8 Cara Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa Ramadhan, Hindari Makanan Seperti Ini

Penulis: Dita Tamara

Diperbarui: Diterbitkan:

8 Cara Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa Ramadhan, Hindari Makanan Seperti Ini
(credit: freepik)

Kapanlagi.com - Ketika berpuasa, bau mulut menjadi masalah besar bagi setiap orang, akibatnya orang menjadi tidak percaya diri ketika melakukan interaksi. Mulut memang cenderung kering karena tidak mengonsumsi air selama seharian. Kekeringan mulut tersebut menyebabkan bau yang tidak sedap pada mulut.

Penyebab bau mulut pada saat puasa dapat disebabkan karena tidak adanya makanan yang dikunyah, sehingga membuat produksi air liur berkurang. Oleh sebabnya, kondisi di dalam rongga mulut menjadi lebih kering dan muncul bau mulut. Hal ini dikarenakan air liur mengandung enzim yang dapat melawan bakteri di rongga mulut.

Namun, kalian cukup tenang, karena, untuk mengatasi masalah tersebut, kalian bisa melakukan beberapa cara sederhana seperti mengonsumsi berbagai jenis buah serta melakukan perawatan tertentu terhadap mulut. Selain itu, ada beberapa cara mengatasi bau mulut saat berpuasa. Apa saja tipsnya? Mari simak ulasan berikut ini:

 

 

1. Sikat Gigi dan Lidah

Menyikat gigi merupakan cara yang paling gampang untuk mengatasi bau mulut saat berpuasa. Sikat gigi bisa dilakukan minimal dua kali sehari agar tetap menjaga kebersihan gigi. Pada saat berpuasa, lakukan menyikat gigi setelah makan sahur dan sebelum tidur di malam hari.

Selain harus menyikat gigi, hal lain yang perlu diperhatikan adalah kalian juga harus menyikat lidah. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan bakteri dan sisa sisa makanan yang menempel pada lidah.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Berkumur dengan Baking Soda

Berkumur menggunakan baking soda merupakan cara mengatasi bau mulut saat puasa. Pada saat berkumur, tambahkan ¼ sendok baking soda. Ada baiknya kalian bisa menambahkan sedikit garam dan dua sendok air lemon.

Baking soda dan garam dapat menetralkan pH mulut kalian, sehingga kuman penyebab bau mulut menjadi cepat mati. Usahakan pada saat berkumur menggunakan air hangat.

3. Konsumsi Teh Hijau

Teh hijau memiliki manfaat yang tidak kalah menariknya. Cara mengatasi bau mulut saat puasa menggunakan teh hijau bisa kalian jadikan alternatif. Kandungan zat antioksidan yang terdapat pada teh hijau dapat meruntuhkan pertumbuhan bakteri yang menyebabkan bau mulut. Selain itu, teh hijau juga mengandung zat aktif yang bahkan bisa menghilangkan plak dari gigi.

4. Menggunakan Obat Kumur

Menggunakan obat kumur non-alkohol dapat membersihkan mulut dari bau yang tidak sedap. Setelah menggosok gigi, jangan lupa untuk berkumur dengan obat kumur. Fungsinya untuk membersihkan keseluruhan area mulut sehingga bakteri di dalam mulut dapat mati dan hilang. Hati-hati dalam pemilihan obat kumur yang beralkohol, sebab hal tersebut justru membuat mulut kalian menjadi kering.

5. Hindari Makanan yang Berbau Tidak Sedap

Selama bulan puasa, ada baiknya kalian menghindari makanan yang dapat menyebabkan bau mulut. Makanan tersebut seperti pete, jengkol, bawang mentah. Selain itu, kopi dan keju juga cenderung menimbulkan bau mulut. Oleh sebabnya, ada baiknya untuk menahan mengonsumsi makanan yang memiliki cita rasa kuat.

Namun, apabila saat sahur, kalian tetap mengonsumsi makanan yang dapat menimbulkan bau tidak sedap, tentu saja hal tersebut berpengaruh ke aroma mulut kalian. Sehingga hal tersebut sangat mengganggu aktifitas ketika berinteraksi dengan lawan bicara.

6. Hindari Tidur Berlebihan Saat Puasa

Cara mengatasi bau mulut saat puasa bisa dilakukan dengan menghindari tidur berlebihan. Pada dasarnya, kebanyakan tidur dapat menjadi menyebabkan bau mulut yang tidak sedap. Hal tersebut terjadi karena pada saat tidur menyebabkan mulut menjadi kering dan kurang air. Saat mulut kering, bau tidak sedap akan lebih mudah muncul.

7. Konsumsi Buah dan Sayur

Buah dan sayur selain memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, juga bisa mencegah bau mulut saat berpuasa. Selain itu, buah dan sayur secara alami juga dapat melindungi gigi dari plak. Selain itu, mengonsumsi buah pir, jeruk atau lemon, tomat, apel, dapat membantu mengatasi bau mulut supaya tetap percaya diri menjalani puasa.

8. Hindari Makanan yang Lengket di Gigi

Pada saat puasa, ada baiknya tidak mengonsumsi makanan yang membuat lengket di gigi. Hal tersebut berisiko membuat makanan yang lengket bertahan lama di mulut. Sehingga, berpotensi untuk terus menempel di gigi dalam jangka waktu lama. Hal tersebut dapat mengakibatkan pembusukan dan menyebabkan bau mulut.

Berbagai cara di atas dapat dilakukan untuk membantu mengatasi bau mulut saat puasa. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending