6 Cara Mengatasi WC Mampet di Rumah, Mudah Tanpa Bongkar

Penulis: Nurul Wahida

Diperbarui: Diterbitkan:

6 Cara Mengatasi WC Mampet di Rumah, Mudah Tanpa Bongkar
Cara mengatasi WC mampet (credit: freepik.com)

Kapanlagi.com - WC mampet tentunya dapat membuat risau tiap orang saat sedang menggunakan toilet. Sehingga berbagai cara mengatasi wc mampet coba dilakukan agar sanitasi di rumah dapat berjalan normal kembali. Namun rupanya ada cara mengatasi wc mampet di rumah dengan mudah tanpa bongkar dan menggunakan jasa service.

WC mampet sebenarnya dapat terjadi akibat beberapa faktor yang melatarbelakangi. Diantaranya mulai dari tersumbat benda asing dan sampah. Sehingga kondisi tersebutlah yang mengakibatkan wc tiba-tiba mampet dan tersumbat.

Kalau sudah tersumbat tentunya hal ini bisa menimbulkan masalah besar jika tidak segera tertangani. Sebab, masalah sanitasi di rumah pastinya dapat terganggu dan dibuat tak nyaman apabila wc tiba-tiba bermasalah.

Namun sebenarnya ada cara mengatasi wc mampet di rumah dengan mudah tanpa bongkar. Tentunya cara ini bisa kalian praktekkan saat mengalami masalah wc mampet tersebut.

Lalu bagaimana cara mengatasi wc mampet di rumah dengan mudah tanpa bongkar?

Adapun cara mengatasi wc mampert di rumah dengan mudah tanpa bongkar terangkum dalam beberapa poin di bawah ini. tak perlu ribet dan cukup simple mengatasi wc mampet apabila terjadi di rumah. berikut cara mengatasi wc mampet di rumah dengan mudah tanpa bongkar bersumber dari wikihow.com, bfplumbingbayarea.com.

 

 

 

1. Pakai Sabun Cuci Piring

Cara mengatasi wc mampet di rumah dengan mudah tanpa bongkar salah satunya dapat menggunakan sabun cuci piring. Dimana sabun cuci piring ini tentunya selalu tersedia di rumah. Sehingga menggunakan sabun cuci piring dapat menjadi pilihan tepat kalian jika terjadi masalah wc tersumbat di rumah.

Cara mengatasi wc mampet menggunakan sabun cuci piring dapat mengikuti beberapa langkah di bawah ini :

- Siapkan sabun satu cangkir sabun cuci piring.

- Air panas yang cukup banyak.

- Kemudian masukkan sabun cuci piring ke dalam wc mampet tersebut.

- Diamkan beberapa saat hingga sabun mengendap.

- Selanjutnya tuang air panas ke dalam wc mampet yang sudah dimasukkan sabun cuci piring.

- Diamkan selama kurang lebih 20 menit.

- Lalu siram seperti biasa dengan air dan cek apakah wc masih tersumbat atau tidak.

- Jika masalah belum teratasi, dapat lakukan cara ini berulang kali hingga wc Kembali normal seperti sediakala.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Gunakan Baking Soda dan Cuka

Cara mengatasi wc mampet di rumah dengan mudah tanpa bongkar selanjutnya dapat menggunakan baking soda sebagai bahan utamanya. Dimana baking soda ini berfungsi untuk membersihkan permukaan hingga membantu melancarkan Kembali saluran wc yang mampet.

Adapun cara mengatasi wc mampet di rumah dengan mudah tanpa bongkar pakai baking soda dan kue tersebut terdapat dalam beberapa langkah di bawah ini:

- Siapkan satu cangkir baking soda.

-  Lalu masukkan ke dalam wc mampet di rumah.

- Diamkan beberapa menit.

- Lalu tuang perlahan sebanyak dua cangkir cuka ke dalam wc mampet tersebut.

- Kedua bahan tersebut akan bereaksi dan membuat wc mampet dapat terbantu teratasi.

- Biarkan diamkan semalaman.

- Lalu siram seperti biasa menggunakan air keesokan harinya.

 

3. Pakai Penyedot Wc

Penyedot wc mungkin dapat menjadi opsi utama sebagai cara mengatasi wc mampet di rumah dengan mudah tanpa bongkar. Tentunya penggunaan penyedot wc ini terbilang sangat mudah dilakukan. Adapun langkah menggunakan penyedot wc sebagai berikut:

- Masukkan penyedot wc ke dalam lubang wc mampet.

- Lalu tekan ke bawah dengan lembut.

- Lalu dorong beberapa kali dengan kuat.

- Lalu angkat hingga sampah ataupun barang yang menyumbat saluran wc dapat keluar dengan sendirinya.

- Ulangi Langkah ini apabila wc masih mampet sampai saluran air dapat bekerja seperti sedia kala.

 

4. Menggunakan Plastik Pembungkus Makanan

Cara mengatasi wc mampet di rumah dengan mudah tanpa bongkar selanjutnya dapat memakai plastik pembungkus makanan. Dimana plastik pembungkus makanan dapat digunakan untuk mengatasi wc mampet terkusus wc duduk. Sebab, cara menggunakan plastik ini adalah dengan menyelimuti wc menggunakan plastik pembungkus makanan lalu menekan tombol flush.

Sehingga ketika wc tertutupi plastik pembungkus makanan ini akan menciptakan udara dan menarik benda asing ataupun mendorongnya keluar. Lalu kalian dapat segera menekan flush berulang kali hingga wc mampet dapat teratasi.

 

5. Gunakan Gantungan Baju

Cara mengatasi wc mampet di rumah dengan mudah bisa juga memakai gantungan baju sebagai pilihan tepat lainnya. Namun pastikan menggunakan gantungan baju berbahan kawat agar lebih mudah dibentuk dan kuat untuk membantu mengeluarkan benda asing dalam saluran wc mampet.

Adapun cara menggunakan gantungan baju untuk mengatasi wc mampet di rumah sebagai berikut:

- Siapkan gantungan baju kawat.

- Lalu potong gantungan baju kawat tersebut dan bentuk hingga lurus.

- Bungkus bagian ujung kawat yang tajam menggunakan kain yang sudah tak terpakai.

- Lalu pasang perekat agar tak mudah lepas.

- Masukkan ujung kawat baju yang sudah dipasang kain ke dalam saluran wc mampet lalu dorong benda asing di dalam wc tersebut.

- Lakukan hingga benda asing tersebut dapat terambil atau keluar, lalu siram menggunakan air biasa setelah cara ini berhasil.

 

6. Gunakan Garam

Cara selanjutnya untuk mengatasi wc mampet di rumah dengan mudah juga dapat memakai garam sebagai bahan pilihan. Cara menggunakannya terbilang mudah dan sederhana. Adapun cara mengatasi wc mampet di rumah dengan mudah tanpa bongkar sebagai berikut:

- Siapkan setengah kilogram garam dapur.

- Campurkan dengan 5 liter air panas.

- Larutkan kedua bahan tersebut.

- Lalu tuang ke dalam saluran wc mampet.

- Tunggu selama 3 jam, lalu siram menggunakan air seperti biasa.

- Lakukan cara ini berulang kali untuk melancarkan saluran wc mampet kembali kesedia kala.

Namun penggunaan bahan ini hanya berfungsi untuk mengatasi sumbatan yang tidak terlalu berat seperti kotoran ataupun sampah ringan lainnya.

Nah itulah 6 cara mengatasi wc mampet di rumah dengan mudah tanpa bongkar. Apabila wc mampet masih belum teratasi, kalian dapat menggunakan jasa service wc agar masalah tersebut dapat teratasi dengan mudah.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending