10 Cara Merawat Kulit Wajah yang Kering dan Kusam Secara Alami

Selasa, 02 Juni 2020 12:55 Penulis: Nurul Wahida
10 Cara Merawat Kulit Wajah yang Kering dan Kusam Secara Alami
Ilustrasi (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Masalah umum yang terjadi pada wajah salah satunya adalah kulit kering dan kusam. Berbagai cara dilakukan untuk mengatasi masalah wajah tersebut. Adapun cara merawat wajah yang miliki kulit kering dan kusam bisa dilakukan secara alami dan low budget.

Memilih perawatan pada wajah memang harus disesuaikan dengan jenis kulit wajah serta masalah yang muncul pada wajah. sebab, cara merawat wajah yang salah justru berdampak pada masalah lainnya yang bisa jadi akan memperburuk kondisi kulit.

Untuk itulah perlu tahu cara merawat wajah yang benar dan tepat. Terutama akan lebih baik jika memakai perawatan secara alami. Sebab, bahan alami memiliki efek samping yang minim jika dibandingkan dengan bahan kimia.

Salah satu masalah yang sering muncul pada wajah adalah kulit terasa kering serta kusam. Kulit yang kering dapat terasa lebih kasar, pecah-pecah, bahkan dapat mengelupas. Penyebabnya dapat berasal dari kondisi udara, kosmetik, ataupun yang lainnya.

Sedangkan kulit wajah kusam menyebabkan penampilan wajah terlihat lesu dan tidak segar. Jika kalian memiliki dua masalah wajah tersebut ada baiknya untuk tahu cara merawat wajah kulit kering dan kusam. Bahan alami dengan perawatan rumahan bisa dilakukan tanpa perlu biaya mahal.

Lalu bagaimana cara merawat kulit wajah yang kering dan kusam secara alami?

Untuk merawat kulit wajah yang kering dan kusam dapat menggunakan beberapa bahan alami seperti di bawah ini. Berikut 10 cara merawat wajah kulit kering dan kusam secara alami yang dilansir dari berbagai sumber.

 

 

1. Pakai Alpukat

Cara merawat wajah kering dan kusam secara alami salah satunya dapat menggunakan alpukat. Seperti yang diketahui dalam alpukat mengandung vitamin A dan E yang tinggi. Sehingga dapat melembabkan kulit secara alami.

Kalian bisa menggunakan alpukat sebagai masker wajah. gunakan masker alpukat tersebut secara rutin dengan mencampurkan bersama madu. Lalu diamkan kurang lebih 10 menit atau sampai kering dan bilas dengan air bersih.

2. Gunakan Kopi

Cara merawat wajah kering dan kusam selanjutnya adalah dengan menggunakan kopi sebagai masker wajah. Kopi diketahui dapat digunakan untuk melembabkan kulit. Sehingga kulit wajah yang kering dan terlihat kusam dapat tersamarkan. Kandungan antioksidan alami dalam kopi sangat baik untuk kulit wajah. Kalian dapat mencampurkan ampas kopi dengan madu agar mendapatkan kulit wajah yang sehat dan lembab.

3. Minyak Zaitun

Minyak zaitun diketahui memiliki banyak manfaatnya bagi kesehatan. Termasuk dapat digunakan untuk cara merawat wajah kulit kering dan kusam. Dalam minyak zaitun terdapat zat seperti Vitamin E, K, lemak, phenolic dan zat besi.

Dimana zat tersebut dapat digunakan untuk merawat wajah kulit kering dan kusam. Minyak zaitun dapat kalian aplikasikan pada kulit yang kering dan kusam. Gunakan untuk membasuh wajah dengan air hangat yang diberi beberapa sendok teh minyak zaitun.

4. Lidah Buaya

Sudah menjadi rahasia umum bahwa lidah buaya dipercaya dapat merawat kulit wajah yang kering. Untuk menggunakannya sangatlah mudah yakni hanya dengan mengoleskan gel lidah buaya pada wajah yang terasa kering.

Lakukan perawatan ini secara rutin agar kulit wajah lebih segar dan lembab. Tentunya sangat mudah dan murah sebagai cara merawat kulit wajah kering dan kusam.

5. Madu

Cara merawat kulit wajah kering dan kusam selanjutnya yakni menggunakan madu. Selain bermanfaat bagi kesehatan rupanya madu juga bisa membuat kulit lebih lembab dan segar. Bahkan masalah lainnya pada kulit juga bisa diatasi dengan madu.

Untuk menggunakan madu pada kulit wajah kering dan kusam kalian bisa mencampurkan beberapa bahan lain seperti kunyit, pisang, alpukat, ataupun lidah buaya. Tentunya dapat cepat membuat kulit wajah kalian terasa segar dan lembab.

6. Pisang

Kulit wajah kering bukan saja mengganggu penampilan melainkan dapat juga menyebabkan wajah mengalami pengelupasan kulit. Kandungan vitamin A, C, E, potassium, seng, lektin, dan asam amino sangat ampuh untuk menghidrasi kulit dan melembabkannya.

Cara merawat kulit wajah kering dan kusam menggunakan pisang bisa membuatnya menjadi masker wajah. Beberapa campuran lain seperti madu, susu, yogurt, oatmeal dapat ditambahkan agar kulit wajah kering dan kusam bisa teratasi.

7. Minyak Kelapa

Minyak kelapa rupanya juga ampuh merawat kulit wajah kering dan kusam. Caranya cukup dengan mengoleskan minyak kelapa ke seluruh permukaan wajah atau kulit yang terasa kering.

Lakukan cara tersebut secara rutin untuk mendapatkan kulit yang segar dan lembab. Sehingga cara merawat wajah kulit kering dan kusam bisa segera teratasi dengan mudah dan low budget.

8. Gunakan Mentimun

Cara merawat wajah kulit kering dan kusam bisa memakai mentimun. Kandungan seperti vitamin C, A, folat, asam kafeik memiliki sifat anti radang dan antioksidan. Sehingga dapat memberikan efek sejuk dan lembab pada kulit. Tentunya kulit akan terasa lebih segar dan lembab.

9. Yogurt dan Telur

Merawat wajah kulit kering dan kusam bisa memakai yogurt dan telur. Kombinasi dua bahan ini dapat membantu melembabkan kulit. Sehingga terasa lebih segar dan lembab alami. Kalian cukup mencampurkan yogurt dan telur lalu menggunakannya pada kulit wajah sebagai masker.

Lalu diamkan kurang lebih 10 menit dan bersihkan. Lakukan cara ini rutin agar mendapatkan hasil terbaik. Namun perlu diingat yogurt yang digunakan adalah murni tanpa tambahan perasa.

10. Konsumsi Cranberry

Buah cranberry dapat digunakan untuk cara merawat wajah kulit kering dan kusam. Selain perawatan dari luar dengan aplikasi atau mengoleskan berbagai bahan yang ampuh melembabkan kulit. Kalian juga memerlukan perawatan dari dalam.

Salah satunya dengan konsumsi buah cranberry. Sebaiknya konsumsi cranberry secara rutin hingga masalah kulit kering teratasi baik membuatnya sebagai jus ataupun konsumsi langsung.

Nah itulah 10 cara merawat kulit wajah kering dan kusam secara alami agar terlihat segar dan lembab. Jika kalian memiliki alergi pada salah satu bahan tersebut sebaiknya hindari. Selain itu konsultasi diperlukan jika mengalami masalah kulit wajah yang berkepanjangan.

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI