11 Cara Menghilangkan Bau Kaki dengan Cepat, Ampuh dan Mudah Dilakukan

Penulis: Dita Tamara

Diterbitkan:

11 Cara Menghilangkan Bau Kaki dengan Cepat, Ampuh dan Mudah Dilakukan
Ilustrasi (credit: freepik)

Kapanlagi.com - Bau kaki memang menjadi masalah yang tidak bisa disepelekan. Hal ini lantaran banyak orang yang terganggu dengan aroma tak sedap tersebut. Bau kaki sendiri muncul ketika memakai sepatu tertutup dalam waktu lama. Nah, ketika membuka sepatu, bau kaki yang tercium akan membuat orang berpikiran jika kalian merupakan orang yang jorok dengan bau menyengat yang amat mengganggu. Pada dasarnya, bau kaki disebabkan oleh perubahan hormon yang menyebabkan produksi keringat naik, kurang menjaga kebersihan kaki maupun sepatu, banyak keringat, hingga stres berlebih.

Bau tak sedap pada kaki memang sangat mengganggu. Tak jarang orang mengeluh karena kesulitan bagaimana cara menghilangkan bau kaki dari sepatu, padahal sepatu tersebut sudah dicuci. Selain nggak percaya diri, bau kaki disebabkan karena keberadaan bakteri jahat karena permukaan kaki yang lembab.

Tapi, kalian nggak perlu khawatir karena ada sederet cara menghilangkan bau kaki yang bisa kalian coba sendiri di rumah. Yuk langsung saja simak ulasan lengkap berikut ini.

 

1. Garam

Cara menghilangkan bau kaki yang pertama kalian bisa memanfaatkan garam. Fungsi garam adalah untuk mengurangi kelembapan pada kaki dan juga membasmi bakteri penyebab bau kaki. Cara menghilangkan bau kaki menggunakan garam yaitu, cukup dengan mencampurkan garam ke dalam 1 baskom air hangat, lalu rendam kaki selama 20 menit.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Lemon

Cara menghilangkan bau kaki selanjutnya bisa menggunakan lemon. Lemon terbukti ampuh menghilangkan bau tak sedap lantaran lemon memiliki kandungan anti bakterial yang dapat membasmi bakteri penyebab bau pada kaki. Cara menggunakannya, kalian cukup menyiapkan 6 buah lemon yang siap diperas. Selanjutnya, campurkan perasan air lemon ke dalam 1 baskom air hangat. Lalu rendam kedua kaki kalian ke dalam baskom selama 15 menit.

 

3. Jeruk Nipis

Selain menggunakan lemon, kalian bisa menggunakan jeruk nipis untuk menghilangkan bau kaki. Kandungan kadar asam dan vitamin C yang tinggi pada jeruk nipis berguna sebagai anti bakterial yang sangat efektif. Cara menghilangkan bau kaki dengan jeruk nipis kalian bisa memotong 1 buah jeruk nipis menjadi 2 bagian. Oleskan jeruk nipis yang telah dibelah pada kaki secara merata. Jika sudah, diamkan selama beberapa menit lalu bilas hingga bersih.

 

4. Kantong Teh

Kantong teh menjadi bahan yang mudah dan murah digunakan untuk menghilangkan bau kaki. Kalian cukup menggunakan dua kantong teh hitam yang kemudian di rebus dengan satu liter air selama 15 menit. Setelah itu tambahkan 2 liter air dingin dan tuangkan dalam bak atau mangkuk besar. Asam yang dihasilkan dari kantung teh berguna untuk menutup pori-pori pada kaki sehingga bantu mengurangi jumlah keringat pada kaki. Sebaiknya, kalian rendam kaki selama 30 menit dan lakukan cara ini setiap satu minggu sekali.

 

5. Baking Soda

Baking soda sudah terbukti sebagai cara menghilangkan bau kaki yang menyengat. Selain untuk bahan makanan, manfaat baking soda menghilangkan bau pada kaki juga sangat ampuh. Cara menggunakan baking soda untuk menghilangkan bau kaki cukup dengan mencampurkan 1/4 gelas baking soda dengan air 1 baskom. Tunggu hingga baking soda larut. Kemudian rendam kaki selama 1 menit. Setelah selesai bilas dengan handuk bersih.

 

6. Tepung Maizena

Tak hanya baking soda, ternyata tepung maizena juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bau kaki yang ampuh. Karena teksturnya yang seperti bedak tabur dan sedikit lebih kering dari tepung lainnya, membuat tepung maizena dipilih untuk menghilangkan bau kaki. Cara menggunakan tepung maizena cukup mudah, yaitu dengan menaburkan tepung maizena pada kaki kalian seperti menggunakan bedak tabur.

 

7. Kopi

Di balik kenikmatan rasa kopi, ternyata kopi mempunyai manfaat menghilangkan bau kaki. Hal ini karena di dalam kopi terdapat zat antioksidan dan kandungan lainnya yang mampu mengangkat sel kulit mati dan menetralisir bau. Cara menghilangkan bau kaki menggunakan kopi yakni dengan mencampur kopi dengan air sedikit demi sedikit hingga berbentuk pasta kemudian balurkan pada kaki. Diamkan selama 15 menit lalu bilas.

 

8. Cuka

Cuka yang biasanya digunakan untuk bahan pada masakan tersebut juga dapat menghilangkan bau tak sedap pada kaki. Kandungan asam pada cuka dapat membasmi kuman yang menyebabkan masalah bau kaki. Untuk mendapatkan manfaat cuka, kalian bisa menyiapkan 1 gelas cuka, lalu siapkan 1 baskom air, dan campur cuka pada air yang telah disiapkan. Setelah itu, rendam kaki dalam baskom selama 15 menit.

 

9. Obat Kumur

Obat kumur yang selama ini digunakan untuk membersihkan mulut, ternyata terbukti ampuh untuk membantu menghilangkan bau kaki. Hal ini dikarenakan obat kumur memang diperuntukkan untuk membasmi bakteri. Oleh karena itu obat kumur berguna pula sebagai cara menghilangkan bau kaki. Caranya cukup dengan mencampurkan ½ botol obat kumur kemasan 250 ml dengan 1 baskom air. Kemudian rendam kaki selama 15 menit.

 

10. Deodoran

Umumnya, deodorant akan digunakan pada ketiak. Seperti fungsinya, deodoran digunakan sebagai penghilang bau ketiak, maka bisa pula digunakan pada kaki sebagai cara menghilangkan bau kaki. Tapi tentu saja kalian harus membedakan mana deodoran yang digunakan untuk ketiak dan deodoran yang digunakan untuk kaki. Gunakan deodoran pada kaki setiap kali kalian akan menggunakan sepatu.

 

11. Arang

Cara menghilangkan bau kaki tentu saja juga di dukung oleh kebersihan sepatu. Sebab, sepatu yang lembab salah satu penyebab bau kaki yang menyengat. Cara menghilangkan bau sepatu supaya tidak memunculkan bau kaki yakni kalian bisa memanfaatkan arang. Bahkan, caranya pun sangat mudah, kalian cukup memasukkan arang dalam sepatu. Arang akan berfungsi menyerap bau tidak enak pada sepatu kalian. Masukkan arang pada sepatu kalian tiap kali selesai digunakan.

Itulah sederet cara menghilangkan bau kaki yang mudah dilakukan dan terbukti ampuh. Meski begitu, kalian juga harus menjaga kebersihan kaki dan sepatu secara rutin dengan membersihkan kuku, sering ganti kaos kaki, hingga hindari sepatu yang lembab. Semoga bermanfaat.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending