6 Cara Mencegah Penularan Virus Corona Covid-19 di Warung Makan, Cocok Diterapkan Anak Kos

Sabtu, 25 April 2020 11:44 Penulis: Puput Saputro
6 Cara Mencegah Penularan Virus Corona Covid-19 di Warung Makan, Cocok Diterapkan Anak Kos
Ilustrasi (credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Membeli makanan di warung makan sudah menjadi kebiasaan bagi beberapa orang. Termasuk, bagi anak kos di perantauan. Membeli makanan dinilai lebih praktis ketimbang harus memasak sendiri. Sayangnya, di tengah pandemi virus corona covid-19 ini membeli makanan di warung makan di warung bisa berisiko. Kita harus mencari cara mencegah penularan virus corona covid-19.

Membeli makan di warung makan sangat berisiko sebab, ada banyak orang yang membeli makanan di sana. Sementara, tidak ada yang tahu apakah ada di di antara pembeli itu yang sudah tertular virus corona covid-19. Oleh karena itu, kita harus selalu waspada dengan melakukan berbagai cara mencegah penularan virus corona covid-19.

Berikut beberapa cara mencegah penularan virus corona covid-19 yang bisa kalian lakukan saat membeli makanan di warung.

 

1. Pastikan Kebersihan Warung Makan

Cara menjaga penularan virus corona covid-19 di warung makan yang pertama dan mendasar adalah dengan memperhatikan kebersihan. Perhatikan kebersihan dari warung tempat kalian membeli makanan. Pastikan segala aspek kebersihannya, mulai dari tempat, makanan, sampai alat makan.

Jangan segan untuk berpindah ke warung lain apabila warung makan yang kalian datangi ternyata tidak menjaga kebersihan. Hal ini penting, sebab kebersihan di warung makan dapat mencerminkan kebiasaan penjual dalam menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

Artinya, jika warung makan kotor, bisa jadi pemilik warung kurang memperhatikan kebersihan dan kesehatan untuk dirinya sendiri dan pengunjung.

2. Jaga Jarak

Jaga jarak atau yang kerap dikenal dengan istilah social distancing merupakan cara mencegah penularan virus corona yang paling umum dilakukan. Cara ini bisa dilakukan di manapun, termasuk di warung makan. Buatlah jarak dengan penjual dan pembeli lainnya. Jarak tersebut harus berada di jarak aman yaitu minimal 1 meter.

3. Pakai Masker

Selain jaga jarak atau social distancing, memakai masker juga menjadi hal yang belakangan sering digaungkan. Sama seperti jaga jarak, pemakaian masker juga terbukti bisa menjadi cara mencegah penularan virus corona covid-19 yang efektif. Hal ini karena penggunaan masker akan menghalangi terjadinya droplet atau tetesan air liur saat berbicara, batuk, atau bersin.

Selain memakai masker untuk diri sendiri, pastikan pula orang-orang di sekitar lingkungan kalian juga mengenakan masker. Sebab, penggunaan masker oleh satu orang saja tidak akan memberikan dampak yang signifikan terhadap pencegahan penularan virus corona covid-19.

Yang tidak kalah penting, pastikan bahwa penjual dan pelayan di warung makan tersebut juga menggunakan masker. Sebab, saat membeli makanan, kalian akan melakukan kontak langsung dengan penjual atau pelayan. Sehingga akan lebih aman jika kedua belah pihak sama-sama memakai masker.

4. Cuci Tangan

Selama pandemi virus corona covid-19, mencuci tangan seperti jadi kebiasaan baru bagi setiap orang. Mencuci tangan terutama pakai sabun atau hand sanitizer memang terbukti bisa membunuh virus corona covid-19 yang menempel di permukaan tangan. Jadi, jika kalian berencana untuk membeli makanan dan memakan di tempat, yang lupa untuk mencuci makan sebelum makan.

Perhatikan pula kebiasaan penjual atau pelayanan makanan. Apakah mereka mencuci tangannya secara rutin ataukah tidak. Sebab, seperti yang kita tahu, semakin sering kita mencuci tangan maka semakin kecil kemungkinan kita tertular atau menularkan virus corona covid-19.

Jadi, untuk melakukan cara mencegah penularan virus corona covid-19 di warung makan yang satu ini, kalian bisa mulai dengan memastikan apakah di warung makan tersebut tersedia tempat untuk mencuci tangan.

5. Pilih Makanan yang Masih Baru Dimasak

Saat membeli makanan di warung makan, sebisa mungkin pilihlah menu makanan yang baru saja dimasak, sehingga masih fresh dan hangat. Hindari memilih makanan yang terlihat sudah tidak fresh, misalnya berwarna gelap karena sudah beberapa kali dipanaskan.

Sebab, makanan yang masih fresh mempunyai kandungan gizi yang lebih baik dibandingkan makanan yang sudah lama dan dipanaskan. Selain itu, berdasarkan sejumlah informasi, virus corona covid-19 disebut-sebut tidak tahan terhadap panas. Sehingga, berdasarkan asumsi tersebut masakan yang masih panas akan dinilai lebih aman dikonsumsi.

6. Disarankan untuk Tidak Makan di Tempat

Selama wabah pandemi virus corona covid-19 masih berlangsung, kita semua disarankan untuk mengurangi aktivitas di luar rumah yang tidak begitu perlu, termasuk makan di warung. Bukan tanpa alasan, sebab di luar rumah potensi kita untuk tertular virus corona covid-19 akan semakin besar.

Oleh karena itu, saat membeli makanan di warung makan saat ini, dianjurkan untuk membungkus dan memakannya di rumah. Dengan, begitu kita akan lebih terhindar dari risiko tertular virus corona covid-19. Sebab, selain meminimalisir kontak dengan orang lain, di rumah kita juga akan menggunakan alat makan pribadi yang lebih terjamin kebersihannya.

Itulah 6 cara mencegah penularan virus corona covid-19 di warung makan. Kalian bisa menerapkan cara di atas jika memang terpaksa harus membeli makanan di luar. Tapi ingat, sebisa mungkin kurangi kegiatan di luar rumah yang tidak terlalu penting, agar lebih terhindar dari risiko penularan virus corona covid-19.

(kpl/psp/gen)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI