7 Cara Mudah Bangun Sahur saat Puasa Ramadhan

Rabu, 22 April 2020 12:22 Penulis: Nurul Wahida
7 Cara Mudah Bangun Sahur saat Puasa Ramadhan
Ilustrasi (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Saat akan menjalankan ibadah puasa Ramadhan sebaiknya lakukan makan sahur untuk memperoleh banyak manfaat. Selain menjalankan amalan sunnah yang dapat memperoleh berkah, manfaat sahur juga baik untuk tubuh selama puasa Ramadhan.

Puasa Ramadhan tentu menjadi ibadah yang sangat ditunggu seluruh umat muslim. Sebab, Ramadhan hanya terjadi sekali dalam satu tahun, Untuk itu hadirnya bulan Ramadhan pastinya memberikan kebahagiaan untuk umat Islam.

Seperti yang diketahui, jika bulan Ramadhan merupakan bulan penuh berkah dan ladang pahala. Baik amalan sunnah dan amalan wajib dapat memberikan berkah pahala yang lebih banyak dibanding bulan lainnya.

Dalam hal ini puasa Ramadhan menjadi amalan wajib yang harus dikerjakan oleh umat muslim. Diantara rangkaian saat menjalankan ibadah puasa Ramadhan salah satunya adalah sahur. Ya, sahur merupakan rangkaian puasa yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Selain dapat meningkatkan energi selama berpuasa, mengerjakan sahur juga dapat memperoleh berkah. Sebab, sahur masuk dalam amalan sunnah yang baik untuk dikerjakan.

Namun seringkali sebagian orang mungkin pernah mengalami kesulitan untuk bangun sahur. Waktu sahur memang dianjurkan dilakukan saat dini hari. Di mana waktu tersebut, membuat banyak orang malas bangun karena nyaman dengan tidur.

Lalu bagaimana cara mudah bangun sahur saat puasa Ramadhan?

Untuk kalian yang merasa kesulitan bangun sahur saat puasa ramadhan, jangan khawatir, karena ada cara mudah bangun sahur saat puasa Ramadhan yang bisa kalian terapkan. Berikut 7 cara mudah bangun sahur saat puasa Ramadhan, dirangkum dari berbagai sumber.

 

 

1. Niatkan untuk Sahur

Pastinya yang harus dilakukan agar mudah untuk bangun sahur saat puasa Ramadhan adalah dengan niatkan untuk bangun sahur. Sebab, dengan niat semua yang akan dikerjakan akan lebih maksimal, termasuk keinginan untuk bangun sahur agar ibadah puasa dapat optimal.

Sebaiknya niatkan sejak malam atau sebelum tidur untuk bangun sahur. Selain itu tanamkan dalam hati dan pikiran bahwa mengerjakan makan sahur sangat bermanfaat untuk tubuh dan dapat memperoleh berkah. Cara ini dapat membuat pikiran dan tubuh akan otomatis untuk bangun sahur.

2. Jangan Bergadang

Jangan bergadang menjadi salah satu cara mudah bangun sahur saat puasa Ramadhan. Sebab bergadang dapat membuat waktu tidur kalian berkurang dan akan sulit untuk bangun saat sahur.

Bergadang juga memiliki efek yang kurang baik bagi tubuh, diantaranya adalah mudah menguap, berpengaruh pada emosi, dan kemampuan otak. Selain itu berbagai risiko penyakit seperti diabetes, tekanan darah tinggi, kanker, dan jantung dapat terjadi.

Untuk itu sebaiknya hindari bergadang saat puasa Ramadhan agar ibadah puasa dapat dikerjakan secara maksimal dan tubuh tetap fit.

3. Tidur Lebih Awal

Cara mudah untuk bangun sahur saat puasa Ramadhan adalah dengan tidur lebih awal. Tidur lebih ini dapat kalian lakukan setelah mengerjakan ibadah sunnah sholat tarawih ataupun membaca Al Quran.

Setidaknya dengan tidur lebih awal akan membuat kalian mudah bangun saat sahur. Selain itu tidur yang cukup selama puasa juga dapat menjaga daya tahan tubuh tetap kuat. Sebaliknya jangan berlebihan untuk tidur, meskipun kegiatan ini nyaman dilakukan ketika puasa.

4. Hindari Makan Berat

Agar mudah untuk bangun sahur saat puasa Ramadhan sebaiknya kalian harus menghindari makan makanan berat. Makanan berat ini seperti nasi, kue, daging dan makanan yang mengandung tepung serta karbohidrat tinggi.

Usahakan tidak makan makanan berat sebelum tidur. Jika harus makan berat, setidaknya lakukan 2 jam sebelum tidur.

5. Pasang Alarm

Cara mudah bangun sahur saat puasa Ramadhan selanjutnya dapat kalian lakukan dengan memasang alarm. Selain memasang alarm, usahakan agar meletakkan jauh dari tempat tidur. Sebab, cara ini bisa membuat kalian terpaksa terbangun dari tempat tidur untuk mematikannya.

Namun ingat, setelah mematikan alarm, jangan kembali tidur meskipun waktu sahur masih sangat lama. Hal ini untuk menghindari agar tidak terlewat jam sahur untuk puasa Ramadhan.

6. Kurangi Minum Kafein sebelum Tidur

Minuman yang mengandung kafein dapat membuat kalian tetap terjaga. Sehingga akan menyulitkan untuk tidur saat malam hari. Mengurangi bahkan menghindari minuman kafein sebelum tidur bisa menjadi cara mudah untuk bangun sahur saat puasa Ramadhan.

7. Buat Jadwal Sahur

Cara mudah untuk bangun sahur saat puasa Ramadhan kalian dapat membuat jadwal harian untuk sahur. Jadwal ini berisi mengenai menu makan sahur, atau rencana makan bersama keluarga dan orang terdekat. Sebab, cara ini dapat membuat kalian benar-benar siap dan berkeinginan untuk bangun sahur dari jadwal yang sudah direncanakan.

Nah itulah 7 cara mudah bangun sahur saat puasa Ramadhan. Kalian dapat menerapkan berbagai cara tersebut agar dapat melaksanakan makan sahur. Selain itu selalu jaga kondisi tubuh dan memberi asupan sehat agar ibadah puasa dapat berjalan dengan optimal.

(kpl/nlw/gen)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI