6 Cara Mengatasi Kebiasaan Tidur Mendengkur, Ketahui Juga Penyebabnya

Rabu, 19 Agustus 2020 09:22 Penulis: Puput Saputro
6 Cara Mengatasi Kebiasaan Tidur Mendengkur, Ketahui Juga Penyebabnya
Ilustrasi (credit: flickr)


Kapanlagi Plus - Ngorok atau tidur mendengkur jadi kebiasaan bagi beberapa orang. Sering kali mendengkur membuat orang lain merasa terganggu. Sayangnya, terkadang orang yang mempunyai kebiasaan tidur mendengkur justru tak menyadari bahwa dia mendengkur ketika tidur. Kebiasaan tidur ngorok ternyata bisa diatasi dengan beberapa cara mengatasi kebiasaan tidur mendengkur.

Ya, tidur mendengkur memang sebaiknya segera diatasi. Tidak hanya karena bisa mengganggu orang lain saja, tapi tidur mendengkur ternyata juga bisa jadi pertanda kesehatan yang terganggu. Mendengkur bisa disebabkan karena masalah kesehatan, seperti obesitas, gangguan pernapasan, konsumsi alkohol, kurang tidur, dan sebagainya.

Lantas, bagaimana cara mengatasi kebiasaan tidur mendengkur? Berikut beberapa ulasannya dirangkum dari berbagai sumber.

 

 

1. Ubah Posisi Tidur

Salah satu penyebab tidur yang dialami oleh kebanyakan orang adalah adanya gangguan sistem pernapasan. Selain dikarenakan penyakit bawaan, gangguan pernapasan juga bisa dikarenakan salah posisi tidur. Tidur telentang jadi salah satu posisi tidur yang paling berisiko mengganggu pernapasan. Hal ini dikarenakan, saat kita tertidur telentang, lidah bisa tertarik bergerak agak ke belakang. Akibatnya, tenggorokan akan sedikit tersumbat oleh lidah, sehingga akan susah bernapas.

Untuk itu, agar lebih tidak mendengkur sebaiknya hindari tidur dengan posisi telentang. Sebaliknya, tidur dengan posisi tubuh miring ke salah satu sisi dipercaya bisa melancarkan aliran udara. Selain itu, tidur dengan posisi miring juga diyakini bisa membuat tidur lebih nyenyak. Agar lebih nyaman dan tidak mendengkur, kalian bisa mengatur ketinggian bantal.

2. Mengurangi Berat Badan

Melakukan diet atau berusaha mengurangi berat badan ternyata juga bisa jadi salah satu cara mengatasi kebiasaan tidur mendengkur. Seperti yang disebutkan sebelumnya obesitas atau berat badan berlebih bisa jadi penyebab mendengkur. Orang yang gemuk terlebih obesitas memang mempunyai kecenderungan tidur mendengkur.

Hal ini dikarenakan adanya jaringan lemak dan otot yang bisa saja menghambat sistem pernapasan. Jadi, melakukan diet sehat memang bisa jadi solusi. Namun, metode diet yang dilakukan tentu harus sehat dengan memperhatikan gizi seimbang.

3. Berhenti Merokok dan Minum Alkohol

Tak banyak yang tahu, bahwa ternyata rokok dan minuman alkohol bisa menyebabkan seseorang mendengkur saat tidur. Hal ini dikarenakan rokok dapat menyebabkan reaksi semacam iritasi di tenggorokan. Reaksi tersebut acap kali diikuti dengan penyempitan tenggorokan. Akibatnya, sistem pernapasan jadi terhambat.

Sementara itu, mengonsumsi alkohol diyakini bisa memberi efek tenang dan rileks pada otot tenggorokan. Padahal, saat otot tenggorokan mengalami rileksasi kemungkinan tidur mendengkur akan semakin besar. Oleh karena itu, mengurangi atau bahkan berhenti merokok dan minum alkohol akan jadi cara yang paling bijak untuk mengatasi kebiasaan mendengkur.

4. Minum Air Putih

Minum air putih cukup dipercaya akan memberikan efek yang baik untuk kesehatan tubuh. Dalam sehari, orang dewasa dianjurkan untuk meminum air putih sebanyak 2 liter per hari. Salah satu waktu terbaik untuk minum air putih ialah saat malam hari menjelang tidur. Minum air putih di malam hari, berfungsi untuk memenuhi kebutuhan cairan selama tubuh tertidur.

Tak hanya menyehatkan, minum air putih sebelum tidur juga ampuh mencegah mendengkur saat tidur. Sebab, saat minum air bagian tenggorokan kita akan menjadi lebih basah dan lembap. Sehingga, udara yang mengalir tenggorokan akan cenderung lebih lancar tanpa hambatan, dibandingkan saat tenggorokan kering.

5. Bersihkan Tempat Tidur

Bagi kalian yang mempunyai alergi pernapasan yang dipicu debu, sebaiknya lebih rajin membersihkan tempat tidur. Hal ini dikarenakan, alergi pernapasan yang kambuh juga akan memicu hidung tersumbat, kemudian mendengkur. Apabila kalian termasuk orang yang mempunyai alergi tersebut, selain membersihkan tempat tidur kalian juga perlu menyediakan obat-obatan khusus. Tujuannya, agar alergi bisa teratasi dengan secepat mungkin.

6. Tidur Cukup

Salah satu penyebab mendengkur yang sering diabaikan adalah tidak terpenuhinya kebutuhan tidur. Itulah sebabnya, orang yang sering begadang juga cenderung lebih sering mendengkur. Seperti yang kita tahu orang dewasa dianjurkan untuk tidur selama 6-8 jam per hari.

Tidur cukup, akan menyeimbangkan pemakaian tenaga saat beraktivitas dan beristirahat. Dampaknya, tidur akan lebih pulas dan tubuh akan terasa lebih segar saat terbangun. Selain itu, sistem pernapasan juga akan lebih lancar.

Nah itulah beberapa cara mengatasi kebiasaan tidur mendengkur. Begitu mudah, sehingga kalian bisa langsung mulai menerapkannya malam ini. Selamat mencoba.

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI