Kaya Akan Gizi, Ini 7 Alasan Tempe Disebut Bisa Cegah Virus Corona Covid-19

Rabu, 22 April 2020 14:44 Penulis: Dhia Amira
Kaya Akan Gizi, Ini 7 Alasan Tempe Disebut Bisa Cegah Virus Corona Covid-19
Tempe (credit: Shutterstock)


Kapanlagi Plus - Tempe merupakan salah satu makanan Indonesia dan sangat digemari oleh masyarakatnya. Tempe adalah makanan yang terbuat dari biji kacang kedelai yang di fermentasi menggunakan kapang atau jamur, untuk merekatkan biji kacang kedelai tersebut. Sehingga biji kacang kedelai memadat dan menjadi sebuah tempe.

Makanan ini memiliki banyak kandungan baik dalam tubuh, dan dunia telah mengakui bahwa tempe adalah makanan yang sehat. Banyak pula vegetarian di dunia yang menggunakan tempe sebagai makanan pengganti daging yang enak dan juga sehat. Itulah yang menjadi alasan tempe dapat mencegah virus corona covid-19.

Selain menggunakan kacang kedelai, ternyata tempe juga dapat terbuat dari bahan kacang lain loh. seperti tempe gembus yang terbuat dari ampas tahu di Yogyakarta dan dari ampas gude di Lombok dan juga Bali. Ada pula tempe yang terbuat dari biji kacang hijau di Yogyakarta, lalu tempe yang terbuat di biji kacang parang.

Kemudian tempe menjes yang terbuat dari kacang tanah dan kelapa yang ada di Malang, Tempe bongkrek dari bungkil kapuk dan ampas kelapa yang terkenal di banyumas serta masih banyak lagi tempe-tempe yang terbuat dari biji kacang lain selain biji kacang kedelai. Untuk itu dilansir dari berbagai sumber, inilah alasan tempe dapat mencegah virus corona covid-19.

 

1. Memiliki Antioksida

Alasan tempe dapat mencegah virus corona covid-19 yang pertama yaitu, di dalam tempe terdapat antioksida yang kuat dibandingkan dengan kacang kedelai yang masih utuh. Hal itu karena proses fermentasi yang telah dijalani oleh tempe dan membuat tempe memiliki kandungan antioksida yang sangat kuat. Zat antioksida di dalam tempe merupakan jenis isoflavon yang memiliki 3 jenis yaitu daidzein, glisitein, dan genistein.

Antioksida sendiri berguna untuk menghentikan reaksi pembentukan radikal bebas sumber penyakit yang merusak organ. Radikal bebas merupakan suatu zat asing yang dapat masuk ke dalam tubuh dan merupakan sel dalam tubuh sama seperti virus corona covid-19. Itulah mengapa tempe bagus untuk dikonsumsi dalam menangkal virus corona covid-19.

2. Memiliki Asam Linolenat

Ternyata di dalam tempe terdapat asam lenolenat yang biasanya dikenal dengan omega 3 yang memiliki khasiat lebih tinggi dibandingkan dengan lemak lainnya. Asam linolenat berfungsi untuk melindungi dan mencegah rusaknya membran sel.

Fungsi membran sel sendiri yaitu untuk melindungi sel inti dari paparan luar dan benda-benda asing. itulah mengapa mengonsumsi tempe merupakan hal yang baik dilakukan. Kalian dapat menjadikan tempe sebagai makanan sehat untukĀ  mencegah virus corona covid-19.

3. Memiliki Vitamin B12

Alasan tempe dapat mencegah virus corona covid-19 selanjutnya adalah karena di dalam tempe memiliki kandungan vitamin B12. Biasa vitamin B12 hanya terdapat pada produk-produk hewani saja, tetapi ternyata tempe juga memilikinya. Vitamin B12 dapat berfungsi mengatur metabolisme serotonin, yang merupakan pengatur hormon dalam otak dan bertanggung jawab menstabilkan emosi serta memunculkan perasaan tenang dan bahagia.

Perasaan senang dan bahagia juga dapat meningkatkan sistem imun dalam tubuh, hal inilah yang mampu mencegah masuknya virus corona dalam tubuh. Naiknya sistem imun dalam tubuh juga dapat melindungi diri kita dari sel dan zat berbahaya yang akan masuk ke dalam tubuh. Bila kita memiliki sistem imun yang cukup maka virus corona covid-19 juga akan dapat dilawan dan mati begitu saja.

4. Mencegah Obesitas

Banyak yang telah mengetahui bahwa pasien corona covid-19 yang meninggal dunia bukan hanya karena masalah umur atau penyakit berat saja, tetapi juga di karena oleh obesitas atau berat badan berlebih. Dikutip dari Reuters, Profesor Jean-Francois Delfraissy yang merupakan ketua mengatakan bahwa, sebanyak 17 juta dari 67 juta warga Prancis secara serius berisiko dari virus corona karena usia, penyakit yang sudah ada sebelumnya, atau obesitas. Inilah mengapa mengurangi berat badan dan hidup dengan pola yang sehat sangat dibutuhkan saat ini.

Untuk menurunkan berat badan, kalian dapat mengonsumsi tempe sebagai pengganti dari daging. Di dalam tempe terdapat banyak gizi, serta tempe juga padat akan nutrisi. Karbohidrat yang mudah di cerna oleh tubuh membuat tempe menjadi makanan yang minim akan kalori jahat.

Tempe juga memiliki serat yang tinggi, itu dibuktikan dengan saat kita mengonsumsi sepotong tempe goreng 50 gram, sudah cukup untuk meningkatkan mutu gizi 200 g nasi. Itulah mengapa tempe akan lebih membuat kenyang dibandingkan dengan nasi.

5. Vitamin A

Alasan tempe dapat mencegah virus corona covid-19 lainnya yaitu, karena di dalam tempe terkandung vitamin A yang tentu saja baik untuk menangkal virus corona covid-19. Vitamin A juga dapat melindungi tubuh dari infeksi organisme asing, seperti bakteri patogen.

Vitamin ini akan meningkatkan aktivitas kerja pada sel darah putih dan antibodi di dalam tubuh, sehingga tubuh menjadi lebih kuat terhadap senyawa toksin maupun terhadap serangan mikroorganisme parasit, seperti bakteri patogen dan juga virus. Itulah mengapa tempe menjadi tempat untuk menambahnya produksi imun di dalam tubuh.

Tempe juga dapat menjadi alasan tepat untuk mencegah virus corona covid-19. Dengan mengonsumsi tempe secara rutin, kalian akan menjalani hidup yang lebih sehat. Bukan hanya untuk saja, tetapi kalian juga dapat mencegah virus masuk ke dalam tubuh.

6. Vitamin D

Selain vitamin A yang dapat meningkatkan sistem imun dalam tubuh, tempe juga memiliki kandungan vitamin D yang berfungsi untuk memperkuat sistem kekebalan di dalam tubuh. Hal ini di karena kan molekul aktif yang terdapat pada vitamin D berperan penting dalam metabolisme tulang, fungsi otot serta dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh, yang tentu saja untuk melawan beberapa penyakit.

Selain dari tempe kita juga bisa mendapatkan asupan vitamin D dari sinar matahari, itulah mengapa saat ini banyak yang memberikan pemahaman positif tentang bagaimana baiknya bila kita berjemur di situasi saat ini. Kalian dapat mencegah virus corona covid-19 menyerang tubuh dengan mengonsumsi tempe serta berjemur pada jam 10 pagi agar mendapatkan nutrisi dan kesehatan yang lebih.

7. Vitamin E

Dan alasan tempe dapat mencegah virus corona covid-19 terakhir yaitu karena di dalam tempe terdapat vitamin E. Bila vitamin A berfungsi sebagai penambah imun di dalam tubuh, maka vitamin E dapat menjaga sistem imun didalam tubuh agar tetap baik.

Vitamin E merupakan vitamin yang dapat dengan cepat larut di dalam lemak dan berperan sebagai antioksida yang berfungsi untuk mempertahankan membran sel. Karena hal tersebut vitamin E sangat dibutuhkan tubuh guna menjaga pembuluh darah agar terhindar dari kerusakan virus.

Itulah mengapa mengonsumsi vitamin E dapat mencegah virus corona covid-19. Dan untuk mendapatkan hal tersebut kalian dapat mengonsumsi tempe sebagai asupan vitamin E yang cukup untuk tubuh.

Itulah 7 alasan tempe dapat mencegah virus corona covid-19. Kalian dapat menjadikan tempe sebagai makanan pengganti daging yang sehat, serta kalian juga dapat mengonsumsinya secara rutin sebagai makanan untuk menjalankan pola hidup yang lebih baik.

(kpl/dhm/gen)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI