7 Mitos Tentang Kucing yang Paling Populer dan Diyakini Banyak Orang

Jum'at, 30 Oktober 2020 13:33 Penulis: Nurul Wahida
7 Mitos Tentang Kucing yang Paling Populer dan Diyakini Banyak Orang
Mitos tentang kucing (credit: freepik.com/)


Kapanlagi Plus - Banyak digemari jadi primadona hewan peliharaan, rupanya ada sejumlah mitos tentang kucing yang cukup populer dan diyakini banyak orang. Mitos tentang kucing tersebut bahkan menjamur di berbagai negara dengan variasi masing-masing.

Kucing merupakan salah satu hewan berbulu yang menggemaskan dan imut hingga membuat cukup banyak orang jatuh hati dan favorit jadi binatang peliharaan. Ada berbagai jenis kucing dengan ciri khas masing-masing mulai dari bulu hingga perbedaan ukuran yang beragam. Sebut saja mulai dari kucing berjenis persia, kucing anggora,  kucing siam, kucing domestik, kucing sphynx, kucing Bengal ataupun kucing munchkin.

Dari semua jenis tersebut memiliki ciri khas berbeda yang membuatnya begitu menarik dan menggemaskan. Bukan saja menggemaskan dengan wajah yang imut, perawatan kucing terbilang cukup mudah dan anti ribet. Sebab itulah binatang berbulu ini jadi favorit banyak orang untuk jadi peliharaan. Selain itu tingkah menggemaskan kucing kerap jadi hiburan tersendiri bagi pemiliknya hingga mampu menaikkan mood kembali.

Kucing bahkan disebut sebagai hewan setia kepada majikan sampai muncul berbagai pemberitaan penuh haru mengenai kesetiaan kucing terhadap pemiliknya. Menariknya ada sejumlah mitos tentang kucing yang beredar luas di masyarakat bahkan diyakini kebenarannya. Mitos tentang kucing tersebut dapat terlihat dari tingkah laku kucing yang dikaitkan dengan peristiwa di masa mendatang.

Penasaran seperti apa saja mitos tentang kucing yang paling populer?

Untuk lebih lengkapnya mengetahui mitos tentang kucing yang paling populer dan diyakini banyak orang simak ulasannya di bawah ini.

 

 

 

 

1. Mitos Kucing Hitam

Mitos tentang kucing yang paling populer hingga diyakini kebenarannya oleh banyak orang salah satunya adalah tentang kucing hitam. Mitos kucing hitam ini tentunya cukup familiar bagi sebagian besar masyarakat tanah air yang populer cukup lama.

Di Indonesia kucing hitam kerap dikaitkan dengan berbagai peristiwa kehidupan manusia dengan beragam spekulasi yang beredar. Sebut saja seperti saat kucing disebut sebagai hewan yang dihubungkan dengan alam tak kasat mata sampai diyakini dapat mendatangkan nasib buruk. Karena mitos tersebutlah tak banyak orang mau memelihara kucing hitam karena dianggap bisa membawa nasib sial. Meski begitu hal tersebut hanya sebuah mitos yang belum pasti tentang kebenarannya.

 

 

 

 

2. Mitos Kucing Bernyawa Banyak

Selain mitos tentang kucing hitam yang diyakini banyak orang, beredar juga mengenai mitos kucing memiliki nyawa banyak atau sering disebut bernyawa sembilan. Mitos tersebut beredar dan populer di setiap negara termasuk Indonesia. Sebutan sebagai hewan bernyawa sembilan tersebut karena kucing terlihat sangat lihai menghindar dari berbagai macam bahaya berkat kepiawaiannya dalam melompat, menghindar ataupun mendarat.

Sehingga karena kemampuannya yang sangat lihai tersebutlah, kucing hampir jarang terluka hingga tetap bangkit meski tubuh telah lemah, tak heran jika mereka memiliki julukan sebagai hewan bernyawa banyak. Angka sembilan sendiri bermula dari anggapan orang Mesir yang meyakini angka tersebut sebagai pembawa keberuntungan. Begitu pula dengan orang Yunani Kuno yang menyebut angka sembilan pada trinitas angka keberuntungan.

 

 

 

 

3. Mitos Kucing Takut Air

Mitos tentang kucing yang paling populer dan diyakini banyak orang selanjutnya adalah mitos bahwa kucing takut air. Mitos kucing takut air ini cukup familiar di masyarakat dengan beragam peristiwa yang pernah mereka lihat serta alami sendiri. Mengenai mitos tersebut rupanya diketahui tak semua kucing takut dengan air. Melansir dari petsbest.com, disebutkan ada beberapa alasan kucing tidak menyukai tubuhnya terkena air.

Salah satunya yakni hal tersebut dikaitkan dengan pengalaman mereka baik hidup di wilayah yang cenderung basah hingga sering terpapar air ataupun sebaliknya dengan wilayah yang kering. Dalam hal ini saat melihat kucing terlihat membenci air hal tersebut terjadi karena mereka cenderung sejak kecil tak pernah terkena air hingga membuatnya membenci apabila tubuhnya basah. Begitu pula dapat terjadi saat mereka pernah mengalami hal buruk berkaitan dengan air.

 

 

 

 

4. Mitos Kucing Suka Susu

Dalam sejumlah tayangan film ataupun televisi tentunya tidak asing lagi melihat kucing yang diberi pemilik mereka minuman berupa susu sampai membuat kucing disebut sebagai hewan yang menyukai susu. Namun hal tersebut rupanya hanya terjadi saat kucing masih berusia kecil ataupun ketika mereka baru lahir yang diperoleh dari asi induknya.

Ya, seperti diketahui kucing merupakan hewan mamalia yang melahirkan dan menyusui. Namun pemberian susu pada kucing berusia dewasa sebaiknya dilakukan secara hati-hati karena memiliki dampak buruk bagi kesehatan kucing terutama pencernaan mereka.

 

 

 

 

5. Mitos Kucing Hewan Pemalas

Mitos tentang kucing yang paling populer dan diyakini banyak orang selanjutnya adalah mengenai kucing yang disebut hewan pemalas. Seringnya melihat kucing hanya menghabiskan sebagian waktunya untuk tidur membuat cukup banyak orang memberi julukan hewan berbulu ini sebagai pemalas.

Namun hal tersebut terjadi dengan alasan tertentu yang membuat mereka lebih banyak menghabiskan waktu dengan tidur. Salah satu alasannya yakni ternyata kucing memiliki waktu tidur cukup lama, selama 16 hingga 20 jam sehari seperti melansir dari mentalfloss.com. Akan tetapi meski terlihat tidur dan pemalas, kucing diketahui tidak tidur nyenyak karena tetap menggunakan indra mereka untuk bersiap menghadapi serangan dan bahaya.

 

 

 

 

6. Mitos Kucing Melihat Hantu

Mitos tentang kucing selanjutnya yakni mereka termasuk binatang yang dapat melihat hantu. Seperti diketahui binatang memiliki insting yang lebih kuat dari manusia hingga membuat mereka cukup peka terhadap berbagai hal termasuk dunia astral. Melansir dari liputan6.com bersumber dari penelitian yang dilakukan para ahli Biologi Universitas London, menyebutkan bahwa kucing memiliki kemampuan melihat sinar ultraviolet.

Sinar ultraviolet tersebut termasuk sinar yang tak dapat dilihat secara kasat mata oleh manusia serta dikaitkan dengan dunia metafisika. Saat melihat sinar ultraviolet tersebut, kucing biasanya akan menunjukkan perilaku aneh dan lain dari biasanya mulai dari pergerakan ataupun tiba-tiba mengeluarkan suara berbeda terutama pada lokasi tertentu. Namun hal tersebut hanya sebuah mitos yang kembali pada pribadi masing-masing untuk percaya ataupun sebaliknya.

 

 

 

 

7. Mitos Kucing Sama-Sama Hewan Pemburu

Mitos tentang kucing selanjutnya adalah mengenai binatang ini disebut sebagai sama-sama hewan pemburu. Ya, seperti diketahui kucing termasuk hewan karnivora pemakan daging yang sejenis seperti harimau ataupun singa. Harimau dan singa sendiri merupakan jenis kucing besar dikategorikan sebagai hewan pemburu alam liar.

Namun hal tersebut tampaknya berbeda dari kucing yang telah dijinakkan seperti kucing rumahan memiliki kemampuan berburu yang relatif kecil seperti melansir dari liputan6.com bersumber BBC Earth. Sebab kucing peliharaan tersebut telah dijinakkan, dirawat dan diberi makanan oleh pemiliknya hingga membuat mereka cenderung tak banyak berburu tikus sebagai makanan utama.

 

 

 

 

8. Makanan Sehat Kucing

Berbicara mengenai kucing rasanya tak lengkap jika tak membahas mengenai makanan kucing yang tentunya bisa jadi rekomendasi kalian untuk hewan kesayangan.Ya, kucing menjadi salah satu hewan karnivora pemakan daging yang memiliki gigi taring tajam dengan fungsinya untuk melumat makanan. Namun kini terdapat berbagai macam makanan kucing yang sudah diekstrak dengan beberapa nutrisi dan vitamin sehat salah satunya produk bernama Muezza.

(credit: muezzaindonesia.com)(credit: muezzaindonesia.com)

Produk Muezza ini merupakan makanan khusus kucing yang mengandung beberapa nutrisi penting untuk kesehatan pencernaan binatang berbulu menggemaskan ini seperti omega, taurin, ekstrak yucca schidigera, dan asam lemak esensial.

Nutrisi tersebut dapat diperoleh dalam satu bentuk makanan tanpa perlu bingung dan ribet menyiapkan keperluan untuk hewan kesayangan. Ada beberapa jenis makanan dari produk Muezza diantaranya seperti tuna flavor, mackerel flavor, salmon flavor dan oecean fish flavor yang sama-sama mengandung nutrisi yang baik bagi kucing. 

Beli Muezza di Shopee 

Beli Muezza di Tokopedia 

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI