7 Cara Mengatasi Kulit Kering Secara Alami

Jum'at, 01 Mei 2020 16:44 Penulis: Dhia Amira
7 Cara Mengatasi Kulit Kering Secara Alami
Ilustrasi (credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Memiliki kulit kering memang sangat mengganggu penampilan. Banyak sekali faktor yang dapat membuat kita kulit kering, seperti jarang minum air putih, kurang makan sayur, hingga sering berada di ruangan ber-ac. Mungkin beberapa cara mengatasi kulit kering dapat dilakukan, tapi tidak akan bertahan lama ya KLovers. Karena mungkin saja kita bukan hanya merawat bagian luarnya saja, tetapi mungkin dari dalam juga harus kita perhatikan.

Dalam dunia medis, kulit kering disebut juga dengan xerosis. Dan kulit kering dapat terjadi pada bagian manapun di tubuh, tetapi yang paling rentan adalah tangan, wajah, dan juga kaki. Kulit kering juga dapat dialami oleh siapapun, tetapi yang lebih rentan adalah manula, itu karena para manula mengalami penurunan jumlah minyak sebagai pelumas alami kulit. Bila kulit kering yang terjadi tidak kalian rawat, maka akan rentan dengan penyakit kulit suatu saat nanti.

Penyakit tersebut seperti, infeksi bakteri, eksim, hingga retakan kulit yang berdarah. Sebelum itu terjadi, ada baiknya kalian merawat kulit dengan perawatan yang baik, seperti menggunakan krim atau mengonsumsi makanan yang dapat mengembalikan kelembapan pada kulit kita. Untuk itu, dilansir dari berbagai sumber, inilah 7 cara mengatasi kulit kering secara alami.

 

 

1. Perbanyak Minum Air Putih

Salah satu cara mengatasi kulit kering yaitu dengan perbanyak minum air putih. Karena, seseorang yang memiliki kulit kering hampir 70% dikarenakan mereka tak banyak mengonsumsi air putih. Dalam menjaga kelembapan kulit, maka kita membutuhkan asupan cairan yang cukup untuk tubuh dengan cara minum air putih secara rutin.

Kekurangan asupan cairan menjadi salah satu faktor yang membuat kulit kita kering, apalagi bila kita berada seharian di ruangan ac, maka dapat dipastikan kulit akan cepat kering. Maka dari itu asupan cairan harus lebih sering kita lakukan dengan cara perbanyak minum air putih. Kekurangan cairan dalam tubuh juga bukan hanya mempengaruhi kulit kering saja, tapi juga dapat membuat kulit terlihat lebih tua. Maka dari itu minum air putih secara rutin merupakan solusi yang baik.

2. Konsumsi Buah dan Sayur

Cara mengatasi kulit kering selanjutnya yaitu dengan mengonsumsi buah dan juga sayur. Karena di dalam buah dan sayur terdapat nutrisi yang dapat membuat kulit kita tetap sehat. Seperti buah lemon dan jeruk yang dapat memberikan kelembapan untuk kulit, lalu ada buah semangka yang mengandung banyak air sehingga kita tidak mudah untuk dehidrasi. Ada pula kiwi, apel, alpukat, tomat cherry yang semuanya dapat memberikan perawatan untuk kulit yang kering.

Tak berbeda dengan buah, sayuran juga dapat memberikan nutrisi pada kulit kita. Seperti sayur mentimun, bayam, wortel dan juga labu. Kalian juga dapat terus mengonsumsi buah secara rutin tanpa takut dengan efek samping. Selain memberikan kulit yang sehat mengonsumsi buah dan sayuran juga dapat memberikan kalian kesehatan yang lebih di dalam tubuh.

3. Mengonsumsi Kacang-Kacangan

Tak hanya dapat menjadi cemilan sehat, ternyata kacang juga dapat menjadi cara mengatasi kulit kering selanjutnya. Berbagai jenis kacang memiliki kandungan vitamin E yang dapat mencegah kerusakan pada sel-sel kulit. Lalu kandungan omega 3 yang terdapat pada kacang juga dapat menjadi pelindung bagi skin barrier.

Itulah mengapa kacang menjadi salah satu bahan alami yang dapat memberikan kesehatan pada kulit. Kalian dapat mengonsumsi kacang sebagai cemilan untuk mengatasi kulit yang kering. Dan semua kacang dapat kalian konsumsi, seperti kacang almond, kacang mete, atau kacang lainnya yang bisa kalian konsumsi.

4. Mengonsumsi Telur

Cara mengatasi kulit kering selanjutnya yaitu dengan mengonsumsi telur. Dalam satu butir telur terdapat kandungan nutrisi seperti vitamin A, E, dan B5. Vitamin B5 memiliki kandungan yang dapat mendukung kesehatan fungsi kulit serta menjadi pelindung kulit. Telur juga mengandung Vitamin D dan sulfur yang membantu proses pembentukan kolagen, yang dapat membuat kulit kita terlihat lebih muda.

Kalian dapat mengonsumsi telur rebus saat sarapan pagi, atau saat makan malam. Karena telur memberikan banyak energi dan dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama di bandingkan dengan nasi, jadi kalian juga bisa melakukan diet sekaligus mendapatkan kulit yang sehat.

5. Mengonsumsi Ikan

Karena memiliki kandungan lemak omega 3 yang sama seperti kacang, ternyata ikan juga dapat mengatasi kulit yang kering loh. Kandungan omega 3 sendiri berguna untuk menjaga kelembapan kulit dan memperkuat fungsi skin barrier.

Ikan yang digunakan sebaiknya ikan tuna atau salmon ya KLovers, atau kalian juga bisa mengonsumsi ikan air tawar seperti ikan gabus, ikan lele, dan juga ikan patin yang baik untuk kulit. Itulah mengapa ikan dapat menjadi bahan alami yang dapat mengatasi kulit kering.

6. Ubi Manis

Ternyata ubi manis dapat menjadi cara mengatasi kulit kering loh. Karena dalam ubi manis terdapat kandungan beta karoten dan vitamin A yang berfungsi sebagai antioksidan dan mencegah kerusakan sel-sel kulit. Karena dapat mencegah kerusakan sel, maka ubi manis dapat menjadi solusi agar kulit terhindar dari penuaan dini.

selain itu ubi manis juga dapat mencegah kekeringan pada kulit. Kalian bisa mengonsumsi secara langsung untuk mendapatkan manfaatnya, atau kalian bisa menjadikan ubi manis sebagai masker untuk wajah dan juga kulit yang kering. Caranya cukup mudah, kalian hanya perlu menghaluskan ubi manis menjadi seperti bubur cair. Kemudian kalian bisa langsung mengoleskannya pada kulit yang kering.

7. Rajin Mengonsumsi Madu

Cara mengatasi kulit kering yang terakhir yaitu dengan menggunakan madu. Sudah sejak lama madu telah menjadi bahan untuk melembabkan kulit yang kering secara alami, dan bukan itu saja madu juga dapat melembabkan bibi yang kering. Itulah mengapa mengonsumsi madu dapat membantu memberikan nutrisi pada kulit. Kalian juga bisa menjadikan madu sebagai masker di wajah atau tangan, agar kulit dapat menjadi lembab.

Itulah 7 cara mengatasi kulit kering secara alami, kalian dapat langsung mengonsumsinya atau menjadikan bahan-bahan di atas sebagai masker di kulit yang kering. Perlu diingat bahwa, cara di atas merupakan cara yang alami jadi perlu kesabaran dan konsistensi agar mendapatkan hasil yang maksimal. Selamat mencoba.

(kpl/dhm/gen)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI