6 Cara Mengobati Kurap Secara Alami, Mudah Bisa Dipraktikkan Sendiri di Rumah

Kamis, 10 September 2020 09:44 Penulis: Puput Saputro
6 Cara Mengobati Kurap Secara Alami, Mudah Bisa Dipraktikkan Sendiri di Rumah
Ilustrasi (credit: flickr)


Kapanlagi Plus - Kulit jadi salah satu bagian tubuh yang harus dirawat dengan sungguh-sungguh. Pasalnya, ada banyak sekali gangguan kesehatan kulit yang bisa terjadi, salah satunya kurap. Kurap merupakan infeksi yang jamur yang cukup sering terjadi dan cukup mudah menular. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara mengobati kurap sebelum menular ke orang lain.

Kurap yang berwarna kemerahan sering kali disertai rasa gatal dan perih. Gangguan kurap bisa dialami oleh siapa saja, dan di bagian permukaan kulit manapun termasuk wajah. Selain menular ke orang lain, kurap juga bisa dengan mudahnya melebar dan menyebar ke permukaan kulit lainnya. Itulah sebabnya, kurap harus diatasi sesegera mungkin.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa cara mengobati kurap dengan bahan alami.

 

1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa selama ini jadi salah satu bahan alami yang banyak sekali manfaatnya. Tak hanya untuk memasak, minyak kelapa juga sering dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai masalah kulit, seperti kurap. Hal ini dikarenakan minyak kelapa mempunyai sifat antimikroba dan antijamur, sehingga bisa mengatasi infeksi.

Cara mengobati kurap dengan minyak kelapa sangatlah mudah. Pertama-tama, kalian bisa menghangatkan minyak kelapa, hingga teksturnya berubah menjadi cair. Jika sudah, oleskan minyak tersebut ke area kulit yang mengalami infeksi atau kurap. Minyak kelapa dalam kondisi hangat akan lebih mudah terserap kulit. Agar efektif, kalian bisa melakukannya tiga kali sehari.

2. Bawang Putih

Bawang putih jadi salah satu bumbu wajib yang hampir ada di setiap rumah. Sama seperti minyak kelapa, bawang putih juga sering digunakan untuk pengobatan. Bawang putih juga mempunyai sifat antijamur, sehingga bisa digunakan sebagai cara mengobati kurap.

Mengobati kurap dengan bawang putih juga sangatlah mudah. Kalian hanya perlu menghancurkan bawang putih sampai halus. Selanjutnya, campurkan bawang putih dengan sedikit minyak zaitun atau minyak kelapa. Oleskan campuran bahan tersebut ke kulit yang mengalami kurap, diamkan beberapa saat kemudian bilas sampai bersih.

Akan tetapi pada beberapa jenis kulit, cara ini bisa memicu iritasi. Oleh karena itu, apabila merasakan gejala perih, bengkak, atau kemerahan, sesegera mungkin bilas sampai bersih.

3. Lidah buaya

Lidah buaya dikenal sebagai salah satu tanaman yang mempunyai sejuta manfaat. Sering dipakai untuk merawat kulit dan rambut, ternyata lidah buaya juga bisa dipakai sebagai cara mengobati kurap. Dilansir dari medicalnewstoday.com, Lidah buaya mengandung antiseptik yang bersifat antijamur, antibakteri, dan antivirus.

Cara mengobati kurap dengan lidah buaya juga tidak kalah mudah. Kalian bisa menggunakan produk gel lidah buaya atau memakai daging lidah buaya yang ditumbuk halus. Caranya sama, cukup oleskan gel lidah buaya ke lokasi kulit yang mengalami kurap. Lakukan sebanyak tiga atau empat kali sehari untuk memperoleh hasil yang maksimal.

4. Minyak Serai

Jika di rumah kalian terdapat minyak serai, kalian juga bisa memanfaatkannya untuk mengobati kurap. Sama seperti bahan alami lainnya, minyak serai juga mempunyai sifat antijamur, sehingga efektif mengobati infeksi kulit seperti kurap.

Untuk mengobati kurap dengan minyak serai, kalian cukup mengoleskan langsung ke kulit dua kali sehari. Oleskan secara perlahan, agar lebih mudah kalian bisa menggunakan bantuan kapas lembut.

5. Kunyit

Selain sebagai bahan jamu dan bumbu masakan, kunyit juga lumayan sering digunakan sebagai obat berbagai jenis gangguan kulit. Kunyit memang mempunyai sifat antibakteri dan antiinflamasi. Artinya, bahan satu ini juga berkhasiat untuk mengatasi infeksi kulit sejenis kurap.

Mengobati kurap dengan kunyit juga sangat gampang. Pertama, campurkan kunyit bubuk dengan sedikit air dan aduk, sehingga menjadi pasta. Jika sudah gunakan di permukaan kulit yang mengalami kurap. Diamkan hingga mengering, kemudian bilas bersih.

6. Cuka Apel

Cuka apel selama ini sering dimanfaatkan untuk perawatan kulit dan wajah. Mempunyai sifat antijamur, cuka apel juga berguna untuk mengobati kurap. Kalian bisa langsung mengoleskan cuka apel ke permukaan kulit yang mengalami kurap dengan menggunakan kapas lembut. Agar efektif, kalian bisa mengulang cara ini hingga tiga kali sehari.

Nah, itulah di antaranya beberapa cara mengobati kurap dengan bahan alami. Begitu mudah, sehingga kalian bisa mencobanya langsung di rumah. Selamat mencoba, semoga lekas sembuh!

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI