9 Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah Secara Alami dan Cepat

Penulis: Dita Tamara

Diterbitkan:

9 Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah Secara Alami dan Cepat
Ilustrasi (credit: dok. ahsapev.info)

Kapanlagi.com - Mempunyai masalah di wajah memang membuat kesal sebagian orang. Tidak hanya timbulnya jerawat, komedo, flek hitam, dan kerutan di wajah yang bikin menurunnya tingkat percaya diri. Namun, bruntusan yang muncul di area wajah juga juga menjadi mimpi buruk bagi setiap orang. Meskipun bintik-bintik kecil, hal ini cukup mengganggu dalam hal penampilan, maka dari itu kalian pun perlu tahu bagaimana cara mengatasi bruntusan di wajah.

Berbagai cara menghilangkan bruntusan menggunakan produk kecantikan rupanya tak kunjung menyelesaikan masalah. Bahkan sebagian orang, ada yang memiliki alergi pada produk tersebut hingga akhirnya menyebabkan iritasi kulit wajah.

Bruntusan sendiri dimana kondisi wajah terdapat bintik-bintik kecil berwarna kemerahan. Bruntusan tak hanya menurunkan estetika wajah, namun juga menimbulkan rasa gatal dan perih saat berkeringat. Sebagai solusinya, ada cara menghilangkan bruntusan pada wajah yang praktis dan bisa menggunakan bahan-bahan alami.

1. Madu

Bahan alami yang satu ini memang tidak bisa diragukan lagi akan manfaatnya. Madu dikenal sangat baik dalam menuntaskan permasalahan di kulit termasuk cara menghilangkan bruntusan.

Tidak hanya jerawat dan kulit kusam saja, bahan alami ini juga bisa digunakan untuk membersihkan bruntusan pada wajah. cara menghilangkan bruntusan dengan madu bisa dilakukan dengan: mencuci muka terlebih dahulu, oleskan madu hingga merata pada wajah, lalu diamkan selama 30 menit, setelah itu bilas menggunakan sabun hingga bersih. Lakukan cara ini setiap harinya untuk hasil yang memuaskan.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Tomat

Tomat dipercaya dapat membantu menghilangkan bruntusan dengan cepat. Selain harganya yang terjangkau, tomat juga sangat mudah untuk ditemui. Oleh sebabnya, menggunakan tomat sebagai cara menghilangkan bruntusan sangatlah efektif.

Cara menghilangkan bruntusan menggunakan tomat juga terbilang mudah. Langkah pertama yaitu dengan menghaluskan tomat menggunakan blender. Setelah itu aplikasikan pada area wajah seperti menggunakan masker. Diamkan masker tomat selama 15 menit, kemudian bilas wajah hingga bersih. Hal ini akan menghilangkan bruntusan secara cepat jika kalian menggunakan secara rutin.

3. Es Batu

Es batu adalah salah satu cara menghilangkan bruntusan yang cukup efektif. ES batu memberikan sensasi dingin di wajah sehingga akan mengurangi rasa gatal akibat bruntusan. Cara menghilangkan bruntusan dengan es batu cukup ampuh dan patut kalian coba.

Cara menghilangkan bruntusan menggunakan es batu juga cukup dengan mengaplikasikan es batu pada seluruh area wajah dan rasakan sensasi dinginnya. Hal tersebut akan membantu mengurangi kemerahan pada kulit wajah.

4. Oatmeal

Siapa sangka jika oatmeal dapat membantu menghilangkan bruntusan secara cepat. Bahan alami yang satu ini sangat cocok untuk kalian yang berkulit sensitif. Kandungan antiinflamasi pada oatmeal dapat menyembuhkan peradangan akibat bruntusan.

Pertama-tama yang perlu dilakukan yaitu haluskan oatmeal dengan blender, setelah itu campurkan dengan air hangat, lalu gunakan campuran tersebut dengan cara digosok dan dipijat secara perlahan selama 10-15 menit. Kemudian bilas dengan bersih.

5. Cuka Apel

Wajah yang bruntusan cukup parah, dapat dihilangkan menggunakan cuka apel.  Zat asam asetat yang terkandung di dalam cuka apel dikenal baik untuk meredakan peradangan dan infeksi pada kulit.

Oleskan cuka apel menggunakan kapas di area kulit yang bruntusan. Diamkan selama beberapa menit sebelum kapas diangkat. Ulangi perawatan ini dua sampai tiga kali sehari. Lakukan secara rutin hingga bruntusan di wajah kalian benar-benar hilang.

6. Putih Telur

Putih telur dipercaya dapat menghilangkan bruntusan. Mungkin sebagian orang sudah banyak menggunakan putih telur untuk mengencangkan kulit dan menghilangkan komedo. Memang sudah tidak diragukan lagi berbagai manfaat baik dari putih telur.

Pisahkan putih telur dengan kuningnya, kemudian kocok sebentar hingga berbuih. Kemudian oleskan langsung ke bagian wajah yang bruntusan atau ke seluruh wajah. Diamkan sekitar 30 menit. Setelah itu bilas wajah menggunakan air bersih.

7. Teh Hijau

Teh hijau sangat efektif mengatasi masalah kulit wajah seperti bruntusan.Manfaat teh hijau untuk menghilangkan bruntusan ini dikarenakan teh tersebut diperkaya oleh zat antioksidan yang baik untuk merawat kesehatan kulit. Selain itu, mengonsumsi teh hijau ternyata dapat melangsingkan tubuh.

 

8. Lidah Buaya

Lidah buaya tidak hanya baik untuk perawatan rambut, namun lidah biaya juga memiliki manfaat untuk kesehatan kulit. Efek dingin yang terdapat pada lidah buaya mampu meredakan rasa gatal akibat bruntusan. Lidah buaya yang kaya akan vitamin E ini, ampuh mengatasi luka bakar dan gatal akibat iritasi.

Cara menggunakannya pun cukup mudah, kalian hanya perlu mengaplikasikan gel lidah buaya di area yang gatal, setelah itu biarkan hingga kering, kemudian bilas dengan hingga bersih.

9. Minyak Zaitun

Cara menghilangkan bruntusan secara ampuh dengan menggunakan minyak zaitun. Cukup campur minyak zaitun dengan madu secukupnya dan oleskan campuran tersebut di area wajah yang bruntusan. Setelah didiamkan untuk beberapa saat, bilaslah dengan air bersih. Gunakan langkah ini secara rutin hingga mendapatkan hasil yang diinginkan.

Selain cara menghilangkan bruntusan dengan cara di atas, ada baiknya kalian juga mengimbangi dengan sering membersihkan wajah, rutin memakai pelembab, serta mengompres wajah menggunakan air dingin. Semoga bermanfaat.

 

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending