7 Buah yang Baik Dikonsumsi Pagi Hari, Cocok Jadi Menu Sarapan

Kamis, 09 April 2020 09:22 Penulis: Dita Tamara
7 Buah yang Baik Dikonsumsi Pagi Hari, Cocok Jadi Menu Sarapan
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Sarapan sering kali identik dengan sereal, nasi, maupun bubur ayam. Pentingnya sarapan membuat sebagian orang menyiapkan dengan seleranya masing-masing. Namun, alangkah baiknya jika kalian mengganti sarapan menggunakan buah-buahan segar.

Buah bagus dikonsumsi untuk sarapan karena buah mengandung serat dan sejumlah vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, sarapan ternyata berpengaruh pada sistem saluran pencernaan dan dapat memberi energi pada tubuh.

Adapun fakta lainnya dengan mengonsumsi buah untuk sarapan yakni meningkatkan proses detok, buah juga merupakan makanan pertama yang baik dalam keadaan perut kosong. Manfaat lainnya yaitu membuat tubuh cepat fokus, menurunkan berat badan, buah membuat kenyang, memperkuat jantung, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Jenis buah berikut ini merupakan buah yang baik dikonsumsi saat pagi hari. Apa saja buahnya? Mari kita intip beserta penjelasannya:

1. Pisang

Pisang merupakan buah yang kaya akan kandungan karbohidrat dan serat. Pisang juga merupakan buah yang mudah untuk ditemui. Sarapan menggunakan pisang dapat membantu menurunkan tekanan darah, sehingga baik dikonsumsi untuk penderita hipertensi.  

Mengonsumsi pisang untuk sarapan tidak membuat kalian cepat lapar. Kalian dapat mengonsumsi pisang dengan cara memakannya secara langsung, atau kalian dapat mengombinasikan dengan sereal atau oatmeal. Kombinasi tersebut yang membuat kalian akan merasa kenyang lebih lama.

2. Pepaya

Sarapan dengan buah pepaya akan membuat proses metabolisme tubuh berjalan dengan lebih baik. Mengonsumsi pepaya pada pagi hari dapat membantu melancarkan pencernaan kalian, masalah kesehatan mata, hipertensi, kanker usus, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Buah berwarna orange ini juga memiliki vitamin A,B, dan C dan kaya mineral seperti potassium, zat besi, fostor. Kandungan nutrisi ini membantu tubuh kalian berfungsi dengan baik. Apalagi jika dikonsumsi pada pagi hari. Kalian dapat memakan langsung pepaya segar atau bisa membuatnya menjadi smoothies.

3. Alpukat

Siapa yang tidak mengenal buah alpukat? Alpukat kaya akan kandungan karbohidrat dan membuat rasa kenyang bertahan lebih lama jika kalian mengonsumsinya.  Alpukat juga memiliki nutrisi di dalamnya yang akan menurunkan kadar kolesterol jahat, menyehatkan jantung, dan baik bagi penglihatan.

Fakta lainnya mengungkap, bahwa orang yang menyantap alpukat sebagai menu sarapan, akan mengalami peningkatan dalam sirkulasi darah dalam tubuh. Kalian dapat mengolah alpukat dengan cara mengkombinasikan alpukat dengan roti tawar, atau memakan langsung dengan campuran susu.

4. Buah Berry

Buah berry, merupakan buah-buahan yang kaya akan antioksidan. Antioksidan dalam buah berry dapat melindungi jantung. Buah berry juga terbukti dapat mengurangi peradangan, mencegah kolesterol, dan membantu menjaga kesehatan pembuluh darah.

Mengonsumsi buah berry pada pagi hari akan membuat kalian kenyang lebih lama. Hal ini karena kandungan serat yang banyak dalam buah berry. Selain antioksidan dan serat, buah berry juga mengandung vitamin C yang tinggi. Kalian dapat mengolah buah berry untuk sarapan di pagi hari dengan cara menambahkannya pada yogurt, sereal, atau oatmeal.

5. Kiwi

Buah kiwi memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Selain itu, kiwi juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi bagi penderita hipertensi. Kiwi juga mengandung banyak serat, bahkan lebih tinggi dibandingkan dengan buah pisang.

Kalian bisa mengonsumsi buah kiwi dengan cara mencampurkannya dengan buah lain, sehingga menjadi salad. Atau, juga bisa dibuat smoothies bersama dengan buah pisang dan strawberry. Manfaat lain mengonsumsi kiwi mampu meningkatkan sistem imun dan dipercaya dapat melawan penyakit.

6. Jeruk

Jeruk juga bisa menjadi menu sarapan di pagi hari. Kalian bisa mengkombinasikan jeruk dengan roti, atau membuatnya menjadi jus jeruk.  Sarapan menggunakan jeruk sangat baik, karena memiliki kandungan vitamin C paling tinggi, sehingga bisa membantu memenuhi kebutuhan vitamin C harian.

Selain mengandung vitamin C dan antioksidan, jeruk dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan paparan radikal bebas yang bisa menyebabkan penyakit. Oleh sebabnya, banyak keuntungan memilih jeruk untuk menu sarapan.

 

7. Apel

Buah apel memang mempunyai kandungan nutrisi yang melimpah dan menguntungkan bagi tubuh. Buah yang kaya serat ini dapat menjadi pilihan menu untuk sarapan karena ramah untuk kesehatan lambung. Selain itu, apel mengandung serat tinggi dan akan membuat perut kenyang dalam waktu lama.

Kalian dapat mengonsumsinya dengan cara dimakan langsung, dibuat jus, atau dijadikan salad buah.  manfaat apel sudah tidak perlu diragukan lagi bagi kesehatan tubuh kalian.

Nah, itu tadi merupakan buah yang bagus dikonsumsi di pagi hari. Jika kalian termasuk orang sibuk dan tidak ada waktu untuk sarapan, memilih mengonsumsi buah di pagi hari bisa menjadi pilihan yang tepat dan menyehatkan. Jadi, mulai sekarang jangan sepelekan untuk sarapan ya KLovers, karena jika perut kalian kosong, akan berdampak buruk pada kesehatan.

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI