6 Cara Mengatasi Panci Gosong Kembali Kinclong, Nggak Pakai Ribet

Penulis: Dita Tamara

Diterbitkan:

6 Cara Mengatasi Panci Gosong Kembali Kinclong, Nggak Pakai Ribet
Ilustrasi (credit: shutterstock)

Kapanlagi.com - Mempunyai peralatan dapur yang gosong rupanya menjadi salah satu masalah umum yang dihadapi oleh ibu rumah tangga. Kebiasaan menghabiskan waktu di dapur membuat beberapa peralatan seperti panci, wajan, dan peralatan lainnya menjadi gosong. Tak heran, jika banyak ibu-ibu yang mencari cara mengatasi panci gosong untuk menghilangkan kerak dari makanan yang terbakar maupun menempel pada panci.

Memasak tentunya menjadi kegiatan yang begitu menyenangkan. Namun, ada beberapa hal yang mengganggu setelah menyelesaikan memasak, yakni menempelnya kerak gosong pada panci. Selain itu, mempunyai panci yang gosong tentunya akan membutuhkan tenaga yang ekstra ketika mencucinya.

Nah, untuk itu, ibu-ibu tidak perlu khawatir lagi nih. Ada cara mudah untuk mengatasi panci gosong agar kembali kinclong. Penasaran bagaimana caranya? Yuk langsung saja simak ulasan lengkap berikut ini.

 

1. Cara Mengatasi Panci Gosong dengan Air Panas

Cara membersihkan panci gosong bisa dilakukan dengan cara yang paling mudah yakni menggunakan air panas. Cara ini cocok digunakan untuk menghilangkan kerak pada panci atau bahan stanless stell atau bahan enamel.

Pertama-tama, panaskan panci gosong di atas kompor selama beberapa menit, setelah itu saat panci sudah cukup panas, siram bagian yang berkerak secara perlahan menggunakan air panas hingga muncul suara mendesis.

Lalu, oleskan sedikit sabun cuci ke bagian permukaan panci gosong dan gunakan sendok bahan kayu untuk mengikis kerak. Terakhir, bersihkan menggunakan air dingin hingga kerak hilang.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Cara Mengatasi Panci Gosong dengan Air Cuka

Selanjutnya, kalian bisa menggunakan air cuka untuk menghilangkan kerak pada panci. Cuka ternyata bukan hanya pelengkap yang digunakan pada makanan, tetapi juga ampuh membersihkan panci gosong lho. Caranya pun terbilang mudah.

Panaskan terlebih dahulu panci beberapa menit, jika dirasa sudah panas, tuangkan cuka pada bagian panci yang gosong, kemudian tunggu beberapa menit. Setelah itu cucilah panci tersebut menggunakan spons busa, atau kalian bisa mengikis keraknya dengan spatula.

3. Cara Mengatasi Panci Gosong dengan Baking Soda

Jika selama ini kita mengetahui baking soda sebagai bahan untuk pengembang kue, namun rupanya baking soda mempunyai manfaat mengatasi panci gosong. Ya, kerak yang membandel pada panci ternyata bisa dihilangkan hanya dengan baking soda. Lalu bagaimana cara membersihkannya?

Pertama-tama, siapkan wadah, kemudian masukkan baking soda dan air. Setelah tercampur, oleskan secara merata pada bagian panci yang gosong, lalu diamkan untuk beberapa menit supaya kerak menghilang. Setelah itu, cuci panci yang gosong tadi menggunakan air biasa dengan bantuan sabun.

4. Cara Mengatasi Panci Gosong dengan Garam

Bagi sebagian orang yang belum mengerti, biasanya menghilangkan kerak gosong pada panci menggunakan pisau. Padahal, cara tersebut sebaiknya dihindari karena bisa membuat panci kalian justru rusak. Untuk mengatasinya, kalian bisa menggunakan cara yang paling mudah dengan bahan yang gampang dicari yakni garam.

Cara yang pertama, kalian merendam panci terlebih dahulu di dalam air panas untuk beberapa menit, apabila kerak gosong di bagian panci dalam, maka kalian bisa menggunakan air dingin dan garam untuk merendamnya. Lalu, diamkan panci tersebut selama semalaman agar kerak pada panci menghilang.

5. Cara Mengatasi Panci Gosong dengan Minuman Bersoda

Minuman bersoda ternyata mempunyai manfaat yang ampuh untuk mengatasi panci gosong. Kalian bisa memanfaatkan minuman bersoda coca cola. Lalu bagaimana cara membersihkannya?

Pertama tama, tuangkan coca cola pada panci gosong, kemudian letakkan di atas kompor dan panaskan, setelah coca cola yang diletakkan pada sebuah panci tadi mendidih, goyangkan secara perlahan untuk menghilangkan keraknya. Tunggulah beberapa saat, kemudian bersihkan dengan air bersih.

6. Cara Mengatasi Panci Gosong dengan Jeruk Nipis

Terakhir, cara mengatasi panci gosong bisa dilakukan dengan menggunakan jeruk nipis. Cara membersihkannya, kalian cukup memanaskan air hingga mendidik dan merendam panci gosong di dalamnya. Setelah itu, beri cairan pencuci piring dan perasan jeruk nipis dalam rendaman air tersebut selama semalaman, lalu menggosoknya dengan bantuan sendok kayu hingga bersih.

Itulah sederet cara mengatasi panci gosong supaya nampak kinclong. Jadi, bagi para ibu rumah tangga bisa melakukan cara tersebut di rumah. Semoga bermanfaat.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending