7 Manfaat Biji Selasih Bagi Kesehatan Tubuh, Menurunkan Kolestrol - Kesehatan Tulang

Senin, 04 Mei 2020 14:44 Penulis: Dhia Amira
7 Manfaat Biji Selasih Bagi Kesehatan Tubuh, Menurunkan Kolestrol - Kesehatan Tulang
ilustrasi (credit: Pixabay; instagram.com/erickk9_photoworks)


Kapanlagi Plus - Biji selasih merupakan pelengkap minuman yang biasanya di sajikan saat dingin, tetapi ada juga yang membuat selasih menjadi pelengkap untuk agar-agar atau puding. Selain menjadi pelengkap dari minuman atau agar-agar, ternyata manfaat biji selasih ada banyak loh. Dari untuk kesehatan yang cukup serius hingga manfaat untuk kecantikan saat kita mengonsumsi biji selasih.

Lihat: Informasi dan Jadwal Dokter Tulang di Jakarta.

Biji selasih sendiri merupakan biji dari salah satu tanaman bernama selasih. Uniknya, tanaman selasih sangat mirip dan masih satu keluarga dengan kemangi, yang membedakan adalah kemangi tidak memiliki biji, sedangkan tumbuhan selasih memiliki biji yang bermanfaat untuk kesehatan.

Sudah sejak lama biji selasih menjadi salah satu ramuan yang digunakan oleh masyarakat Cina dalam mengobati batuk dan juga flu. Selain itu, biji selasih juga telah lama dijadikan sebagai penyedap rasa dalam saus pesto di Italia.

Bukan hanya dapat menjadi penyedap untuk makanan, tetapi biji selasih juga dapat menjadi obat untuk berbagai macam kesehatan. Untuk itu, dilansir dari berbagai sumber, inilah 7 manfaat biji selasih bagi kesehatan yang perlu kamu ketahui.

 

 

1. Obat Flu

Manfaat biji selasih yang pertama yaitu dapat menjadi obat flu yang baik, karena di dalam biji selasih terkandung antioksidan flavonoid berupa vicenin dan beta karoten yang berfungsi untuk daya tahan tubuh. Kandungan tersebut bermanfaat untuk mematikan berbagai jenis bakteri dan virus penyebab penyakit. Seperti flu, batuk, dan juga sakit tenggorokan.

Memiliki kandungan coolant membuat biji selasih juga dapat menyembuhkan penyakit panas dalam. Itulah mengapa biji selasih selalu berada dalam minuman dingin, agar dapat mencegah panas dalam di dalam tubuh akibat cuaca yang panas.

2. Kesehatan Tulang

Manfaat biji selasih selanjutnya yaitu dapat memberikan manfaat untuk kesehatan tulang. Karena dalam biji selasih terdapat banyak kandungan mineral seperti, zat besi, kalium, tembaga, kalsium, yang bermanfaat untuk meningkatkan kepadatan mineral tulang.

Itulah mengapa, mengonsumsi biji selasih sangat baik untuk anak-anak hingga lansia, karena selasih dapat memberikan kepadatan tulang agar tidak mudah terkena penyakit tulang seperti esteoporosis.

3. Mengontrol Lambung

Karena memiliki kandungan coolant, membuat biji selasih bukan hanya dapat meredakan panas dalam, tetapi juga dapat meredakan asam lambung di dalam tubuh. Naiknya asam lambung membuat perut menjadi panas, dan akan sangat berbahaya bila kita juga mengonsumsi sesuatu yang panas seperti masakan pedas atau berminyak.

Jadi untuk mengatasinya harus menggunakan sesuatu yang dingin seperti biji selasih. Biji selasih dapat memberikan rasa sejuk dan meredakan asam lambung pada tubuh. Itulah mengapa biji selasih menjadi cara ampuh untuk meredakan asam lambung.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat biji selasih yang lainnya yaitu, dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Karena dalam biji selasih terdapat kandungan antioksidan berupa polifenol yang dapat menguatkan sistem imunitas di dalam tubuh. jadi bila kalian ingin meningkatkan sistem imunitas tubuh konsumsi lah biji selasih secara rutin agar mendapatkan hasilnya.

5. Menurunkan Risiko Stroke dan Jantung

Ternyata biji selasih juga dapat menurunkan risiko stroke loh KLovers. Karena biji selasih kaya akan serat dan antioksidan, serat yang ada di biji selasih berguna untuk menjaga jumlah kolesterol agar normal. Lalu antioksidan pada biji selasih yang berfungsi untuk melindungi pembuluh darah dan mencegah pembentukan plak yang dapat menimbulkan penyakit jantung.

Dan kedua manfaat tersebut berperan besar dalam menurunkan risiko stroke serta penyakit jantung. Itulah mengapa mengonsumsi biji selasih secara rutin dapat menurunkan risiko stroke dan juga jantung.

6. Memperlancar Sistem Pencernaan

Bila kalian memiliki sistem pencernaan yang buruk, maka mengonsumsi biji selasih adalah solusinya. Dalam biji selasih terdapat kandungan serat prebiotik yang memiliki fungsi untuk meningkatkan bakteri baik dalam usus. Bakteri-bakteri ini membantu dalam proses pencernaan serta mencegah penyakit pada saluran cerna akibat bakteri jahat.

Selain itu bagi wanita, biji selasih dapat berfungsi memberikan rasa kenyang yang lebih lama karena produksi hormon yang meningkat. Dan juga biji selasih dapat menjaga sistem pencernaan tetap baik, serta mengendalikan nafsu makan sehingga sangat baik untuk kalian yang ingin menjalankan program diet.

7. Merawat Kecantikan kulit

Dan manfaat biji selasih yang terakhir yaitu dapat merawat kecantikan kulit. Karena di dalam biji selasih terdapat kandungan antioksidan seperti senyawa polifenol, flavonoid, orientin, dan vicentin yang mampu memelihara kesehatan kulit dengan cara menangkal radikal bebas yang merusak sel-sel pada kulit. Karena bila radikal bebas merusak sel-sel kulit, terutama sel kulit wajah maka akan dapat memberikan keriput, flek hitam, serta penuaan dini.

Selain itu, biji selasih juga dapat melancarkan peredaran darah yang membuat kulit wajah tetap sehat. Dan kandungan omega 3 pada biji selasih juga dapat membuat kulit tampak lembap dan juga kencang.

Itulah 7 manfaat biji selasih yang baik bagi kesehatan tubuh. Tak hanya menjadi bahan untuk penyedap rasa saja, nyatanya biji selasih juga dapat memberikan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh dan juga kecantikan bagi wajah.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI