5 Jenis Musang yang Cocok Dipelihara di Rumah, Kenali Cara Memeliharanya

Rabu, 13 Januari 2021 13:44 Penulis: Dita Tamara
5 Jenis Musang yang Cocok Dipelihara di Rumah, Kenali Cara Memeliharanya
(credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Musang menjadi salah satu hewan berbulu yang begitu menggemaskan bagi para pecintanya. Binatang yang kebanyakan hidup liar ini merupakan salah satu binatang yang bisa dijadikan peliharaan tak kalah populer. Selain itu, musang menjadi pilihan yang tepat sebagai jenis hewan peliharaan yang lucu dan bisa diajak bermain bersama. Di Indonesia sendiri musang sering disebut dengan julukan nama luwak. Dan yang paling terkenal dari jenis musang sendiri adalah musang luwak. Selain itu, keunikan dari musang yaitu bentuk fisiknya yang menggemaskan.

Beberapa orang mungkin memelihara musang karena memang pecinta binatang, namun ada juga beberapa orang yang mempunyai alasan memelihara hewan karena dianggap jadi penghilang stres. Hal ini lantaran musang merupakan hewan peliharaan yang sangat menyenangkan. Tak heran jika sudah banyak tersebar komunitas untuk pecinta musang lho.

Hewan berkaki empat ini memang mempunyai karakteristik yang beragam dan menjadi keunikannya masing-masing. Nah, sebelum memutuskan untuk memelihara musang, ada baiknya kalian mengetahui jenis musang terlebih dahulu. Daripada penasaran, yuk langsung saja simak ulasannya berikut ini.

 

1. Musang Luwak

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, jenis musang luwak menjadi salah satu jenis musang yang paling populer di Indonesia. Musang luwak ini sangat terkenal karena kemampuannya dapat menghasilkan kopi luwak. Tak hanya itu saja, musang ini juga paling banyak dipilih sebagai musang yang dipelihara oleh para pecinta hewan.

Perlu kalian ketahui pula jika musang jenis ini juga mempunyai sebutan lain yaitu musang pandan. Hal ini lantaran musang jenis ini memiliki aroma bau khas pandan. Bagi kalian yang memang sudah tertarik pada musang luwak atau musang pandan ini, musang jenis ini sudah banyak di jual pada toko hewan peliharaan atau juga pada forum jual beli hewan.

 

2. Musang Bulan

Selanjutnya, jenis musang yang harus ada di daftar list kalian yaitu musang bulan. Musang ini sangat menyukai buah-buahan. Sama halnya musang luwak, musang bulan juga dimanfaatkan sebagai penghasil kopi luwak lho. Motif dan warna tubuh musang bulan memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan dengan jenis musang lainnya.

Sebab bulu musang bulan terdapat 2 variasi warna yaitu orange bercampur coklat dan hitam gelap, tapi yang paling populer adalah musang bulan yang didominasi warna hitam dengan corak putih pada ujung ekornya. Jenis musang bulan ini tergolong jenis musang yang mahal.

 

3. Musang Rase

Musang rase merupakan jenis karnivora yang telah menyebar di negara Asia Selatan dan Tenggara. Musang rase memiliki tubuh yang tidak terlalu besar dan tidak pula kecil, 54-63 cm. Sedang, panjang ekornya 30–43 cm. Adapun ciri dari musang jenis ini yaitu mempunyai ekor yang menarik karena memiliki belang belang hitam dan putih, dengan ujung ekor yang berwarna putih.

Selain itu, ia mempunyai warna tubuh kecoklatan hingga coklat pucat kekuningan dan biasanya disertai oleh garis hitam memanjang di punggung dan di bawahnya. Karena mempunyai fisik yang menarik, tak heran jika harga jenis musang rase lumayan mahal.

 

4. Musang Akar

Musang akar menjadi salah satu jenis musang yang banyak dipelihara oleh orang Indonesia. Ciri dari musang akar ini memiliki warna khas coklat dengan warna pada bagian kepala abu-abu dan ada juga yang berwarna cokelat gelap.

Ciri lainnya yaitu memiliki mulut yang berwarna coklat dengan garis putih memanjang dari hidung ke dahi, dan bagian belakang tubuhnya memiliki tiga garis coklat yang berbeda. Adapun kelebihan dari musang akar yaitu memiliki indera penciuman yang lebih kuat dibandingkan dari musang lainnya.

 

5. Musang Bali

Sesuai tempat asalnya, musang Bali menjadi salah satu jenis musang yang cocok kalian pelihara. Ciri dari jenis musang Bali yaitu memiliki tubuh hampir semuanya berwarna putih sedikit kusam. Musang Bali sendiri dengan mudah ditemukan di daerah Bali. Nggak ada salahnya nih memilih musang Bali jadi hewan peliharaan yang tak kalah menggemaskan.

 

6. Cara Memelihara Musang

Bagi kalian yang sudah tertarik untuk membeli musang, Ada baiknya untuk kalian juga mengetahui cara memelihara musang dengan benar. Yuk langsung saja simak cara memelihara musang seperti berikut ini.

-Memilih Jenis Musang yang Dipelihara, ada berbagai jenis musang seperti yang sudah dijelaskan di atas. Nah bagi kalian yang memutuskan untuk memelihara musang, pastikan kalian untuk mengetahui jenis musang yang akan dipelihara.

-Mengenal dan Memahami Musang, pemilik musang harus memahami jenis musang, karakter dan sifat musang, cara hidup, dan juga makanan yang dikonsumsi. 

-Memeriksakan Kesehatan Musang, Periksa kondisi fisik musang mulai dari mata, kaki, dan seluruhnya, apakah ada cacat fisik atau tidak. Serta pastikan untuk mengecek nafsu makan musang ya.

-Menyiapkan Tempat Tinggal Musang, selanjutnya cara memelihara musang bisa kalian lakukan dengan menyediakan tempat tinggal musang supaya lebih aman dan nyaman. Pastikan supaya kandang selalu bersih dan mengeluarkan musang secara berkala.

-Mengajak Musang Bermain, cara memelihara musang selanjutnya yaitu mengajak musang untuk bermain. Kalian bisa memberikan makanan menggunakan tangan supaya musang pun terbiasa bermain dengan pemiliknya.

Itulah sederet jenis musang yang cocok untuk kalian pelihara. Kira-kira kalian tertarik membeli jenis musang yang mana nih?

 

 

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI