Selain Dijadikan Lulur, Ini 8 Manfaat Bengkoang untuk Kesehatan yang Belum Banyak Orang Tahu

Kamis, 09 Juli 2020 18:11 Penulis: Puput Saputro
Selain Dijadikan Lulur, Ini 8 Manfaat Bengkoang untuk Kesehatan yang Belum Banyak Orang Tahu
Manfaat Bengkoang (credit: flickr)


Kapanlagi Plus - Bengkoang selama ini sering dimanfaatkan untuk kecantikan wajah dan kulit. Bengkoang memang dipercaya punya khasiat mencerahkan permukaan kulit secara ampuh. Tak salah jika kemudian bengkoang dipakai sebagai bahan dari produk kecantikan, seperti bedak, lotion, hingga lulur. Di balik kepopulerannya dalam dunia kecantikan, ternyata masih banyak manfaat bengkoang untuk kesehatan yang belum banyak orang tahu.

Bengkoang yang punya rasa manis dan segar, ternyata mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh. Ya, siapa sangka bengkoang yang tertanam di dalam tanah ternyata kaya akan vitamin dan mineral. Mengonsumsi bengkoang dipercaya dapat menyehatkan tubuh dan mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Berikut beberapa manfaat bengkoang untuk kesehatan, dirangkum dari berbagai sumber.

 

1. Sumber Antioksidan

Bengkoang ternyata termasuk jenis umbi-umbian yang kaya akan antioksidan. Sejumlah senyawa kimia alami dalam bengkoang bisa berfungsi sebagai antioksidan, seperti vitamin C, vitamin E, dan betakaroten. Seperti yang kita tahu, antioksidan berguna untuk menangkal radikal bebas yang bisa memicu berbagai penyakit, termasuk kanker. Selain menangkal radikal bebas, bengkoang juga punya serat khusus yang diyakini bisa melindungi usus dan sistem pencernaan.

2. Baik untuk Pencernaan

Seperti yang disinggung sebelumnya, bengkoang mengandung serat yang baik untuk pencernaan. Zat dalam serat bengkoang yang terbukti bisa menyehatkan organ pencernaan tersebut adalah inulin. Inulin diyakini akan mencegah terjadinya infeksi di usus dan organ pencernaan lain.

Inulin juga kerap disebut sebagai serat prebiotik. Serat ini menjadi asupan yang tepat untuk bakteri baik yang ada di usus. Dengan begitu, sistem pencernaan akan berjalan dengan lebih lancar. Selain itu, konsumsi bengkoang juga akan menghindarkan kita dari risiko penyakit pencernaan

3. Mengatasi Sembelit

Manfaat bengkoang untuk kesehatan berikutnya masih berhubungan dengan pencernaan. Sebab, bengkoang ternyata baik dikonsumsi saat mengalami sembelit. Sembelit yang sering datang secara tiba-tiba kerap membuat tidak nyaman, bahkan menyakitkan. Tak perlu khawatir, mengonsumsi bengkoang bisa jadi salah satu solusi atasi sembelit.

Zat inulin dalam serat bengkoang akan efektif kembali lancarkan pencernaan, sehingga cocok untuk atasi sembelit. Di samping itu, bengkoang juga mempunyai kandungan air yang melimpah. Kandungan air tersebut juga akan ambil bagian dalam membantu melancarkan pencernaan.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Tidak hanya menyehatkan pencernaan, bengkoang ternyata juga baik untuk kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan, ternyata selain baik untuk pencernaan serat bengkoang juga dipercaya bisa bantu tubuh dalam mengontrol kolesterol.

Bengkoang juga mengandung kalium yang juga dipercaya berkhasiat turunkan tekanan darah. Tidak hanya itu saja, bengkoang juga menyimpan zat besi dan tembaga yang sangat diperlukan dalam produksi sel darah merah. Berdasarkan hal-hal tersebut, manfaat bengkoang untuk kesehatan jantung sudah tidak perlu diragukan lagi.

5. Baik Dikonsumsi Penderita Diabetes

Diabetes jadi salah satu penyakit yang sangat ditakuti. Disebabkan kadar gula darah yang tinggi, diabetes bisa memicu berbagai komplikasi. Penderita diabetes harus benar-benar menjaga pola makannya. Bahkan, terdapat sejumlah pantangan bagi penderita diabetes.

Bengkoang tidak termasuk dalam pantangan bagi penderita diabetes. Sebaliknya, bengkoang justru baik dikonsumsi penderita diabetes. Karena serat dalam bengkoang dipercaya bisa menurunkan kadar gula darah, hingga kembali stabil. Di samping itu, kandungan kalium dan vitamin vitamin C dalam bengkoang juga bakal jadi antioksidan yang meningkatkan kekebalan tubuh penderita diabetes.

6. Baik Dikonsumsi saat Diet

Apabila kalian sedang menjalankan program diet, tidak ada salahnya menambahkan bengkoang dalam menu sehat. Sebab, manfaat bengkoang untuk kesehatan yang berikutnya adalah bisa ampuh turunkan berat badan. Bengkoang cocok untuk diet, karena bengkoang termasuk umbi yang kaya nutrisi, namun rendah kalori.

Itulah sebabnya, mengonsumsi bengkoang saat diet adalah pilihan yang tepat untuk menurunkan berat badan dengan tetap sehat. Bengkoang juga kaya akan serat dan kandungan air. Sehingga kalian tak perlu khawatir akan mengalami masalah pencernaan yang sering datang saat diet.

7. Menyehatkan Tulang

Mineral-mineral yang terdapat dalam bengkoang juga berkhasiat untuk tulang. Kandungan nutrisi seperti tembaga dan zat besi dipercaya akan menguatkan dan menyehatkan tulang. Bahkan tidak hanya baik untuk kesehatan tulang, kandungan mineral pada bengkoang juga bermanfaat untuk gusi dan gigi.

8. Menjaga Fungsi Otak

Manfaat bengkoang yang kedelapan, tidak kalah dengan yang lainnya. Salah satu vitamin yang terkandung dalam bengkoang adalah vitamin B6. Jenis vitamin ini baik untuk kesehatan otak kita. Asupan vitamin B6 yang cukup dipercaya mampu meningkatkan fungsi kognitif. Dalam jangka panjang, mengonsumsi bengkoang akan menjaga fungsi otak dalam mengingat dan berpikir.

Itulah di antaranya 8 manfaat bengkoang untuk kesehatan. Bagaimana tertarik merasakan manfaat makanan yang satu ini?

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI