Ingin Berat Badan Turun? Ini 6 Makanan yang Baik Dikonsumsi Setelah Olahraga

Selasa, 08 September 2020 21:33 Penulis: Dhia Amira
Ingin Berat Badan Turun? Ini 6 Makanan yang Baik Dikonsumsi Setelah Olahraga
Ilustrasi (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Ketika seseorang ingin menurunkan berat badan maka bukan hanya mengurangi porsi makan saja, tetapi juga harus dibarengi dengan olahraga. Dan tentu saja setelah olahraga kita harus memperhatikan makanan yang baik dikonsumsi agar berat badan tidak kembali naik.

Karena bila kita salah mengonsumsi makanan, maka bisa jadi berat badan akan naik. Dan usaha kita untuk olahraga agar berat badan turun menjadi sia-sia. Itulah mengapa mengetahui tentang makanan yang baik dikonsumsi setelah olahraga adalah hal yang penting.

Kira-kira makanan apa saja ya itu? Dilansir dari berbagai sumber, inilah 6 makanan yang baik dikonsumsi saat setelah olahraga. Yuk langsung saja dicek.

 

1. Alpukat

Makanan pertama yang baik dikonsumsi setelah olahraga yaitu ada alpukat. Yup! Ternyata olahraga membuat seseorang merasakan lapar, sehingga mengonsumsi makanan yang membuat kenyang tapi tidak membuat gemuk adalah hal yang penting.

Makanan tersebut salah satunya yaitu alpukat, karena selain memiliki serat yang tinggi, alpukat juga memiliki kalori yang rendah. Selain itu alpukat juga sangat baik untuk pencernaan, sehingga bagus dikonsumsi bagi kamu yang ingin diet.

2. Yoghurt Buah dan Kacang

Kemudian ada yoghurt buah dan juga kacang yang menjadi salah satu makanan yang baik dikonsumsi setelah olahraga. Ketiga kandungan ini memang terbukti sangat baik dikonsumsi setelah kalian melakukan olahraga.

Hal ini karena yoghurt buah dan kacang dapat memenuhi kebutuhan karbohidrat dan protein yang hilang selama berolahraga. Sehingga untuk mendapatkan energi kembali tanpa membuat gemuk, kalian bisa mencoba yoghurt buah dan kacang ini.

3. Sereal dan Susu

Siapa bilang sereal dan susu dapat membuat kalian gemuk setelah olahraga? Nyatanya tidak begitu loh KLovers. Hal ini karena sereal dan susu dapat memenuhi kebutuhan karbohidrat dan protein yang hilang setelah berolahraga.

Kalian bisa mencoba sereal yang memiliki kandungan gandum utuh, dan juga susu rendah lemak. Sehingga sereal serta susu tersebut tidak memiliki kalori yang tinggi, dan dapat membuat tubuh kalian gemuk.

4. Kacang Almond

Selain itu ada pula loh kacang yang baik dikonsumsi saat kita selesai olahraga, dan salah satunya yaitu kacang almond. Hal ini karena kacang almond memiliki kandungan berupa mineral, riboflavin, dan protein yang baik untuk meningkatkan energi.

Sehingga bila kita mengonsumsi kacang almond makan kita dapat mengembalikan energi yang hilang setelah berolahraga. Kalian bisa mencampurkan kacang almond pada yoghurt, atau mengonsumsi bersama dengan susu.

5. Roti Gandum

Roti gandum menjadi salah satu makanan selanjutnya yang baik dikonsumsi setelah olahraga. Selain sereal, kalian juga bisa loh mengonsumsi roti gandum. Pilihlah roti gandum yang memiliki kandungan gandum utuh.

Selain dapat memberikan rasa kenyang yang lama, nyatanya roti gandum juga memiliki serat yang tinggi sehingga dapat membuat saluran pencernaan menjadi baik. Kalian bisa mengonsumsi roti gandum dengan alpukat atau daging asap, serta telur.

6. Telur

Dan telur menjadi salah satu makanan terakhir yang baik dikonsumsi setelah kalian melakukan olahraga. Telur memang sudah dipercaya sejak lama baik dikonsumsi untuk seseorang yang sedang program diet.

Dan tentu saja telur juga sangat baik dikonsumsi setelah olahraga. Hal ini karena telur dapat memberikan kandungan protein tinggi, sehingga dapat mengembalikan energi setelah kita berolahraga. Selain itu kalori telur sangat rendah, sehingga tidak akan menimbun lemak.

Itulah 6 makanan yang baik dikonsumsi setelah melakukan aktivitas olahraga. Selain memiliki kalori yang sangat rendah, nyatanya makanan-makanan di atas juga sangat baik bagi kesehatan tubuh.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI