6 Penyebab Bau Kaki dan Cara Mengatasinya

Penulis: Nurul Wahida

Diterbitkan:

6 Penyebab Bau Kaki dan Cara Mengatasinya
Ilustrasi (credit: freepik.com)

Kapanlagi.com - Bau pada kaki memang bisa menurunkan rasa percaya diri hingga menimbulkan rasa kurang nyaman. Terlebih jika kalian cukup sering bertemu dengan banyak orang tentunya kondisi ini dapat memengaruhi aktivitas harian. Ada sejumlah penyebab bau kaki yang biasanya dialami sebagian orang hingga timbulkan aroma tak sedap.

Bau kaki merupakan kondisi saat kaki mengalami aroma tak sedap yang timbul karena beberapa faktor. Dalam istilah medis, bau kaki disebut sebagai bromodosis yang terjadi akibat munculnya keringat berlebih pada kaki hingga sebabkan pertumbuhan bakteri seperti dilansir dari sehatq.com.

Kondisi tersebut cukup membuat risih pengidapnya hingga menurunkan rasa percaya diri saat berkumpul dengan banyak orang. Terlebih jika kalian kerap mengenakan sepatu tertutup saat beraktivitas yang menjadi salah satu penyebab munculnya bau kaki. Tak hanya karena faktor produksi keringat berlebih dan penggunaan sepatu, ada beberapa penyebab bau kaki yang umum terjadi dan perlu diketahui.

Sehingga dengan mengetahui penyebab bau kaki tersebut dapat menjadi cara mencegah aroma tak sedap pada kaki sedini mungkin. Selain itu, meski membuat pengidapnya merasa tak nyaman, cara mengatasi bau kaki bisa dilakukan secara alami dengan bahan yang terjangkau.

Lalu apa saja penyebab bau kaki dan cara mengatasinya?

Adapun penyebab bau kaki dan cara mengatasinya terdapat dalam beberapa poin di bawah ini. Berikut 6 penyebab bau kaki dan cara mengatasinya dirangkum dari berbagai sumber.

 

1. Keringat Berlebih

Seperti diketahui sebelumnya penyebab bau kaki yang paling umum terjadi adalah karena produksi keringat berlebih. Keringat berlebih tersebut tak hanya menimbulkan bau pada kaki saja melainkan juga sejumlah anggota tubuh lainnya seperti ketiak hingga badan. Meski menjadi penyebab bau kaki, kondisi tersebut juga terjadi karena kaki lembab.

Kaki lembab tersebut dapat dialami saat menggunakan sepatu ataupun kaus kaki. Terlebih jika kalian mengenakan kaus kaki yang tak dapat menyerap keringat secara baik serta rutin mengganti kaus kaki maka lebih rentan mengalami bau kaki. Seperti melansir dari prevention.com, ketika kaki berkeringat dan lembab dapat memunculkan bakteri yang bisa menimbulkan bau. Sehingga rutin mengganti kaus kaki dan membersihkan sepatu penting dilakukan untuk mencegah aroma tak sedap tersebut.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Jarang Membersihkan Sepatu

Penyebab bau kaki selanjutnya adalah karena jarang membersihkan sepatu. Kondisi ini bisa menyebabkan aroma tak sedap pada kaki terutama saat kaki mengalami keringat berlebih seperti poin sebelumnya. Sepatu yang jarang dibersihkan berpotensi menimbulkan bau tak sedap pada kaki serta rentan meningkatkan pertumbuhan bakteri.

Untuk itu mengganti sepatu dan membersihkannya secara rutin penting dilakukan agar tak menimbulkan bau tak sedap pada kaki. Selain itu melansir dari prevention.com, membersihkan kaki secara rutin juga dapat dilakukan untuk mengatasi bau kaki yang membandel.

3. Pengaruh Hormon

Penyebab bau kaki juga bisa disebabkan oleh pengaruh hormon. Mengutip dari prevention.com, perubahan hormon dalam hal ini penurunan hormon bisa memengaruhi produksi keringat berlebih yang menjadi penyebab bau badan termasuk bau kaki. Perubahan hormon tersebut dapat terjadi saat masa-masa pubertas hingga kehamilan.

4. Terjadi Infeksi

Penyebab bau kaki selanjutnya juga dapat disebabkan karena faktor terjadinya infeksi pada kaki. Infeksi tersebut diakibatkan oleh jamur yang menempel pada kaki terutama kuku serta jari-jari. Sebab kondisi kaki yang lembab tersebut berpotensi menimbulkan jamur penyebab infeksi hingga sebabkan aroma tak sedap.

Saat mengalami infeksi karena jamur dan bakteri tersebut pengidapnya bisa merasakan gatal menggigit hingga lecet di kaki seperti melansir dari sehatq.com. Mengatasi dengan bedak anti jamur yang ditaburkan pada sela-sela jari menjadi cara yang bisa dipilih untuk meringankan gejala infeksi jamur pada kaki.

5. Mengalami Stres

Penyebab bau kaki juga bisa diakibatkan saat tubuh mengalami stres. Seperti diketahui stres cukup banyak menimbulkan masalah kesehatan yang tak dapat dianggap sepele. Salah satunya adalah stres bisa berpengaruh pada hormonal seseorang hingga menyebabkan produksi keringat berlebih. Dalam hal ini keringat berlebih tersebut dapat menyebabkan bau badan termasuk bau kaki. Untuk mencegah kondisi tersebut penting mengontrol stres agar tak sebabkan berbagai gangguan kesehatan termasuk stres.

6. Cara Mengatasi Bau Kaki

Setelah mengetahui penyebab bau kaki dengan beberapa poin di atas, ada beberapa cara mengatasi bau kaki yang bisa dipraktikkan secara mudah. Sebab cara mengatasi bau kaki tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan bahan alami sebagai pilihan. Adapun cara mengatasi bau kaki secara alami sebagai berikut seperti bersumber dari liputan6.com:

- Garam: garam dapat digunakan mengatasi bau kaki dengan cara merendam kaki selama 20 menit dalam cairan garam yang dilarutkan menggunakan air hangat. Rutin melakukan cara ini bisa membantu meringankan bau kaki yang menyengat.

- Lemon: untuk menggunakan lemon sebagai bahan alami mengatasi bau kaki cukup dengan merendam kaki dalam larutan air lemon dan air hangat selama 15 menit. Kandungan dalam lemon mampu mengatasi bakteri penyebab bau kaki.

- Cuka: kandungan asam tinggi pada cuka diketahui bisa mengatasi bau kaki termasuk mencegah bakteri yang menempel. Cara menggunakannya cukup dengan merendam kaki dalam larutan cuka dan air hangat selama 15 menit. Namun pastikan kaki kalian tidak terdapat luka terbuka agar tak menimbulkan rasa nyeri.

- Bedak bayi: seperti diketahui sebelumnya bedak bisa digunakan untuk mencegah keringat berlebih. Caranya cukup dengan menggunakan bedak pada kaki untuk mencegah lembab dan memberi aroma wangi.

Nah itulah 6 hal penyebab bau kaki dan cara mengatasinya. Selain beberapa hal di atas, apabila masalah bau kaki cukup mengganggu dan tidak dapat diatasi dengan cara mudah, konsultasi dengan dokter kesehatan bisa menjadi pilihan tepat mendapat solusi sekaligus penanganan.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending