8 Jenis Penyakit Kelamin Wanita yang Sering Diderita, Kenali Gejalanya

Penulis: Dita Tamara

Diterbitkan:

8 Jenis Penyakit Kelamin Wanita yang Sering Diderita, Kenali Gejalanya
Ilustrasi (credit: freepik)

Kapanlagi.com - Jenis penyakit kelamin wanita memang tidak bisa disepelekan dan menjadi momok yang menakutkan. Sebab, penyakit kelamin wanita bisa ditularkan dari satu orang ke orang lain melalui semua jenis kontak seksual. Hal itu dikarenakan penyakit kelamin sangat identik dengan pergaulan hidup yang sangat bebas. Selain itu, penyakit kelamin wanita bisa terjadi karena siklus menstruasi, penuaan, konsumsi obat-obatan tertentu hingga perubahan setelah kehamilan.

Gejala dari penyakit kelamin ini bisa ringan dan bisa hilang dengan hanya menjaga kebersihan area kewanitaan. Namun, kalian juga harus waspada lantaran penyakit kelamin wanita dapat menyangkut risiko kesuburan. Oleh sebab itu, penting bagi para wanita untuk mengetahui jenis penyakit kelamin yang umumnya dapat dialami. Merangkum dari beberapa sumber, inilah sederet penyakit kelamin wanita yang sering diderita.

 

1. Keputihan

Pada dasarnya, keputihan memanglah wajar terjadi pada wanita. Keputihan sendiri merupakan kondisi dimana keluarnya lendir atau cairan dari dalam vagina. Kondisi tersebut merupakan cara alami tubuh guna menjaga kebersihan dan kelembapan organ reproduksi wanita, dengan membawa sel mati dan bakteri keluar tubuh, sehingga vagina terlindung dari infeksi berbahaya.

Normalnya, keputihan berwarna putih maupun bening seperti putih telur. Namun, kalian perlu waspada jika keputihan berwarna hijau atau kuning disertai rasa gatal dan bau busuk. Hal ini merupakan kondisi abnormal kemungkinan infeksi seksual yang menular. Segera lakukan pemeriksaan untuk meminimalisir risiko penyebaran infeksi.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Herpes Genital

Jenis penyakit kelamin wanita yang sering menyerang selanjutnya yakni herpes genital. Seseorang bisa dengan mudah terinfeksi virus herpes hanya dengan melakukan kontak dengan kulit yang terinfeksi herpes. Umumnya, gejala yang dialami adalah adanya lepuhan atau lecet pada vagina atau anus. Adapun gejala yang muncul lantaran penyakit ini yakni kulit terasa terbakar, mengalami rasa tidak enak badan, sakit kepala, pusing, cepat lelah, demam, dan juga nyeri otot.

 

3. Kutil Kelamin

Kutil kelamin juga salah satu penyakit kelamin wanita yang kerap menyerang. Penyakit ini disebabkan oleh Human papilloma virus. Biasanya, penyakit ini umumnya diderita oleh seseorang yang sudah aktif secara seksual dan penyebarannya melalui kontak seksual dengan pasangan yang sudah terdeteksi penyakit ini. Adapun gejala dari penyakit ini yakni munculnya benjolan kecil, gatal, merah pada permukaan, menimbulkan sensasi terbakar, dan nyeri ketika berhubungan intim.

 

4. Sipilis

Sipilis merupakan jenis penyakit kelamin wanita menular yang disebabkan oleh infeksi bakteri Treponema pallidum. Penyakit ini berpusat pada reproduksi wanita dan menyerang pada mulut, dubur, dan sistem syaraf pada manusia. Penyakit ini menular melalui kontak fisik saat berhubungan dengan penderitanya.

Gejala awalnya memang sulit dideteksi, namun beberapa minggu setelah terinfeksi, akan muncul ruam merah pada kulit kelamin. Selain itu, penyakit kelamin wanita ini bisa menyebabkan kerusakan jangka panjang pada berbagai organ kalau nggak dirawat dengan benar.

 

5. Chlamydia

Chlamydia merupakan jenis penyakit kelamin wanita disebabkan oleh bakteri Chlamydia trachomatisPenyakit ini timbul pada area kulit reproduksi wanita akibat adanya kontak seksual dengan penderita. Selain itu, chlamydia juga menyerang bagian lain seperti leher rahim, saluran kencing, dubur dan mata.

Kebanyakan, kasus penderita penyakit ini tidak menimbulkan gejala dan hal tersebutlah yang kemudian secara tidak sadar menularkan kepada pasangannya. Akibatnya, jika tidak segera ditangani, penderita penyakit ini akan sulit mendapatkan keturunan dan sulit disembuhkan.

 

6. HIV Aids

Selama ini, HIV atau (HumanImunodeficiency Virus) menjadi salah satu penyakit yang banyak ditakuti. Virus ini diketahui menyerang sistem kekebalan tubuh dan bisa berakibat fatal jika tidak diobati dan menjadi penyakit yang menular. Jenis penyakit kelamin wanita HIV Aids ini merupakan penyakit yang menular apabila melakukan kontak langsung dengan cairan tubuh. Penyakit ini ditandai dengan demam, muntah, diare, nyeri otot dan sendi, sakit kepala, sakit tenggorokan, dan kelenjar getah bening yang menyakitkan.

 

7. Gonore

Selanjutnya, jenis penyakit kelamin wanita yakni Gonore. Penyakit kelamin yang disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae ini paling sering ditularkan dari satu orang ke orang lain selama kontak seksual. Penyakit ini juga berisiko mengincar pada pria. Infeksi penyakit kelamin wanita ini kalau tidak diobati maka dapat naik ke saluran reproduksi wanita dan melibatkan rahim, saluran tuba, dan ovarium.

Kondisi ini sering disebut dengan radang panggul. Gejala yang dirasakan akibat penyakit kelamin gonore yakni adanya cairan yang kental, keruh, berdarah dari vagina, anus terasa gatal, dan rasa sakit terbakar saat buang air kecil.

 

8. Kanker Serviks

Jenis penyakit kelamin wanita yang sering menyerang yaitu kanker serviks. Kanker ini merupakan kanker yang tumbuh pada sel-sel di leher rahim. Serviks sendiri merupakan bagian bawah rahim yang terhubung ke vagina.

Salah satu fungsi serviks adalah memproduksi lendir atau mucus. Kanker serviks seringkali ditularkan saat melakukan kontak seksual dengan orang yang terinfeksi. Umumnya, kanker serviks tidak menunjukkan gejala tahap awal. Gejala baru muncul saat kanker sudah mulai menyebar.

Itulah sederet jenis penyakit kelamin wanita yang perlu kalian ketahui dan waspadai. Oleh sebab itu, selalu jaga kesehatan alat kelamin supaya terhindar dari penyakit di atas. Semoga bermanfaat.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending