8 Cara Simpel Menjaga Kesegaran Udara di Rumah, Agar Tetap Bersih dan Sehat

Kamis, 09 Juli 2020 19:22 Penulis: Nurul Wahida
8 Cara Simpel Menjaga Kesegaran Udara di Rumah, Agar Tetap Bersih dan Sehat
Ilustrasi (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Udara bersih tentunya sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Terlebih ada cara simpel menjaga kesegaran udara di rumah agar tetap bersih dan sehat. Sebab, salah satu gangguan kesehatan yang banyak terjadi rupanya juga bisa berasal dari polusi udara. Sehingga menjaga udara tetap sehat dan bersih perlu dilakukan agar tubuh tetap bugar.

Polusi udara sebagian besar berasal disebabkan oleh asap kendaraan bermotor ataupun pembakaran bahan bakar di sejumlah pabrik-pabrik besar. Polusi udara sendiri terjadi akibat pelepasan gas karbondioksida (CO2) dalam jumlah melebihi batas wajarnya.

Dampak polusi udara bukan saja pada manusia melainkan juga lingkungan dan makhluk hidup lainnya. Sebagian besar dampak polusi udara bagi manusia akan berpengaruh pada kesehatan paru-paru tubuh. dimana udara polusi udara tersebut dapat masuk melalui saluran pernapasan yang selanjutnya masuk ke dalam peredaran darah hingga berakibat pada masalah kesehatan lainnya.

Apabila di luar ruangan polusi udara bisa berasal dari kendaraan bermotor ataupun aktivitas pembakaran bahan bakar pabrik. Lain halnya jika di dalam ruangan, sebab salah satu faktor polusi udara dalam ruangan dan nyata disekitar kehidupan sehari-hari berasal dari asap rokok ataupun sirkulasi udara ruangan yang tak baik. Namun tenang, sebab ada cara simpel menjaga kesegaran udara di rumah agar tetap bersih dan sehat.

Lalu bagaimana cara simpel menjaga kesegaran udara di rumah agar tetap bersih dan sehat?

Adapun cara simpel menjaga keseharian udara di rumah tetap bersih dan sehat terangkum dalam beberapa poin di bawah ini. Sehingga mengetahui cara simpel menjaga kesegaran udara di rumah akan memberikan manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Berikut cara simpel menjaga kesegaran udara di rumah agar tetap bersih dan sehat bersumber dari food.ndtvdan treehugger.com.

 

1. Perhatikan Ventilasi Udara

Cara simpel menjaga kesegaran udara di rumah agar tetap bersih dan sehat salah satunya adalah dengan memerhatikan ventilasi udara. Sebab ventilasi udara berperan besar memberikan kesegaran udara dan kebersihan udara di rumah.

Rumah dengan ventilasi udara cukup baik akan membuat sirkulasi udara dalam ruangan tergantikan secara teratur. Dalam artian ruangan tidak lembab dan kualitas udara akan meningkat. Caranya yakni dengan membuka jendela tiap ruangan rumah sehingga membuat kualitas udara tetap baik.

Apabila ruangan tak miliki jendela, cobalah untuk membuka pintu sesaat dan menggunakan kipas angin dalam ruangan agar membuat polutan keluar. Tentunya cara ini begitu simple untuk menjaga kualitas udara tetap bersih dan sehat.

2. Berikan Ruang untuk Tanaman

Seperti diketahui tanaman juga miliki peran besar untuk menghasilkan udara tetap segar dan sehat. Sehingga cara simpel menjaga kesegaran udara di rumah agar tetap bersih dan sehat adalah dengan memberikan sedikit ruang untuk tanaman.

Mengutip dari treehugger.com berdasarkan penelitian yang diterbitkan oleh American Society for Horticultural Science menyebutkan bahwa memiliki tanaman hias dalam ruangan dapat membantu meningkatkan kualitas udara.

Beberapa tanaman rekomendasi yang disarankan seperti lidah buaya, tanaman laba-laba, (Chlorophytum comosum), lidah mertua, bunga lili, dan lain sebagainya. Namun perlu diperhatikan agar menanam tanaman dengan ruang agak terbuka seperti halaman rumah ataupun space khusus tanaman di rumah. Hal ini dilakukan agar tanaman bisa tumbuh secara baik dan bisa memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh.

3. Menggunakan Lilin Lebah

Cara simpel menjaga kesegaran udara di rumah agar tetap bersih dan sehat selanjutnya bisa menggunakan lilin lebah. Lilin ini diketahui miliki manfaat memberikan udara lebih bersih dan menangkal berbagai polutan negative dalam ruangan.

Sehingga lilin lebah murni dapat menjadi pilihan tepat untuk menjaga kualitas udara tetap bersih dan sehat. Selain itu lilin ini diketahui juga tak banyak menimbulkan asap ataupun aroma.

4. Pakai Minyak Esensial

Minyak esensial seperti kayu manis, cengkeh, pohon the, rosemary, oregano diketahui bisa digunakan sebagai cara simpel menjaga kesegaran udara di rumah tetap bersih dan sehat. Mengutip dari food.ndtv berdasarkan penelitian dari Weber State University menunjukkan bahwa thieves oil dapat membunuh 99,96 persen bakteri di udara.

Sebab di dalamnya terdapat campuran antiseptik minyak esensial yang mampu membersihkan udara. Terlebih aroma segar dalam minyak esensial bisa memberikan manfaat lainnya bagi kesehatan.

5. Nyalakan AC

Cara simpel menjaga kesegaran udara di rumah agar tetap bersih dan sehat lainnya juga dapat dilakukan dengan menyalakan AC. Sebab sistem AC miliki perangkat penyaringan udara yang berfungsi mengganti udara dan menyaring berbagai polutan dalam ruangan.

Untuk itu kalian perlu mengetahui sistem seperti apa AC yang dimiliki agar AC dapat bekerja secara baik untuk menjaga kualitas udara ruangan tetap segar dan sehat.

6. Gunakan Lampu Garam (Himalayan Salt)

Lampu garam atau Himalayan salt diketahui bisa menjadi cara simpel menjaga kesegaran udara di rumah agar tetap bersih dan sehat. Sebab, produk ini dapat membantu membersihkan udara dan menetralkannya dari berbagai polutan.

Himalayan salt dapat diletakkan di meja baik ruang tamu, kamar, hingga meja kantor agar menjaga kualitas udara tetap baik. Selain itu lampu garam ini dapat berfungsi juga sebagai pelengkap dekorasi ruangan kalian.

7. Bersihkan Perabot Rutin

Polusi udara bukan saja disebabkan oleh asap, melainkan juga dapat berasal dari debu tebal yang biasanya menempel pada sejumlah barang hingga perabot rumah. untuk itu membersihkan perabot rumah secara rutin perlu dilakukan agar kualitas udara tetap bersih dan sehat.

Namun cobalah untuk membersihkan perabot tersebut dengan bahan non kimia seperti soda kue, cuka, minyak kelapa, dan bahan lainnya. Sehingga dengan bahan non kimia tersebut akan lebih ramah terhadap lingkungan.

8. Gunakan Pembersih Udara

Pembersih udara tentunya menjadi salah satu cara yang tepat untuk menjaga kesegaran udara di rumah tetap bersih dan sehat. Sebab pembersih udara ini dinilai efektif untuk menetralkan kualitas udara dan melawan berbagai polutan. Sehingga cara ini sangat cocok untuk kalian miliki agar menjaga udara tetap sehat.

Nah itulah 8 cara simpel menjaga kesegaran udara di rumah agar tetap bersih dan sehat. Sangat mudah dan sederhana untuk diterapkan. Selain itu selalu jaga kebersihan rumah dan perhatikan ventilasi udara agar tetap bersih serta sehat.

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI