7 Penyebab Gigi Kuning, Hati-Hati Bisa Disebabkan Cara Gosok Gigi yang Salah

Selasa, 08 September 2020 19:33 Penulis: Puput Saputro
7 Penyebab Gigi Kuning, Hati-Hati Bisa Disebabkan Cara Gosok Gigi yang Salah
Ilustrasi (credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Meski tak mengganggu kesehatan, gigi kuning tetap jadi masalah yang menyebalkan. Gigi yang berwarna kuning dapat mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri. Gigi kuning bisa terjadi pada siapa saja, meskipun sudah rajin melakukan perawatan, seperti menggosok gigi. Sialnya, tak banyak orang yang tahu apa saja penyebab gigi kuning.

Padahal gigi kuning bisa disebabkan karena kebiasaan sehari-hari. Artinya, sebenarnya kita bisa mencegah gigi kuning dengan menghindari kebiasaan-kebiasaan tertentu. Itulah sebabnya, penting untuk mengetahui hal-hal yang bisa menyebabkan gigi kita berwarna kuning.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa penyebab gigi kuning.

 

1. Merokok

Tentu sudah jadi rahasia umum kalau merokok merupakan kebiasaan yang dapat mengganggu kesehatan. Namun, selama ini dampak buruk merokok sering dikaitkan dengan penyakit organ dalam seperti paru-paru hingga jantung. Ternyata, merokok juga bisa menjadi salah satu penyebab gigi kuning.

Seperti yang kita tahu, rokok menyimpan kandungan nikotin dan tar yang cukup tinggi. Saat menghisap rokok, ternyata kandungan nikotin dan tar bisa menempel dan mengendap pada gigi. Tumpukan tar dan nikotin inilah yang kemudian membuat gigi tampak lebih kuning. Oleh karena itu, bisa dibilang perokok aktif lebih berisiko mengalami gigi kuning.

2. Terlalu Sering Minum Teh atau Kopi

Teh dan kopi selama ini jadi salah satu minuman favorit banyak orang. Menyeruput teh hangat atau kopi panas di saat udara dingin memang sangatlah nikmat. Akan tetapi jika dikonsumsi terlalu sering, teh dan kopi ternyata juga bisa memicu gigi kuning.

Mungkin belum banyak yang tahu, dalam teh dan kopi terdapat kandungan senyawa bernama tanin. Sama seperti nikotin dan tar pada rokok, tanin juga bisa menyebabkan gigi berwarna kuning. Mengonsumsi teh secara terus-terusan akan membuat lebih banyak zat tanin yang menempel pada gigi. Akibatnya, gigi akan lebih cepat menguning. Terlebih, jika kalian jarang gosok gigi.

3. Cara Gosok Gigi yang Salah

Rajin menggosok gigi ternyata bukan jaminan mempunyai gigi yang putih bersih. Malahan, terlalu sering menggosok gigi juga diketahui tidak baik karena bisa membuat lapisan enamel gigi menipis. Lapisan enamel yang menipis juga akan membuat gigi menjadi lebih terlihat kuning.

Jadi, sebisa mungkin hindari menggosok gigi terlalu sering dan terlalu keras. Kalian cukup menggosok gigi dua kali sehari. Satu kali setelah makan dan satu kali sebelum tidur. Lakukan dengan membentuk pola bulatan kecil, lakukan secara perlahan agar tidak mengganggu lapisan enamel, serta tidak membuat gigi menguning.

4. Pemakaian Obat Kumur

Obat kumur sering kali dipakai setelah menggosok gigi. Pemakaian obat kumur memang efektif untuk membersihkan dan menyegarkan mulut. Dengan obat kumur, plak-plak dan sisa makanan yang menempel di gigi bisa lebih teratasi. Namun ternyata pemakaian obat kumur bisa memberi efek samping pada gigi yang yang menguning.

Hal ini dikarenakan, dalam obat kumur rata-rata terkandung chlorhexidine. Kandungan tersebut bisa memberikan efek perubahan warna pada gigi. Tak hanya itu saja, obat kumur juga mempunyai keasaman yang bisa bisa mengikis lapisan enamel gigi.

Oleh karena itu, penting untuk membatasi penggunaan obat kumur. Atau setidaknya, pilihlah obat kumur yang memang sesuai dengan kondisi mulut dan gigi kalian.

5. Konsumsi Jenis Obat Tertentu

Penyebab gigi kuning berikutnya ialah konsumsi jenis obat-obatan tertentu. Ya, tak banyak orang yang tahu ternyata jenis obat-obatan tertentu seperti antibiotik tetracycyline dan doxycycline bisa mengakibatkan gigi kuning. Penyebab gigi kuning yang satu ini tentu sulit dihindari.

Pasalnya, meminum obat bisa jadi kebutuhan untuk tetap sehat dan sembuh dari sakit. Oleh karena itu, jalan satu-satunya agar tidak mengonsumsi obat terlalu sering adalah dengan menjaga kesehatan sebaik mungkin.

6. Minuman Bersoda

Bagi kalian yang sering mengonsumsi minuman bersoda, ada baiknya mulai menguranginya secara perlahan. Sebab, minuman bersoda bisa jadi salah satu penyebab gigi kuning. Tanpa kita sadari, minuman bersoda yang kita konsumsi akan meninggalkan residu yang menempel pada gigi. Jika dibiarkan secara terus menerus, lapisan gigi yang semula putih bisa berubah warna jadi kekuningan.

7. Kebiasaan Menggemeretakkan Gigi

Menggemeretakkan gigi sering kali dipakai sebagai metode pelepas stres oleh beberapa orang. Namun sesekali, seseorang melakukannya secara tidak sadar. Meski terkesan sepele, ternyata kebiasaan ini, juga bisa menyebabkan rusaknya enamel gigi. Sehingga bisa membuat gigi lebih rapuh dan kuning.

Itulah di antaranya 7 penyebab gigi kuning yang mungkin selama ini belum banyak orang tahu. Semoga bermanfaat dan berguna untuk mencegah gigi kuning.

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI