5 Jenis Kulit Wajah Beserta Cara Merawatnya, Kamu yang Mana?

Senin, 07 Desember 2020 18:11 Penulis: Dita Tamara
5 Jenis Kulit Wajah Beserta Cara Merawatnya, Kamu yang Mana?
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Setiap orang tentu saja mempunyai jenis kulit yang berbeda-beda. Meski begitu, kalian juga harus memahami kebutuhan dasar kulit wajah supaya dapat menyesuaikan perawatan produk yang cocok. Namun, terkadang masih banyak orang yang sulit mengetahui pasti apa jenis kulitnya.

Pada dasarnya, ada beberapa faktor yang memengaruhi kesehatan kulit wajah. Seperti kandungan air pada kulit yang memengaruhi elastisitas kulit. Kandungan minyak yang memengaruhi kelembutan dan nutrisi kulit, serta tingkat sensitivitas kulit terhadap zat tertentu. Dari situlah kalian bisa mengetahui apa jenis kulit wajah kalian.

Namun, perlu kalian ketahui pula jika jenis kulit bisa berubah seiring dengan bertambahnya usia. Selain itu, bisa juga karena pengaruh faktor genetik maupun penyakit maupun faktor lingkungan seperti terkena paparan sinar matahari, debu, dan polusi. Kebiasaan tertentu juga bisa berdampak pada berubahnya jenis kulit, seperti merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol. Lalu, bagaimana cara mengetahui jenis kulit wajah berdasarkan tipe? Nah, daripada penasaran, langsung simak ulasan berikut ini.

 

 

1. Kulit Normal

Memiliki jenis kulit wajah normal adalah dambaan semua orang. Pasalnya, jenis kulit ini sangat mudah untuk dirawat. Selain itu, pemilik wajah normal juga tidak perlu repot memilih serangkaian produk perawatan wajah. Tak hanya itu saja, pemilik kulit normal juga tidak memiliki permasalahan kulit yang mengganggu sehingga wajah selalu bersinar dan tampil percaya diri.

Hal ini lantaran jenis kulit normal dikenal memiliki jumlah atau tingkat sebum dan hidrasi yang seimbang. Dengan kata lain, kulitnya tidak terlalu kering maupun berminyak. Meski begitu, kalian juga harus tetap menjaga kesehatan kulit seperti menghindari paparan sinar matahari, selalu menggunakan tabir surya, menggunakan pelembab, menjaga kecukupan cairan, serta tidak merokok.

 

2. Kulit Berminyak

Seseorang yang mempunyai jenis kulit wajah berminyak terkadang menyebabkan tingkat kepercayaan diri menurun. Pasalnya, dengan adanya produksi minyak berlebih membuat kulit wajah terlihat kusam. Minyak berlebih juga dapat menyumbat pori-pori yang menyebabkan timbulnya jerawat.

Cara mengetahui kulit berminyak juga sangat mudah, hal ini terlihat dari minyak berlebih pada wajah yang nampak jelas, wajah menjadi nampak berkilau, serta ukuran pori-pori yang cenderung besar.

Cara merawat jenis kulit wajah berminyak yaitu dengan membersihkan wajah menggunakan sabun khusus, kemudian gunakan toner dengan kandungan alkohol, gunakan cleanser, serta gunakan produk perawatan kulit dengan keterangan non-komedogenik sehingga tidak menyebabkan sumbatan.

3. Kulit Kering

Seseorang yang memiliki jenis kulit wajah kering biasanya memiliki kelembaban di lapisan kulit terluar. Akibatnya, terjadi retakan pada permukaan kulit sehingga terasa kering ketika disentuh. Selain itu, pemilik kulit kering akan sering merasa kulitnya kencang seperti tertarik.

Adapun faktor yang menyebabkan kulit seseorang menjadi kering yaitu faktor genetik, penuaan, perubahan hormon, cuaca dingin, sinar matahari, mandi terlalu panas hingga bahan yang tidak sesuai dengan kosmetik maupun sabun.

Cara merawat jenis kulit wajah kering yaitu dengan menggunakan makeup dan toner yang ringan dan bebas alkohol, pilih foundation yang mengandung pelembab, cairan cleanser yang creamy, gunakan pelembab setiap hari, serta hindari mandi menggunakan air panas dalam waktu yang lama.

4. Kulit Kombinasi

Tak sedikit orang yang merasa bingung mengetahui jenis kulit wajah. Pasalnya, terkadang merasakan berminyak di bagian hidung dan merasakan kulit wajah yang kering. Nah, jika kalian mengalami kondisi ini, berarti kalian termasuk jenis kulit yang kombinasi. Kulit wajah ini ditandai dengan dengan pori-pori yang cukup besar dan munculnya komedo di hidung. Jenis kulit yang satu ini juga akan berminyak di bagian T-zone yakni dagu hidung dan dahi, serta pipi cenderung kering.

Nah, untuk merawat jenis kulit yang kombinasi, kalian perlu merawat menggunakan dua produk perawatan kulit yang berbeda untuk masing-masing area. misalnya produk kulit kering di pagi hari dan produk kulit berminyak di malam hari.

5. Kulit Sensitif

Bagi kalian yang mempunyai kulit sensitif, mungkin kalian cenderung harus berhati-hati dalam melakukan perawatan wajah. Pasalnya, jenis kulit yang satu ini seringkali ditandai dengan wajah yang memerah, gatal, dan kerap merasa panas dan perih.

Cara mengatasi kulit sensitif yaitu dengan teliti dalam memilih produk skincare seperti produk skincare yang bebas pewangi dan pewarna, hindari menggunakan produk dengan kandungan sulfat dan paraben, dan ketika kalian ingin menggunakan produk baru, ada baiknya coba aplikasikan terlebih dahulu pada area kecil kulit untuk memastikan tidak ada alergi pada produk tersebut.

Itulah sederet jenis kulit wajah beserta cara perawatannya. Dengan begitu kalian dapat mengetahui cara yang cepat merawatnya. Semoga bermanfaat.

 

 

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI