6 Makanan Pendamping Olahan Daging yang Sehat dan Enak, Mudah Banget Dibuat

Minggu, 26 Juli 2020 15:11 Penulis: Nurul Wahida
6 Makanan Pendamping Olahan Daging yang Sehat dan Enak, Mudah Banget Dibuat
Olahan daging (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Momen Idul Adha sebentar lagi akan disambut jutaan umat muslim di seluruh dunia. Berbagai persiapan pun dilakukan termasuk mencari sejumlah resep pilihan yang cocok untuk olahan daging qurban. Sejumlah makanan pendamping olahan daging yang sehat juga perlu diketahui agar semakin nikmat untuk disantap.

Sejumlah resep dan rencana olahan daging qurban tentunya sudah mulai direncanakan. Namun tak hanya olahan menu utamanya, menambahkan sejumlah makanan pendamping olahan daging yang sehat juga perlu diketahui untuk menjaga kondisi tubuh tetap stabil.

Sebab beberapa diantara olahan daging saat qurban biasanya cukup banyak mengandung minyak dan lemak yang tinggi. Sebut saja seperti gulai, tongseng, sate, rendang, dan lain sebagainya yang sebagian besar berminyak dan mengandung lemak.

Untuk itu menambahkan makanan pendamping yang sehat perlu dilakukan agar kesehatan tubuh tetap terjaga dan mencegah risiko kesehatan tertentu. Sejumlah resep makanan pendamping olahan daging ini dapat dibilang sehat lantaran terbuat dari aneka sayuran serta buah. Sehingga tubuh tetap dapat memiliki asupan sayur buah yang di dalamnya mengandung nutrisi sehat bagi tubuh.

Lalu apa saja makanan pendamping olahan daging yang sehat dan enak?

Adapun makanan pendamping olahan daging yang sehat dan enak terangkum dalam beberapa poin di bawah ini. Berikut makanan pendamping olahan daging yang sehat dan enak yang bisa dipilih untuk menemani sajian daging qurban.

 

1. Acar Timun

Makanan pendamping olahan daging yang sehat dan enak serta mudah banget dibuat salah satunya adalah acar timun. Acar timun ini terbuat dari campuran garam, gula dan cuka hingga miliki kesegaran dan rasa nikmat saat dikonsumsi.

Acar timun sendiri sering digunakan sebagai makanan pendamping sejumlah resep olahan seperti martabak, tongseng, dan nasi goreng. Olahan daging mulai dari sate dan gulai juga sangat cocok dihidangkan dengan acar timun di sampingnya. Bahkan acar timun miliki sejumlah manfaat kesehatan yang bisa diperoleh diantaranya mengontrol kadar gula darah serta sumber antioksidan.

Namun sekali lagi agar mengonsumsi acara timun dalam batas wajar, sehingga tidak menimbulkan efek samping bagi kesehatan. Berikut resep acar timun yang bisa dibuat bersumber dari briliocious.brilio.net.

Bahan:

- 1 buah wortel, potong dadu.

- 1 buah timun, potong dadu.

- 3 siung bawang merah, iris kasar.

- 3 buah cabai rawit merah, iris bulat.

- 5 buah cabai rawit hijau, biarkan utuh.

- 2 sdt cuka.

- 1 sdt gula.

- Garam secukupnya.

- Air panas.

Cara membuat:

- Campurkan semua bahan menjadi satu, lalu siram dengan air panas.

- Aduk hingga merata, lalu cek rasanya.

- Dinginkan dalam toples dan siap untuk disajikan.

2. Kentang

Makanan pendamping olahan daging yang sehat dan enak juga dapat terbuat dari kentang. Seperti diketahui sejumlah olahan daging seperti steak kerap menyajikan kentang sebagai makanan pendamping atau pengganti karbohidrat.

Kentang sendiri juga miliki sejumlah manfaat bagi kesehatan yang bisa diperoleh dengan mengonsumsinya. Diantaranya seperti melancarkan pencernaan, mengontrol tekanan darah, serta sumber energi.

Sejumlah olahan kentang yang bisa dibuat seperti menggoreng atau memanggang kentang. Adapun resep dan cara membuatnya seperti berikut bersumber dari cookpad.com.

Bahan:

- 200 gram kentang.

- 200 ml susu cair.

- 1 butir telur.

- 6 sdm tepung terigu.

- Kaldu bubuk.

- Paprika bubu.

- Bawang putih bubuk.

- Parsley kering

Cara membuat:

- Campurkan telur dan susu hingga merata.

- Lalu campurkan kentang dengan bawang, garam, tepung, paprika, dan aneka bumbu di atas.

- Celupkan kentang ke dalam susu dan telur. Lalu goreng sampai matang.

- Sajikan dengan menaburi bubuk parsley.

3. Salad Sayur

Makanan pendamping olahan daging yang sehat dan enak juga bisa memilih salad sayur sebagai rekomendasi lainnya. Dimana salad sayur ini sangat mudah untuk dibuat. Tak hanya mudah, aneka sayur yang terdapat dalam salad juga bisa cukupkan asupan sayur dalam tubuh bersamaan dengan konsumsi daging. Adapun resep salad sayur yakni spinach salad sebagai berikut bersumber dari briliocious.brilio.net.

Bahan:

- 1 ikat bayam.

- 1 sdt merica bubuk.

- 2 sdm kecap asin.

- 2 sdm wijen sangrai.

- 3 sdm madu.

Cara membuat

- Rebus bayam hingga matang, lalu tiriskan.

- Campurkan dengan semua bahan dan aduk sampai rata.

- Sajikan dan taburi wijen sangrai.

Kalian juga bisa membuat aneka salad sayur lainnya sesuai selera untuk pendamping olahan daging agar tambah nikmat dan sehat.

4. Sambal

Makanan pendamping olahan daging yang tak bisa dilupakan selanjutnya adalah sambal. Tentunya bagi penikmat pedas, sambal ini sangat cocok dikonsumsi untuk berbagai menu resep daging baik panggang ataupun goreng. Adapun resep sambal yang bisa dibuat sebagai berikut bersumber dari cookpad.com.

Bahan:

- 3 buah tomat.

- 10 cabai merah.

- 2 siung bawang putih.

- 4 siung bawang merah.

- Garam, gula, dan terasi secukupnya.

Cara membuat:

- Kupas semua bahan lalu potong kecil agar mudah dihaluskan.

- Goreng semua bahan tersebut sampai layu, lalu tiriskan.

- Haluskan bahan-bahan yang sudah digoreng dan tambahkan garam serta gula.

- Sambal tomat siap untuk disajikan sebagai makanan pendamping olahan daging.

5. Roasted Vegetable

Makanan pendamping olahan daging yang tak kalah nikmat serta enak untuk dikonsumsi adalah roasted vegetable. Dimana olahan ini terdiri dari aneka sayur sehat yang bermanfaat bagi tubuh. Adapun resep roasted vegetable sebagai berikut bersumber dari cookpad.com.

Bahan:

- Wortel.

- Buncis.

- Kembang kol.

- Asparagus.

- Bawang bombay.

- Paprika.

- 3 sdm minyak zaitun.

- 1 sdt garam.

- 1/2 sdt merica.

- 1 sdt bawang putih bubuk.

- 1 sdm rosemary.

Cara membuat:

- Potong semua sayur sesuai selera.

- Rebus kembang kol, wortel, buncis hingga empuk dan setengah matang.

- Campurkan semua bahan menjadi satu, lalu aduk hingga merata.

- Masukkan semua bahan tersebut ke dalam loyang llau panggang selama 15 menit dengan suhu 180 derajat celcius.

- Tunggu hingga berwarna kecoklatan dan angkat.

- Roasted vegetable siap untuk disajikan.

6. Aneka Jus Buah

Tak hanya makanan pendamping olahan daging, minuman pendamping lainnya juga bisa dipilih untuk menemani hidangan menu daging. Diantara buah yang bisa dibuat untuk jus serta mengandung kolesterol rendah seperti jus kiwi, jus jeruk, pisang dan lain sebagainya. Namun kalian juga bisa membuat aneka jus sesuai selera dan tetap mencukupi asupan buah dalam tubuh agar kesehatan dapat terjaga.

Nah itulah 6 makanan pendamping olahan daging yang sehat dan enak, mudah banget dibuat. Selain itu selalu cukupi asupan sayur dan buah agar kesehatan dapat terjaga dengan baik. Cukup mudah bukan KLovers?

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI