Jelang Idul Adha, Ini 5 Ide Makanan yang Mudah Dibuat - Cocok Dimakan Saat Kumpul Keluarga

Minggu, 26 Juli 2020 19:22 Penulis: Dhia Amira
Jelang Idul Adha, Ini 5 Ide Makanan yang Mudah Dibuat - Cocok Dimakan Saat Kumpul Keluarga
Ilustrasi (credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Lebaran Idul Adha tinggal menghitung hari, tentu saja saat lebaran Idul Adha kita akan berkumpul bersama keluarga di rumah. Tidak seperti lebaran Idul Fitri, biasanya lebaran Idul Adha dirayakan secara sederhana tetapi tetap hikmat.

Walaupun di masa pandemi seperti ini, tidak ada salahnya membuat cemilan untuk keluarga saat berkumpul bersama di hari raya Idul Adha. Selain itu, kalian juga dapat membagikan cemilan tersebut untuk masjid atau tetangga terdekat.

Kira-kira ide cemilan apa saja ya yang cocok disajikan saat berkumpul bersama keluarga di hari raya Idul Adha? Dilansir dari berbagai sumber, inilah 5 ide cemilan yang bisa kalian buat ketika berkumpul bersama dengan keluarga. Yuk langsung saja dicek.

 

1. Bolu Manis

Ide cemilan pertama yang bisa kalian buat ketika berkumpul bersama keluarga saat Idul Adha yaitu ada bolu manis. Biasanya makanan manis merupakan sesuatu hal yang wajib disajikan saat merayakan sebuah perayaan seperti hari raya Idul Adha.

Selain cara membuatnya yang tidak terlalu sulit, bolu manis juga akan menjadi cemilan yang mengenyangkan saat dikonsumsi bersama dengan keluarga. Kalian bisa membuat bolu pandan, bolu karamel, atau brownis kukus.

2. Makanan Berkuah

Ide cemilan selanjutnya yang bisa kalian buat ketika berkumpul bersama keluarga saat Idul Adha yaitu makanan berkuah. Cemilan satu ini sangat cocok disajikan saat berkumpul bersama keluarga di hari raya Idul Adha. Selain itu pembuatannya juga tidak terlalu ribet.

Makanan berkuah ini juga cocok dikonsumsi keluarga karena sangat mengenyangkan. Kalian bisa membuat bakso kuah, tekwan, mie kuah, atau sup cream yang sederhana.

3. Minuman Segar

Selain makanan, kalian juga harus menyediakan minuman segar. Minuman ini juga bisa kalian bagikan ke masjid bila ada kegiatan pemotongan kurban. Minuman segar memang sangat cocok dikonsumsi bersama dengan makanan kuah yang disajikan untuk keluarga.

Saat ini sudah banyak sekali resep minuman segar yang mudah dan juga praktis. Kalian bisa membuat es timun, soup buah, jus, atau minuman selasih. Selain memberikan rasa segar, minuman tersebut juga sehat dan dapat memberikan nutrisi pada tubuh.

4. Agar-Agar

Selain bolu, kalian juga bisa menjadikan agar-agar sebagai ide cemilan yang dapat dibuat saat hari raya Idul Adha. Selain cara membuatnya yang muda, agar-agar juga sangat baik untuk pencernaan.

Dan tentunya agar-agar dapat menjadi cemilan yang bisa kalian bagikan pada tetangga sekitar atau masjid yang mengadakan kurban. Resep olahan agar-agar juga sudah banyak sekali kok. Kalian bisa membuat agar-agar rasa buah, puding susu, puding roti, dan masih banyak lagi yang sejenisnya.

5. Makanan Santan

Dan ide cemilan terakhir yang bisa kalian buat ketika berkumpul bersama keluarga saat Idul Adha yaitu ada makanan santan. Sudah bukan hal yang asing lagi bila makanan santan disajikan saat perayaan hari raya Idul Fitri maupun Idul Adha.

Makanan dari santan ini cocok sekali dikonsumsi saat bersama dengan keluarga ketika merayakan hari besar seperti Idul Adha. Kalian bisa membuat makanan santan yang tidak terlalu ribet, seperti lontong sayur, kolak pisang, soup buah santan, dan masih banyak lagi kreasi lainnya.

Itulah 5 ide cemilan yang dapat kalian buat ketika berkumpul bersama keluarga di hari raya Idul Adha. Selain ide cemilan di atas, kalian juga bisa membuat ide cemilan lain yang menjadi makanan favorit keluarga saat berkumpul bersama.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI