Nggak Cuma Kecantikan, 10 Manfaat Alpukat Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Jum'at, 30 Oktober 2020 10:33 Penulis: Dhia Amira
Nggak Cuma Kecantikan, 10 Manfaat Alpukat Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui
Manfaat alpukat (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Alpukat menjadi salah satu buah yang populer untuk seseorang yang sedang diet. Memiliki tekstur yang lembut dan tidak memiliki rasa, membuat alpukat sering diolah dengan berbagai jenis makanan. Memiliki banyak sekali kandungan, tidak heran bila manfaat buah alpukat ini sangat banyak untuk kesehatan tubuh.

Bukan hanya dapat dikonsumsi saja, alpukat juga sering dibuat menjadi bahan utama untuk kecantikan kulit, wajah, hingga rambut. Kira-kira apa saja ya manfaat alpukat bagi kesehatan tubuh? Dilansir dari berbagai sumber, yuk langsung saja dicek KLovers.

 

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat alpukat yang pertama yaitu sangat baik dalam menjaga kesehatan jantung. Sudah menjadi rahasia umum lagi bila mengonsumsi alpukat dipercaya dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Hal ini karena alpukat memiliki kadar lemak tak jenuh yang cukup tinggi sehingga bermanfaat untuk mengurangi kolesterol darah dalam tubuh.

Lemak tak jenuh sendiri disebut sebagai lemak baik karena jenis lemak ini adalah lemak yang dapat meningkatkan kadar lemak sehat (HDL) di dalam darah. Dan mengurangi kadar lemak tak baik, seperti kolesterol hingga trigliserida. Penelitian menunjukkan bahwa kadar HDL yang tinggi di dalam darah dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung, kolesterol, dan kerusakan sel berlebih akibat peradangan.

 

2. Menjaga Kadar Gula Darah

Manfaat alpukat yang selanjutnya bagi tubuh yaitu menjaga kadar gula darah. Menjaga kadar gula darah di dalam tubuh memang sangat penting, hal ini karena gula darah yang tinggi mampu membuat seseorang terkena penyakit diabetes. Bahkan yang sudah mengalami penyakit diabetes pun harus menjaga pola makan, dan makanan apa yang harus dikonsumsi.

Karena bila salah makan akan membuat kadar gula darah menjadi naik. Dan untuk mengontrol gula darah agar tetap seimbang, kalian perlu mengonsumsi makanan sehat. Salah satu makanan tersebut yaitu alpukat, itu karena kadar lemak tak jenuh yang ada dalam alpukat.

Kadar lemak tak jenuh dalam alpukat ini justru baik untuk mengendalikan gula darah di dalam tubuh kalian. Bahkan alpukat juga baik untuk orang yang memiliki penyakit diabetes, karena bisa meningkatkan kinerja hormon insulin dengan menciptakan rasa kenyang setelah dimakan. Sehingga kadar gula dalam darah tetap terkontrol dengan baik.

 

3. Meningkatkan Kolesterol Baik

Meskipun dianggap berbahaya dan kerap dihindari, keberadaan kolesterol sebenarnya juga dibutuhkan untuk menunjang proses metabolisme tubuh. Karena kadar kolesterol baik yang normal berguna untuk perlindungan sel, karena kolesterol adalah lemak yang bersifat kaku, sehingga lebih ideal untuk menjaga keutuhan sel ketimbang jenis lemak lainnya dalam tubuh.

Bahkan selain sel, ada banyak sekali manfaat kolesterol untuk tubuh. Seperti, membantu memproduksi vitamin D, pembentukan hormon, pembentukan asam empedu, hingga menjaga fungsi otak. Dan untuk meningkatkan kadar kolesterol baik di dalam tubuh, kalian bisa menggunakan dari manfaat alpukat.

Itu karena beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa, mengonsumsi alpukat dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL), menurunkan trigliserida darah, serta meningkatkan kolesterol baik (HDL). Oleh sebab itu, bagi kalian yang memiliki kolesterol tinggi, mengonsumsi alpukat dapat dilakukan sebagai upaya untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh dan meningkatkan kolesterol baik.

 

4. Mencegah Kanker

National Institute of Health melaporkan bahwa pada tahun 2014, kanker adalah salah satu penyebab utama kematian di dunia yang merenggut lebih dari 8 juta jiwa. Hal tersebut terjadi karena pola hidup tidak sehat yang banyak di jalan oleh orang-orang saat ini.

Namun kalian bisa kok mengubah pola hidup sehat yang baik dengan mengonsumsi alpukat. Buah yang lembut ini juga dikenal dapat mencegah dan membantu penghentian pertumbuhan jenis kanker tertentu.

Sebuah studi di tahun 2010 menemukan bahwa alpukat mengandung karotenoid yang efektif dalam menghentikan pertumbuhan kanker tertentu, seperti kanker prostat serta kematian sel kanker tertentu, seperti kanker mulut dan lambung.

 

5. Meringankan Gejala Arthritis

Arthritis merupakan suatu kondisi peradangan sendi yang terjadi pada tubuh. Peradangan sendi ini dapat menyerang beberapa sendi sekaligus, dan tentu memiliki rasa nyeri yang luar biasa. Namun nyatanya alpukat dapat menjadi salah satu buah yang mampu meringankan gejala arthritis ini loh KLovers.

Kalian bisa mengonsumsi suplemen dari buah alpukat untuk menekan gejala pada pengidap arthritis. Disebutkan bahwa suplemen yang mengandung buah alpukat ini dapat mengurangi gejala radang sendi, terutama lutut dan pinggul.

 

6. Menurunkan Berat Badan

Bukan hal yang aneh bila alpukat menjadi salah satu buah yang mampu menurunkan berat badan di dalam tubuh. Banyak yang saat ini menjadikan alpukat sebagai buah yang dikonsumsi secara rutin bagi mereka yang sedang diet hingga pembentukan tubuh serta otot.

Meskipun sebagian besar kalori dalam alpukat berasal dari lemak, namun alpukat penuh dengan lemak sehat yang bermanfaat untuk mengendalikan kadar kolesterol serta membantu kalian tetap kenyang. Sehingga buah ini sangat cocok untuk kalian yang sedang dalam program diet.

Bahkan bila kalian rutin mengonsumsi alpukat, maka kalian juga akan mengonsumsi lemak sehat. dan lemak ini dapat mendukung kesehatan kulit, meningkatkan penyerapan vitamin, mineral, dan nutrisi penting yang larut lemak. Lemak sehat yang terkandung dalam alpukat juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

 

7. Baik untuk Perkembangan Otak Janin

Tidak hanya untuk orang dewasa saja, nyatanya manfaat alpukat juga sangat baik loh untuk kesehatan janin. Bahkan kesehatan tersebut sangat baik dalam perkembangan otak janin. Hal ini karena di dalam buah alpukat terdapat kandungan berupa klorin yang baik untuk perkembangan otak janin.

Dalam satu porsi alpukat terdapat 22 mg klorin yang cukup untuk mendukung kinerja otak janin dalam tumbuh kembangnya. Bahkan buah alpukat juga kaya akan asam folat, sehingga mendukung perkembangan organ vital janin dalam kandungan. Jadi bagi kalian ibu hamil, tak ada salahnya mengonsumsi buah alpukat dengan takaran yang tepat.

 

8. Kesehatan Mata

Nyatanya manfaat alpukat juga mampu memberikan kesehatan pada mata kalian loh KLovers. Yup! Bukan hanya wortel saja, alpukat juga dipercaya mampu memberikan nutrisi pada mata dengan sangat baik. Hal ini karena kandungan antioksidan seperti lutein dan zeaxanthin yang terdapat dalam buah alpukat.

Kandungan lutein dalam buah alpukat ini termasuk tinggi, yaitu 80 gram dalam satu ons. Lutein adalah antioksidan alami yang membantu menjaga kesehatan mata. Kandungan tersebut merupakan antioksidan karotenoid yang bisa menyaring cahaya biru yang berbahaya. Dan kemampuan ini membantu merawat sel sehat di dalam mata. Sehingga dengan mengonsumsi alpukat, dapat memberikan kesehatan yang baik untuk mata.

 

9. Baik untuk Pencernaan

Manfaat buah alpukat yang selanjutnya yaitu dapat mengatasi masalah pencernaan dan sangat baik untuk pencernaan kalian. Hal ini karena, alpukat sangat tinggi akan kandungan serat. Dan kandungan serat inilah yang mampu membuat sistem pencernaan menjadi lebih baik.

Selain itu lemak dalam alpukat dipercaya dapat menyehatkan lapisan usus, sehingga mengurangi risiko sembelit sekaligus mencegah gejala sindrom iritasi usus besar. Jadi bila kalian ingin memiliki pencernaan yang baik, maka dapat mengonsumsi alpukat.

 

10. Menurunkan Stres

Dan manfaat buah alpukat yang terakhir yaitu dapat menurunkan stres. Yup! Ternyata buah alpukat bisa menurunkan stres pada seseorang loh KLovers. Bila kalian sedang merasa sedih hingga depresi karena sesuatu, maka kalian bisa mengonsumsi buah alpukat.

Itu karena buah alpukat memiliki kemampuan untuk menurunkan tingkat stres. Karena alpukat mempunyai kandungan yang tinggi akan asam lemak omega 3, vitamin E, vitamin A, dan nutrisi penting lainnya. Asam lemak omega 3 ini juga bisa membantu meningkatkan suasana hati dan menurunkan stres, depresi serta kecemasan.

Itulah 10 manfaat buah alpukat bagi kesehatan yang jarang sekali diketahui. Bukan hanya enak untuk dikonsumsi saja, nyatanya buah alpukat juga memiliki banyak nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh kalian.

 

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI