7 Cara Mengatasi Gangguan Bipolar, Biasakan Piknik

Kamis, 12 Maret 2020 12:22 Penulis: Jevi Adhi Nugraha
7 Cara Mengatasi Gangguan Bipolar, Biasakan Piknik
Ilustrasi (credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Bipolar merupakan salah satu gangguan mental yang ditandai dengan perubahan suasana hati yang begitu fluktuatif dan drastis. Seseorang yang mengalami gangguan bipolar akan mengalami dua fase, yaitu fase mania (naik) dan fase depresi (turun).

Dalam fase mania atau naik pengidap bipolar akan merasakan keadaan enerjik, berkata cepat, penuh semangat disertai dengan gairah yang tinggi. Sebaliknya, orang yang mengalami gangguan bipolar pada fase depresi akan kehilangan mood saat menjalankan aktivitas sehari-hari, selain itu pada fase ini pengidap juga akan mengalami perasaan cemas, sedih, lemah dan lesu.

Gangguan bipolar apabila tidak segera dicegah atau diatasi akan menimbulkan efek yang sangat berbahaya. Pengidap bisa menyalahgunakan obat-obatan terlarang hingga mengakibatkan depresi berat dan bunuh diri. Sebelum terlambat, sebaiknya segera melakukan upaya-upaya pencegahan. Berikut ini beberapa cara mengatasi gangguan bipolar yang harus kamu tahu.

 

 

1. Olahraga Secara Rutin dan Teratur

Pepatah pernah mengatakan 'di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat', nampaknya kalimat ini masih relevan hingga saat ini. Seperti halnya gangguan bipolar, sangat perlu diatasi dengan menerapkan pola hidup sehat, salah satunya dengan rutin berolahraga. Melakukan olahraga secara teratur, 2-3 kali dalam seminggu dapat menekan resiko gangguan bipolar.

2. Biasakan Piknik

Semua manusia di dunia ini tentu memiliki permasalahan hidupnya sendiri-sendiri. Tak jarang berbagai macam rutinitas dan pekerjaan dapat membuat seseorang menjadi stres dan frustasi. Hal inilah yang terkadang membuat suasana hati cepat berubah-ubah, yang menyebabkan seseorang mengalami gangguan bipolar.

Nah, untuk itu sesekali pergilah berlibur dan menikmati hidup. Lupakan sejenak semua masalah serta problematika hidup yang sedang kamu alami. Pergi untuk piknik dapat membantu mencegah mengatasi gangguan bipolar, pasalnya liburan dapat memberikan efek bahagia yang baik untuk kesehatan mental.

3. Aktif Mengikuti Kegiatan Sosial

Seseorang yang mengidap bipolar akan sangat mudah merasa kesepian. Hal ini dipicu akibat perasaan sensitif yang meningkat, sehingga rentan merasa tersingkirkan. Oleh sebab itu, salah satu cara untuk mengatasi gangguan bipolar adalah dengan mengikuti kegiatan sosial di lingkungan sekitar.

Dengan mengikuti kegiatan di lingkungan sekitar, akan membuat kamu semakin terbuka dan diterima oleh lingkungan sekitar. Sehingga hal ini dapat mencegah kamu dari perasaan terisolasi dan tentunya bisa mengatasi gangguan bipolar.

4. Jangan Takut Mencoba Hal Baru

Salah satu cara mengatasi gangguan bipolar selanjutnya yaitu berani mencoba hal-hal baru yang positif. Tidak takut mengeksplore berbagai macam hal baru dapat menghindarkan kamu dari rutinitas yang menjenuhkan.

Sehingga kamu akan mendapatkan sensasi rileks serta tenang dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Selain itu, hal ini juga akan meningkatkan kreativitas serta menjauhkan dari pikiran-pikiran negatif, seperti yang sering dialami pengidap bipolar.

5. Menjaga Pola Makan

Selain olahraga secara rutin, kamu juga perlu menjaga pola makan yang sehat. Hal ini bisa dimulai dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan protein tanpa lemak dan sayur-sayuran.

Di samping itu kamu juga perlu menjaga pola makan yang teratur, konsep makan sebelum lapar, dan berhenti makan sebelum kenyang. Dengan pola makan sehat dan teratur serta diiringi aktivitas olahraga secara rutin seperti ini, dapat mengatasi bahaya gangguan bipolar.

6. Bersikap Terbuka

Orang yang mengalami gangguan bipolar akan sangat mudah marah, sering bersikap agresif secara fisik dan mengalami perubahan mood dengan cepat. Hal ini dikarenakan berbagai macam tekanan batin yang dihadapi karena sering bersikap tertutup hingga akhirnya merasa terisolasi.

Oleh sebab itu, bersikap terbuka dengan orang-orang terdekat serta lingkungan sekitar penting untuk dilakukan. Dengan bersikap terbuka, mau mencurahkan isi hati, dan berbagi dengan sesama dapat menghindarkan dari bahaya gangguan bipolar.

7. Perkuat Hubungan Dengan Keluarga

Bisa jadi pengobatan psikologis yang terbaik untuk mengatasi gangguan bipolar adalah keluarga. Menguatkan hubungan dengan sanak keluarga dapat membantu meringankan berbagai macam beban yang sedang dialami.

Keluarga merupakan salah satu benteng yang dapat mendorong seseorang untuk lebih kuat menjalani hidup. Sehingga dengan memperkuat hubungan dengan keluarga dapat menghindarkan kamu dari gangguan bipolar.

(kpl/jan/gen)



MORE STORIES




REKOMENDASI