lakukan lima cara menghapus akun Instagram di atas. Semoga berhasil!

 

(kpl/xap)

Editor:

Wuri Anggarini



MORE STORIES




REKOMENDASI