6 Tips Mengatasi Ngantuk Saat WFH Corona Covid-19 Selama Puasa Ramadhan

Senin, 27 April 2020 14:33 Penulis: Puput Saputro
6 Tips Mengatasi Ngantuk Saat WFH Corona Covid-19 Selama Puasa Ramadhan
Ilustrasi (credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Ada yang membedakan puasa Ramadhan tahun ini dengan puasa tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, bulan Ramadhan tahun ini berlangsung di tengah wabah pandemi virus corona covid-19. Akibatnya, para pekerja yang sedang menjalani Work From Home (WFH) harus mencari tips mengatasi ngantuk.

Rasa ngantuk memang jadi salah satu tantangan tersendiri bagi orang yang berpuasa. Pasalnya, berpuasa pola tidur seseorang akan berubah dengan adanya aktivitas sahur. Rasa ngantuk yang biasa datang di waktu pagi, jelas akan mengganggu aktivitas WFH. Namun, jangan khawatir ada beberapa tips mengatasi ngantuk saat WFH selama puasa yang bisa kalian coba.

Berikut beberapa tips mengatasi ngantuk saat WFH selama puasa.

 

1. Perbaiki Pola Tidur

Sebenarnya rasa ngantuk yang timbul saat berpuasa merupakan hal wajar. Dilansir dari hellosehat, sebuah penelitian yang dimuat di Jurnal Journal of Sleep Research mengungkap bahwa saat berpuasa waktu tidur seseorang terpangkas sebanyak 40 menit. Hal inilah yang membuat kita mudah mengantuk saat berpuasa.

Jadi, saat menjalani ibadah puasa Ramadhan, usahakan untuk tidak tidur terlalu larut, agar kebutuhan tidur tetap terpenuhi. Selain itu, kalian juga bisa mengakali memenuhi kebutuhan tidur yang kurang dengan melakukan tidur di waktu-waktu tertentu, seperti di pagi hari setelah sholat subuh atau di siang hari saat istirahat.

2. Beranjak dari Tempat Duduk

Selain karena kurang tidur, rasa mengantuk saat WFH dan berpuasa bisa juga diakibatkan oleh mata yang lelah dan jenuh. Jadi sebaiknya jangan membiarkan pandangan mata hanya fokus ke satu titik saja, misalnya ke komputer atau laptop.

Sesekali, beranjaklah dari tempat duduk kalian, dan mencari pemandangan dan suasana yang sedikit berbeda. Kalian bisa keluar rumah sebentar untuk menikmati udara luar dan paparan sinar matahari secara langsung, Sebab, sinar matahari ke mata diyakini bisa ampuh menghilangkan atasi rasa lelah pada mata yang menyebabkan ngantuk.

3. Mencuci Muka

Tips mengatasi ngantuk yang ketiga adalah dengan cuci muka. Selama ini mencuci muka menjadi sebuah solusi menghilangkan ngantuk yang paling sering dilakukan. Bukan tanpa alasan, sebab membasuh air ke muka memang bisa membuat wajah kita terasa lebih segar seketika. Untuk memberikan efek kesegaran yang maksimal sebaiknya mencuci muka dilakukan dengan air dingin.

Namun, meski menyegarkan sebaiknya mencuci muka tidak dilakukan terlalu sering karena bisa mengakibatkan kulit wajah menjadi kering. Berhubung saat ini sedang bulan Ramadhan, maka tips mengatasi ngantuk saat WFH bisa dilakukan bersamaan saat melakukan wudhu sebelum menunaikan sholat.

4. Mengobrol

Selain mencuci muka, mengobrol juga bisa menjadi tips yang ampuh untuk mengatasi ngantuk saat WFH di bulan puasa. Kalian bisa mengambil jeda istirahat untuk melakukan obrolan ringan dengan keluarga yang ada di rumah. Atau, jika kebetulan kalian menjalani WFH di kamar kos, kalian bisa melakukan obrolan melalui chat atau video call dengan teman atau rekan kerja.

Selain mengusir ngantuk, mengobrol secara tidak langsung juga akan membuat otak kita kembali fokus. Hal ini bisa terjadi, sebab saat mengobrol otak kita akan terlatih untuk kembali fokus menyimak obrolan. Namun, pastikan untuk tetap mengatur waktu mengobrol kalian. Jangan sampai obrolan yang seru justru menyita waktu kalian.

5. Meditasi dan Atur Napas

Ternyata, sirkulasi udara dan oksigen di pernapasan yang terganggu juga bisa mempengaruhi rasa ngantuk. Untuk itu, tips mengatasi ngantuk saat WFH selanjutnya bisa dilakukan dengan mengatur napas. Caranya mudah, yaitu cukup dengan menarik napas dalam-dalam lalu melepaskannya secara perlahan.

Agar lebih maksimal, cara ini bisa kalian lakukan dengan melakukan meditasi. Dengan meditasi dan mengatur napas secara bersamaan selain rasa ngantuk yang hilang, otak kita juga akan menjadi lebih fokus kembali. Tidak perlu lama-lama, meditasi dan gerakan mengatur napas ini bisa dilakukan dalam 5 menit.

6. Berjalan-Jalan

Rasa ngantuk saat WFH di bulan puasa juga bisa diakibatkan oleh rasa jenuh akibat melakukan kegiatan yang monoton terus-terusan. Jadi, sembari beristirahat kalian bisa melakukan berbagai gerakan kecil seperti jalan-jalan. Kalian bisa berjalan-jalan di sekitar tempat kalian bekerja, seperti naik turun tangga, keliling rumah atau sekitar kamar kos.

Untuk menghilangkan rasa mengantuk, kalian bisa berjalan-jalan setidaknya 10 menit. Hal ini karena, ada sebuah survei di Amerika Serikat yang menyebutkan bahwa berjalan 10 menit mampu akan memompa oksigen ke pembuluh darah, otak, dan otot. Artinya, dengan pasokan oksigen di otak akan tercukupi. Sebab, kurangnya oksigen bisa jadi salah satu penyebab dari rasa ngantuk.

Nah, itulah 6 tips mengatasi ngantuk saat WFH selama berpuasa. Jika kalian merupakan orang yang mudah merasa mengantuk, kalian bisa coba ikuti tips di atas selama menjalani WFH di bulan Ramadhan ini. Dengan begitu, produktivitas kalian selama bekerja di rumah akan tetap terjaga.

 

(kpl/psp/gen)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI