7 Manfaat Daun Afrika untuk Kesehatan Tubuh, Obat Flu - Cerahkan Kulit

Rabu, 20 Mei 2020 16:11 Penulis: Dhia Amira
7 Manfaat Daun Afrika untuk Kesehatan Tubuh, Obat Flu - Cerahkan Kulit
credit: iStockPhoto


Kapanlagi Plus - Daun afrika merupakan sebuah tumbuhan rambat yang berasal dari negara Afrika. Tumbuhan ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan juga wajah. Manfaat daun afrika sendiri dapat mengatasi masalah penyakit berat serta yang ringan. Selain itu daun afrika juga memiliki beberapa efek penting seperti, efek malaria, efek parasit, anti helmentik, anti viral, anti inflamasi, anti oksidan, dan masih banyak lagi.

Itulah mengapa daun afrika sering sekali digunakan untuk mengatasi berbagai macam penyakit di dalam tubuh. Dilansir dari berbagai sumber, inilah 7 manfaat daun afrika yang baik untuk kesehatan tubuh serta wajah, yang wajib kamu ketahui.

 

1. Mengobati Flu

Manfaat daun afrika yang pertama yaitu dapat mengobati flu. Dalam daun afrika terdapat kandungan anti flu serta anti inflamasi untuk menyembuhkan peradangan. Walaupun memiliki rasa yang sangat pahit, tetapi nyatanya daun afrika mampu mengatasi flu dengan sangat cepat.

Untuk mengatasi flu, kalian bisa merebus daun afrika dan meminum airnya. Dengan begitu flu yang sedang dialami dapat teratasi dengan baik.

2. Menurunkan Kolesterol

Manfaat daun afrika selanjutnya yaitu dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh. Hal ini terdapat pada Journal of Vascular Health and Risk Management yang mengatakan bahwa, daun Afrika dipercaya dapat mengurangi kadar kolesterol jahat LDL dalam darah hingga 50 persen dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

Hal itu karena, daun afrika dapat meningkatkan kadar HDL baik di dalam tubuh. HDL baik ini dapat membantu memelihara kesehatan jantung, stroke, dan penyakit Alzheimer. Dan itulah mengapa daun afrika dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

3. Mengobati Kanker

Selain dapat menurunkan kolesterol, ternyata manfaat daun afrika lainnya yaitu dapat mengobati kanker. Hal tersebut karena ekstrak daun Afrika terbukti dapat menurunkan kadar estrogen berlebih yang ada di dalam darah, terkait dengan peningkatan risiko kanker payudara.

Sebuah studi milik Jackson State University yang melakukan penelitian mendapati bahwa, ekstrak daun afrika memang terbukti untuk penyembuhan kanker payudara. Dan penelitian lain menyebutkan bahwa, daun afrika juga dapat membunuh sel kanker yang terdapat di area hidung dan tenggorokan.

4. Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat daun afrika yang selanjutnya yaitu dapat mencegah penyakit jantung. Hal tersebut karena, di dalam daun afrika terdapat kandungan linolenic acid (omega 3) dan linoleic acid (omega 6) yang sangat penting bagi tubuh. Karena kandungan ini dapat menurunkan risiko terserang penyakit jantung.

Kedua asam lemak, omega 3 dan omega 6 ini dapat melindungi diri dari penyakit jantung koroner, henti jantung mendadak, gagal jantung, gangguan pembekuan darah, dan mengurangi risiko aterosklerosis. Selain itu sifat anti peradangan dalam daun afrika juga dapat memberikan perlindungan terhadap penyakit neurodegeneratif.

5. Mengobati Malaria

Manfaat daun afrika yang selanjutnya yaitu dapat mengobati malaria. dalam daun afrika terdapat kandungan anti malaria dan plasmodik yang dapat memberikan penyembuhan serta mengurangi penyakit malaria di dalam tubuh. Masyarakat Afrika sendiri telah menggunakan daun afrika untuk menyembuhkan penyakit malaria sejak lama. Mereka akan menjadikan daun afrika sebagai jus atau membuat sari untuk meredakan dan menyembuhkan malaria di dalam tubuh.

6. Mengatasi Jerawat

Selain digunakan untuk berbagai macam penyakit, manfaat daun afrika juga bisa mengatasi masalah dalam kulit berjerawat loh. Banyak yang meyakini bahwa daun afrika dapat digunakan sebagai obat jerawat alami yang sangat ampuh. Hal itu karena, di dalam daun afrika terdapat kandungan yang mampu mengontrol minyak penyebab tumbuhnya jerawat dengan mengecilkan pori-pori wajah.

Selain itu daun afrika juga dapat menghilangkan bekas jerawat yang menghitam. Cara menggunakannya cukup mudah, kalian hanya perlu menghaluskan daun afrika lalu oleskan pada bagian yang berjerawat.

7. Mencerahkan Kulit

Selain dapat mengatasi kulit berjerawat, daun afrika juga dapat mencerahkan kulit wajah loh. Dalam daun afrika terkandung zat yang dapat mengangkat sel kulit mati sehingga dapat membuat kulit wajah menjadi cerah. Tak hanya itu saja, daun afrika juga dapat menghaluskan, melembabkan, serta memutihkan kulit.

Cara menggunakannya cukup mudah, kalian hanya perlu menghaluskan daun afrika dan beri sedikit olive oil. Setelah itu oleskan pada wajah dan diamkan selama 20 menit. Bila sudah, dapat langsung kalian bersihkan dengan air.

Itulah 7 manfaat daun afrika yang baik untuk kesehatan tubuh. Walaupun memiliki rasa pahit yang kuat, tetapi daun ini memiliki sejuta manfaat hebat untuk kesehatan dan kecantikan dalam tubuh.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI