10 Makanan dan Minuman yang Perlu Dibatasi untuk Cegah Virus Corona Covid-19

Jum'at, 17 April 2020 13:33 Penulis: Dhia Amira
10 Makanan dan Minuman yang Perlu Dibatasi untuk Cegah Virus Corona Covid-19
Ilustrasi (credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Sudah banyak yang mengetahui bahwa virus corona covid-19 akan lebih cepat menyerang manusia yang memiliki riwayat sakit serius seperti diabetes, obesitas dan hipertensi. Ternyata ada beberapa makanan dan minuman yang memang harus di hindari, bukan hanya untuk pencegahan virus corona tetapi juga untuk kesehatan kita semua ke depan.

Makanan dan minuman ini tentu saja tak akan baik untuk kesehatan bila di makan secara berlebihan. Untuk itu, inilah beberapa makanan dan minuman yang harus di hindari untuk cegah virus corona covid-19 yang dilansir dari berbagai sumber.

 

 

 

 

1. Wafer Cokelat

Wafer cokelat masuk dalam makanan dan minuman yang harus kita hindari untuk mencegah virus corona covid-19. Dalam mengonsumsi 1 batang wafer cokelat berarti kalian sudah mengonsumsi gula sebanyak 10 gram di dalam tubuh. Bisa dibayangkan bila kalian mengonsumsi 5 hingga 7 batang wafer cokelat dalam sehari, dan secara rutin.

Maka gula akan menumpuk di dalam tubuh, yang akan menimbulkan penyakit diabetes, dan penyakit inilah yang dapat dengan cepat diserang oleh virus corona covid-19. Untuk itu, jangan menjadikan wafer sebagai camilan secara rutin. Kalian bisa menggantinya dengan makanan sehat seperti buah-buahan segar yang banyak mengandung vitamin.

2. Makanan Cepat Saji

Kita sudah tahu bahwa makanan cepat saji atau junk food merupakan makanan yang mengandung banyak kalori. Makanan ini dapat memicu terjadinya inflamasi dalam tubuh, inflasi merupakan peradangan yang dilakukan untuk melindungi tubuh dari serangan bakteri atau virus. Tetapi bila inflasi terus terjadi, maka hal tersebut akan berbahaya dan menyerang balik tubuh kita.

Pada penyakit tertentu, sistem kekebalan tubuh justru melawan sel-sel yang sehat yang mengakibatkan seseorang terkena kanker atau terserang penyakit auto imun. Maka dari itu, kalian harus mengurangi memakan makanan cepat saji dan konsumsi lah makanan sehat lain seperti tempe, ikan dan makanan kaya serat.

3. Susu Kental Manis

Tak jauh berbeda dari wafer cokelat, ternyata susu kental manis memiliki kadar gula mencapai 20 gram setiap takarannya loh. Maka dari itu tidak disarankan untuk menjadikan susu kental manis sebagai minuman, cukup hanya digunakan sebagai topping makanan saja.

Apa lagi di saat social distancing seperti ini, sebaiknya kalian menghindari mengonsumsi dalam jumlah banyak. Karena susu kental manis berbahaya bagi kesehatan dan dapat di serang dengan mudah oleh virus corona covid-19.

4. Minuman Soda

Makanan dan minuman yang harus dihindari selanjutnya yaitu minuman soda. Ternyata dalam minuman soda terdapat 25 gram gula dalam 1 kalengnya, dan itu merupakan takaran setengah dari kebutuhan gula harian normal manusia. Untuk itu, sangat tidak baik mengonsumsi soda dengan jumlah banyak.

Tak hanya dapat terserang penyakit serius kita juga akan terserang virus corona covid-19. Kalian bisa mengganti minuman soda dengan minuman lain seperti jus buah, teh herbal atau jahe hangat yang memang dapat memberikan kesehatan dan daya tahan tubuh untuk melawan virus corona covid-19.

5. Kopi

Ternyata kopi instan masuk dalam daftar makanan dan minuman yang harus kita hindari loh KLovers, karena di dalam kopi instan mengandung 12 gram gula dan itu tak akan baik untuk kesehatan. Bukan hanya dapat menimbulkan diabetes, kalian juga dapat terserang virus corona covid-19 dengan sangat cepat.

Bila memang kopi telah menjadi minuman rutinitas, kalian bisa menggantinya dengan minum kopi hitam menggunakan sedikit gula. Atau kalian bisa menggunakannya tanpa gula sama sekali, dan itu akan lebih baik untuk tubuh.

6. Gorengan

Makanan dan minuman yang harus dihindari selanjutnya yaitu gorengan. Di dalam gorengan terdapat banyak lemak yang mampu meningkatkan kolesterol jahat. Dan bila di konsumsi secara sering maka akan berdampak buruk pada penurunan sistem kekebalan tubuh.

Dilansir dari laman Boldsky, menghindari makanan yang digoreng akan membantu proses pembangunan kekebalan tubuh. Sehingga, makanan ini dapat dihindari saat kita butuh sistem kekebalan tubuh yang kuat di masa pandemi seperti saat ini.

7. Alkohol

Ternyata alkohol bukan hanya merusak tubuh, tetapi juga dapat menurunkan kekebalan tubuh loh KLovers. Diketahui bahwa dalam waktu 20 menit setelah mengonsumsi alkohol, sistem kekebalan tubuh akan ikut menurun sesuai dengan kondisi tubuh itu sendiri.

Dan tidak mengonsumsi minuman ini merupakan sesuatu hal yang baik di lakukan,karena bila sistem kekebalan tubuh menurun maka dapat dengan cepat seseorang terinfeksi virus corona covid-19.

8. Daging Merah

Ternyata daging merah masuk dalam salah satu makanan dan minuman yang harus di hindari loh KLovers. Karena daging merah juga bisa memicu reaksi berbahaya yang menyebabkan sistem imun melemah. Gula alami yang ada pada daging merah tidak bisa dicerna secara baik oleh tubuh, sehingga menyebabkan daya tahan tubuh melemah dan mudah terserang berbagai jenis penyakit.

Kalian bisa mengurangi makan daging merah dan di ganti dengan daging putih seperti ikan. Atau kalian bisa mengganti dengan makanan non daging seperti tempe, tahu atau oncom.

9. Makanan Kaleng

Dilansir dari The Daily Mail, makanan kaleng adalah salah satu makanan yang dapat menurunkan daya tahan tubuh. Sebab, dalam makanan kaleng banyak mengandung bahan-bahan yang tidak alami serta tidak sehat. Mengonsumsi makanan kaleng secara berlebih di saat pandemi virus corona akan sangat tidak baik, karena dapat menurunkan daya tahan tubuh yang membuat kita cepat terserang virus corona covid-19.

Kalian bisa mencari alternatif lain dengan memasak makanan sendiri menggunakan bahan-bahan yang masih segar. Selain sehat, itu juga dapat membantu memberikan vitamin dan daya tahan tubuh lebih untuk kita yang sedang melakukan social distancing.

10. Mentega

Makanan dan minuman yang harus dihindari terakhir yaitu Mentega. Asam lemak omega-6 yang biasanya terdapat dalam makanan seperti mentega dapat memperlambat metabolisme dalam tubuh. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients menemukan bahwa asupan omega-6 yang tinggi dapat meningkatkan resistensi insulin, yaitu suatu proses di mana tubuh kita mengubah karbohidrat menjadi lemak.

Hal ini dapat menimbulkan obesitas dan membuat diri kita cepat terserang virus corona covid-19, sudah diketahui bahwa obesitas masuk dalam penyakit yang dapat membuat virus corona covid-19 cepat berkembang dalam tubuh. Melambatnya metabolisme dalam tubuh setelah mengonsumsi mentega juga dapat dengan cepat terserang virus corona covid-19, dan hal ini harus dihindari pada situasi pandemi virus corona covid-19.

itulah 10 makanan dan minuman yang harus dihindari untuk cegah virus corona covid-19. Mengurangi bahkan menghindari makanan-makanan di atas akan sangat baik, bukan hanya agar terjauh dari virus corona covid-19 tetapi juga dapat membuat kita hidup dengan sehat.

(kpl/dhm/gen)

Reporter:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI