7 Cara Mengatasi Rambut Rontok, Pakai Bahan Alami

Penulis: Dita Tamara

Diperbarui: Diterbitkan:

7 Cara Mengatasi Rambut Rontok, Pakai Bahan Alami
Cara mengatasi rambut rontok (credit: freepik)

Kapanlagi.com - Memiliki rambut sehat yang bebas rontok adalah impian semua orang. Tetapi, untuk mendapatkannya tidak semudah yang di kira. Masalah rambut rontok memang susah susah gampang di atasi. Berbagai cara mengatasi rambut rontok dilakukan demi menghasilkan rambut yang sehat.

Sebetulnya, ada beberapa faktor yang melatarbelakangi seseorang memiliki rambut mudah rontok. di antaranya adalah kehamilan, stres, pengaruh hormon, penyakit tertentu, obat-obatan, kebiasaan makan yang tidak sehat, hingga faktor usia. Tidak hanya itu saja, pemakaian catok atau hair dryer yang terlalu sering dapat memicu kerontokan pada rambut.

Berbagai cara mengatasi rambut rontok seperti pembelian produk-produk rekomendasi untuk rambut rontok juga sudah dilakukan. Namun hal tersebut tak kunjung berhasil. Ada cara aman untuk mengatasi rambut rontok dengan cara alami dan tentunya sangat mudah dilakukan. Kira-kira bahan alami apa saja yang digunakan mengatasi rambut rontok? Simak ulasannya berikut ini:

 

1. Teh Hijau

Gunakan teh hijau sebagai salah satu cara mengatasi rambut rontok. Teh hijau dapat menumbuhkan rambut yang botak tanpa menimbulkan efek samping. Cara pemakaiannya cukup dengan seduh teh hijau dengan air hangat dan gunakan untuk membasahi kepala. Diamkan kurang lebih satu jam. Setelah itu, bilas dan keramas hingga bersih.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Lidah Buaya

Cara mengatasi rambut rontok secara alami bisa menggunakan lidah buaya. Kandungan banyak nutrisi yang ada pada lidah buaya mampu membuat rambut jadi lebih sehat, kuat dan merangsang pertumbuhan pada kulit kepala. Melakukan treatment menggunakan lidah buaya secara rutin dapat dengan cepat mengatasi rambut rontok.

Cara nya cukup mudah, pertama basahi rambut, setelah setengah kering usap daging lidah buaya secara merata ke kulit kepala, biarkan selama 20 menit. Setelah itu keramas dan bilas dengan bersih. Ada baiknya lakukan 2 kali dalam seminggu.

3. Jeruk Nipis

Selanjutnya cara mengatasi rambut rontok menggunakan jeruk nipis. Dengan beberapa buah jeruk nipis, terbukti ampuh dalam merawat rambut yang rontok secara berlebihan.

Berikut ini merupakan cara treatment menggunakan jeruk nipis. Pertama, iris jeruk nipis menjadi dua bagian, usapkan pada kulit kepala, setelah itu diamkan selama 15 menit. Kemudian bilas dengan cara keramas hingga bersih. Selain mengatasi rambut rontok, jeruk nipis juga bisa mengusir ketombe.

4. Bawang Merah

Bumbu dapur yang satu ini terbukti khasiatnya dalam mengatasi rambut rontok. Selain itu bawang murah juga mampu menumbuhkan rambut yang rontok secara alami.

Cara nya cukup mudah. Kalian hanya perlu menyiapkan satu siung bawang putih lalu haluskan. Oleskan pada kulit kepala selama beberapa menit lalu bilas. Jangan terlalu lama karena bisa membuat kulit kepala menjadi bau.

5. Minyak Kemiri

Kemiri yang dikenal sebagai penyedap makanan ini, ternyata memiliki manfaat mengatasi rambut rontok. Selain itu, kemiri juga sangat baik digunakan untuk penyubur rambut dan menghitamkan rambut sehingga rambut terlihat begitu sehat.

Cara membuat minyak kemiri pertama-tama bakar kemiri, setelah itu tumbuk sampai halus hingga mengeluarkan minyak, usapkan minyak kemiri pada rambut, bilas dan keramas. Lakukan secara rutin 2 kali dalam seminggu.

6. Minyak Kelapa

Minyak kelapa merupakan cara ampuh yang dapat mengatasi rambut rontok. Minyak kelapa juga sudah dipercaya turun-temurun mengurangi rambut rontok. Caranya cukup mudah, kalian hanya mengoleskan minyak kelapa sebelum atau sesudah keramas tergantung kondisi kulit kepala. Jika kalian punya kulit kepala berminyak, kalian bisa menggunakannya beberapa jam sebelum keramas.

7. Alpukat

Alpukat memiliki kandungan protein yang sangat efektif untuk menguatkan rambut dan memberikan nutrisi yang tepat. Selain mampu menguatkan, alpukat juga mampu membantu menumbuhkan rambut. Caranya dengan menghaluskan buah alpukat, kemudian oleskan pada rambut serta kulit kepala, lalu diamkan selama 20 menit. Setelah itu bilas dengan keramas hingga bersih

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending