Mudah Dipraktikkan, Ini 6 Cara Membasmi Rayap Secara Alami dan Ampuh

Selasa, 18 Agustus 2020 13:22 Penulis: Puput Saputro
Mudah Dipraktikkan, Ini 6 Cara Membasmi Rayap Secara Alami dan Ampuh
Cara membasmi rayap (credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Rayap jadi salah satu bintang yang tidak diharapkan kehadirannya. Meski sangat jarang menyerang manusia secara langsung, tapi rayap tetap cukup mengganggu. Pasalnya, sekawanan rayap bisa merusak berbagai benda yang terbuat dari kayu. Lantas, bagaimana cara membasmi rayap agar benda-benda dari kayu di rumah tetap aman?

Rayap termasuk jenis binatang yang hidup berkoloni atau bergerombol. Oleh karena itu, mengusir atau membasmi rayap bukanlah perkara yang mudah. Terlebih, binatang yang satu ini tinggal di bawah tanah, sehingga cukup sulit dideteksi. Namun, terkadang rayap juga membuat sarang di permukaan tanah. Akan tetap, hal tersebut tidak serta merta membuat rayap begitu saja mudah diusir atau dibasmi.

Tapi jangan khawatir, kalian bisa mengikuti beberapa cara membasmi rayap secara alami berikut ini, dirangkum dari berbagai sumber.

1. Minyak Jeruk

Salah satu bahan alami untuk membasmi atau mengusir rayap adalah jeruk atau khususnya yang sudah diolah menjadi minyak esensial. Dilansir dari varsitytermiteandpestcontrol.com, mempunyai kandungan senyawa d-limonene yang tidak disukai rayap. Bahkan, kandungan senyawa tersebut dipercaya bisa ampuh membunuh rayap.

Pemakaian minyak jeruk dipercaya bisa menyebabkan rayap kehilangan kelembapan dan protein, kemudian mati secara perlahan. Kalian bisa menyemprotkan minyak jeruk secara langsung saat rayap tengah berkerumun. Agar efektif, kalian bisa mengulanginya beberapa kali setelah jeda waktu beberapa saat.

2. Cuka Putih

Salah satu cara membasmi rayap secara alami bisa dilakukan dengan menggunakan cuka putih. Selama ini, selain untuk bahan makanan cuka memang sering dipakai untuk membersihkan berbagai perabotan. Ternyata tak hanya mampu membersihkan perabot dari noda, cuka putih juga efektif membersihkan perabot berbahan kayu dari rayap.

Hal ini dikarenakan, sifat asam dari cuka yang dipercaya bisa efektif membunuh rayap. Agar lebih ampuh kalian juga bisa mengombinasikan cairan cuka putih dengan jus lemon. Campurkan satu cangkir cuka dengan dua buah air lemon. Setelah itu, kalian bisa menggunakan dengan cara menyemprotkannya secara langsung pada rayap yang berkerumun. Sebagai antisipasi, kalian juga bisa menyemprotkannya pada lubang sarang rayap.

3. Sinar Matahari Langsung

Rayap termasuk salah satu jenis binatang yang takut pada sinar matahari. Oleh karena itu, rayap selalu membangun sarangnya di tempat yang gelap dan lembap. Maka, salah satu cara alami paling ampuh untuk membasmi rayap adalah dengan menjemurnya di bawah sinar matahari. Cara ini bisa kalian lakukan untuk mengatasi rayap yang menyerang perabotan rumah seperti kasur, lemari, atau barang dari kayu lainnya.

Sebagai langkah pencegahan, kalian juga bisa menyalakan lampu terang pada ruang yang gelap dan berpotensi ditinggali rayap. Sebab, rayap termasuk binatang yang tidak tahan terhadap cahaya, termasuk cahaya lampu.

4. Jebak Rayap Memakai Kardus

Cara membasmi rayap berikutnya bisa dilakukan dengan memasang jebakan. Caranya cukup mudah, yaitu tinggal membasahi kardus karton dengan air dan selulosa. Pastikan kardus yang kalian gunakan berwarna cokelat seperti kayu. Selain menyukai tempat gelap, rayap juga menyukai benda-benda lembap, termasuk kayu yang basah. Sehingga, jebakan kardus karton yang dibasahi ini akan memancing rayap untuk datang.

Namun untuk melakukannya kalian harus memastikan bahwa kardus tersebut diletakkan di tempat yang mudah dijangkau rayap. Setelah rayap berkumpul di kardus karton tersebut, kalian bisa mengambilnya dan melakukan tindakan selanjutnya, misalnya menjemur atau menyemprotkan cairan cuka.

5. Air Cucian Beras

Saat mencuci beras sebelum dimasak, jangan buang air cuciannya. Sebab, air cucian beras atau yang kerap disebut dengan tajin juga bisa dipakai untuk cara membasmi rayap. Akan tetapi untuk mengusir dan membasmi rayap sebaiknya digunakan air cucian yang pertama atau yang masih kental. Caranya cukup mudah, kalian hanya perlu menyemprotkan air cucian tersebut ke tempat rayap berkumpul.

 

6. Air Garam

Selain memakai air cucian beras, ternyata air garam juga bisa dipakai untuk mengatasi hama rayap di rumah. Tak hanya efektif membunuh rayap, air garam juga sangat bermanfaat untuk membersihkan noda bekas rumah rayap di tembok dan perabotan dari kayu lain. Sebab seperti yang kita tahu, sarang rayap terbuat dari tanah yang kerap meninggalkan noda merusak.

Untuk membasmi rayap, kalian hanya cukup mencampurkan air dengan garam. Setelah itu, semprotkan air garam ke rayap berikut sarangnya. Sementara, untuk menghapus noda bekas sarang rayap, kalian bisa menggunakan tisu, kapas, atau kain. Caranya basahi media yang digunakan dengan air garam. Setelah itu, usapkan ke tembok atau perabotan yang terdapat noda sarang rayap.

Itulah di antaranya beberapa cara membasmi rayap. Kalian bisa melakukan cara-cara di atas untuk menyelamatkan benda-benda berbahan kayu dari serangan rayap. Semoga bermanfaat!

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI