7 Cara Menjaga Kesehatan di Hari Raya Idul Fitri

Selasa, 04 Mei 2021 10:22 Penulis: Dhia Amira
7 Cara Menjaga Kesehatan di Hari Raya Idul Fitri
Ilustrasi (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Hari raya Idul Fitri merupakan momen membahagiakan dan ditunggu-tunggu oleh seluruh umat muslim di dunia. Tidak heran bila hari raya Idul Fitri, atau bisa dibilang sebagai salah satu hari raya kemenangan menyuguhkan banyak sekali makanan enak. Tidak hanya di Indonesia saja, namun juga seluruh dunia.

Walaupun terlihat menyenangkan, namun nyatanya hal ini juga bisa tidak baik untuk tubuh loh KLovers. Bagaimana tidak, kita akan banyak mengonsumsi makanan dan minuman manis, makanan berlemak tinggi seperti daging dan santan, hingga makan dengan porsi yang banyak dan besar. Sehingga hal ini akan membuat tubuh kalian yang telah sehat saat berpuasa akan sia-sia.

Nah, untuk kalian para KLovers yang tetap ingin menjaga kesehatan tubuh karena telah berpuasa dengan baik selama sebulan ini. Berikut ada beberapa cara yang dapat kalian lakukan dalam menjaga kesehatan di Hari Raya Idul Fitri. Yuk langsung saja dicek KLovers.

 

1. Hindari Konsumsi Gula Berlebihan

Cara menjaga kesehatan di hari raya idul Fitri yang pertama yaitu dengan mengurangi bahkan menghindari konsumsi gula yang berlebih. Yup! Biasanya kita akan lebih banyak mengonsumsi minuman gula dibanding pada hari biasa ketika lebaran. Mengapa begitu? Itu karena selain kita menyajikan sendiri minuman dingin dan manis tersebut, kita juga akan banyak disuguhkan banyak minuman dingin dan manis ketika bersilahturahmi.

Bila ini terus dibiarkan, tentu hal ini akan tidak baik ya KLovers. Karena dengan mengonsumsi banyak minuman manis, maka berat badan akan bertambah. Dan lebih parahnya lagi, kondisi gula darah kalian akan tinggi yang dapat mengakibatkan diabetes. Sehingga dengan mengurangi bahkan menghindari minuman manis dan makanan-makanan manis, maka kalian menjaga tubuh dengan lebih baik.

 

2. Makan dengan Perlahan dan Tidak Berlebihan

Kemudian cara menjaga kesehatan di hari raya Idul Fitri yang selanjutnya yaitu dengan mengonsumsi makanan secara perlahan dan tidak berlebihan. Saat lebaran ada banyak sekali jenis makanan enak yang dapat kita makan dengan bebas tanpa batas. Mulai dari makanan yang kita buat sendiri, hingga makanan yang disuguhkan ketika kita bertamu di rumah orang lain.

Namun dengan mengonsumsi makanan secara berlebih dan tidak perlahan, tentu ini tidak baik ya KLovers. Terutama untuk kesehatan tubuh kalian sendiri. Itu karena, dengan mengonsumsi makanan dalam jumlah besar dan tidak perlahan akan memperburuk sistem pencernaan kalian. Bagaimana tidak, selama sebulan puasa, makan dalam porsi kecil dan di waktu tertentu, saat hari raya diserbu dengan banyak makanan dan dilakukan terus-menerus.

Tidak heran bila saat seperti ini banyak orang yang terganggu sistem pencernaannya. Bahkan mereka akan merasa mual, dan berat badan naik secara drastis. Kalau dibiarkan begitu saja, hal itu tentu tidak baik untuk kesehatan tubuh.

 

3. Makan Seimbang

Siapa sih yang tidak senang disajikan dengan banyak makanan manis dan gurih seperti kue, bolu, daging, opor, cemilan, dan masih banyak lagi. Sehingga tidak heran bila saat hari raya Idul Fitri tiba, hal ini menjadi ajang bagi banyak orang menikmati makanan dalam jumlah yang besar.

Namun perlu diingatkan bahwa, dengan mengonsumsi makanan dalam jumlah yang besar dan terburu-buru akan membuat saluran pencernaan kalian terganggu. Sebelum hal tersebut terjadi, kalian harus mengonsumsi makanan dengan kadar yang seimbang. Seperti mengonsumsi sayuran dan buah-buahan selain mengonsumsi makanan manis dan daging.

 

4. Perbanyak Minum Air Putih

Selain mengonsumsi buah dan sayur, kalian juga bisa memperbanyak mengonsumsi air putih untuk cara menjaga kesehatan di hari raya Idul Fitri. Dibanding melepaskan dahaga dengan mengonsumsi minuman manis secara berlebih, ada baiknya kalian barengi dengan mengonsumsi air putih.

Selain sehat dan dapat memperlancar pencernaan, mengonsumsi air putih juga dapat mengembalikan elastisitas kulit yang kering saat berpuasa kemarin karena kekurangan cukup banyak cairan di dalam tubuh.

 

5. Istirahat yang Cukup dan Tidak Berlebihan

Selain makanan, cara menjaga kesehatan di hari raya Idul Fitri yang lainnya yaitu dengan beristirahat yang cukup namun tidak berlebihan. Saat bulan Ramadan tentu kualitas tidur kita akan sedikit berkurang. Hal ini karena kita akan banyak melakukan ibadah sholat malam, itikaf, tarawih, hingga sahur. Belum lagi aktivitas kita yang bekerja dan lainnya.

Sehingga saat hari raya Idul Fitri tiba kalian bisa menjaga kesehatan tersebut dengan beristirahat yang cukup namun tidak berlebih. Kalian juga bisa mengonsumsi vitamin agar daya tahan tubuh tetap stabil, apalagi pada musim pandemi covid-19 ini.

 

6. Kembali Mengatur Makan dengan Pola Normal

Tubuh memerlukan waktu untuk beradaptasi dengan pola makan normal. Akan lebih baik jika memulai kembali pola makan normal sehari setelah lebaran. Hal ini akan membantu kecukupan nutrisi di minggu-minggu setelahnya. Tentunya hal itu pun akan disesuaikan dengan usia dan kondisi kesehatan masing-masing individu ya KLovers.

 

7. Konsumsi Makanan yang Melancarkan Pencernaan

Dan cara menjaga kesehatan di hari raya Idul Fitri yang terakhir dengan mengonsumsi makanan yang dapat melancarkan pencernaan, seperti buah, sayur, dan yogurt. Karena dengan mengonsumsi probiotik saat lebaran, ini akan membuat bakteri baik dalam pencernaan tetap terjaga. Probiotik bisa ditemukan pada keju, yogurt, serta bawang.

Itulah 7 cara menjaga kesehatan di hari raya Idul Fitri yang perlu kalian ketahui. Jangan sampai setelah berpuasa selama sebulan penuh dan tubuh sudah merasa sehat, kalian jadi mudah untuk mengonsumsi banyak makanan yang tak sehat bagi tubuh.

 

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI