5 Manfaat Berjalan Kaki Tanpa Alas di Pagi Hari, Baik Atasi Insomnia

Rabu, 29 Juli 2020 12:22 Penulis: Dhia Amira
5 Manfaat Berjalan Kaki Tanpa Alas di Pagi Hari, Baik Atasi Insomnia
Ilustrasi (credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Jalan kaki merupakan salah satu jenis olahraga ringan yang aman dilakukan oleh banyak kalangan, dari anak-anak, lansia, hingga ibu hamil. Jalan kaki sendiri bila dilakukan secara rutin dapat menurunkan berat badan, hingga memberikan kesehatan pada tubuh.

Tetapi selain jalan kaki, ternyata melakukan jalan kaki tanpa menggunakan alas kaki sangat baik loh untuk kesehatan. Apa saja ya manfaat baik tersebut? Dilansir dari berbagi sumber, inilah 5 manfaat jalan kaki pagi tanpa menggunakan alas kaki yang baik untuk tubuh. Yuk langsung saja dicek.

 

1. Mengatasi Penyakit Jantung

Manfaat jalan kaki tanpa alas kaki di pagi hari yang pertama yaitu dapat mengatasi penyakit jantung. Bila kalian ingin memiliki jantung yang sehat, maka kalian dapat melakukan jalan kaki pagi tanpa alas kaki secara rutin.

Hal ini karena, berjalan tanpa menggunakan alas kaki membantu mengurangi terjadinya pengentalan atau pembekuan darah pada sel darah merah. Dan pembekuan darah inilah yang dapat menjadi faktor utama meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung.

Itulah mengapa, bila kalian ingin melakukan hidup sehat dengan jantung yang sehat, maka dapat dimulai dengan melakukan jalan pagi tanpa menggunakan alas kaki.

2. Melancarkan Peredaran Darah

Manfaat jalan kaki tanpa alas kaki di pagi hari yang kedua yaitu dapat melancarkan peredaran darah. Merasakan hal yang tidak enak di tubuh, atau merasa kolesterol naik, maka kalian bisa melakukan jalan pagi secara rutin tanpa alas kaki.

Hal ini karena jalan kaki di pagi hari tanpa menggunakan alas kaki dapat memperlancar peredaran darah di tubuh, sehingga tubuh dapat berfungsi dengan baik secara semestinya. Selain itu dengan berjalan kaki tanpa alas kaki maka tubuh kalian mengirimkan sinyal ke otak, sekaligus membantu keseimbangan tubuh.

3. Mengatasi Insomnia

Ternyata manfaat jalan kaki tanpa alas kaki di pagi hari juga dapat mengatasi insomnia loh KLovers. Hal ini karena dengan kalian berjalan kaki tanpa alas kaki, maka kalian akan dapat meminimalkan tingkat kortisoldan. Dan kortisoldan inilah yang dapat meningkatkan kualitas tidur kalian. Bila kalian sulit tidur maka dapat melakukan jalan kaki untuk mengatasi insomnia secara alami.

4. Mengurangi Peradangan Tubuh

Selain itu ternyata manfaat jalan kaki tanpa alas kaki bagi tubuh dapat mengurangi peradangan loh KLovers. Hal itu karena saat kaki menyentuh langsung dengan tanah, maka dapat menikmati efek antioksidan alami untuk tubuh.

Dan antioksidan inilah yang baik untuk kesehatan tubuh serta dapat mencegah terjadinya radikal bebas di dalam tubuh, yang dapat menyebabkan kanker atau penyakit lainnya.

5. Meningkatkan Mood

Dan manfaat jalan kaki tanpa alas kaki yang terakhir yaitu dapat meningkatkan mood. Hal ini karena saat kita jalan tanpa menggunakan alas kaki, peredaran dalam darah menjadi lancar dan hal tersebut akan mengubah suasana hati ke arah yang lebih baik.

Selain itu, dengan berjalan kaki tanpa menggunakan alas kaki di pagi hari, kita juga akan menghilangkan stress atau depresi pada tubuh. Sehingga badan menjadi lebih sehat dan juga bugar.

Itulah 5 manfaat jalan kaki tanpa alas kaki yang baik bagi kesehatan tubuh. Selain memberikan kesehatan, nyatanya jalan kaki tanpa alas kaki juga sangat baik untuk meningkatkan kebahagiaan.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI