7 Olahan Pisang Kepok Sederhana, untuk Temani Buka Puasa Ramadhan

Penulis: Dhia Amira

Diperbarui: Diterbitkan:

7 Olahan Pisang Kepok Sederhana, untuk Temani Buka Puasa Ramadhan
Pisang kepok rebus, kolak pisang (credit: instagram.com/dr.zaidulakbar.resep; instagram.com/hanhanny)

Kapanlagi.com - Saat bulan puasa, berbuka dengan makanan yang memiliki banyak serat sangatlah baik untuk kesehatan, karena dapat mudah dicerna oleh lambung dan dapat memberikan rasa kenyang yang cepat. Makanan serat yang baik di konsumsi saat berbuka salah satunya adalah pisang. Kita tahu bahwa buah yang bertekstur ini banyak dijadikan sebagai makanan untuk buka puasa, salah satunya yaitu olahan pisang kepok.

Pisang sendiri merupakan buah yang aman di konsumsi saat buka puasa, karena di dalam buah pisang terdapat kadar Ph 5.6 yang membuat pisang baik untuk menetralisir asam lambung. Jadi untuk seseorang yang memiliki penyakit asam lambung akan sangat baik bila mengonsumsi pisang saat buka puasa. Selain itu pisang juga memiliki kandungan serat serta gula, seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa bisa menjadikan pisang sebagai penambah energi setelah melaksanakan puasa seharian penuh.

Itulah mengapa Pisang dapat menjadi menu buka puasa yang baik untuk tubuh. Untuk itu dilansir dari berbagai sumber, inilah 7 olahan pisang kepok sederhana untuk temani kalian saat buka puasa di bulan Ramadhan.

 

 

1. Setup Pisang Kepok

Olahan pisang kepok yang pertama yaitu setup pisang. Olahan pisang ini memiliki rasa yang sangat ringan dan sangat cocok untuk dikonsumsi saat buka puasa. Bukan itu saja olahan setup pisang kepok ini bila dimasukkan ke dalam kulkas akan menjadi makanan dan minuman yang segar. Dan inilah cara membuatnya:

Bahan yang dibutuhkan:

5 buah pisang Kepok

1 batang kulit kayu manis (ukuran kecil)

5 biji cengkeh

500 ml air

Gula secukupnya

Dan sejumput garam

Cara membuatnya:

Potong pisang menjadi 4 atau 5 potongan.

Siapkan air, dan masukkan gula, garam, cengkeh, dan kulit kayu manis menjadi satu lalu di rebus. Ingat ya KLovers, garam hanya untuk memberikan rasa gurih saja jadi tak perlu banyak-banyak.

Kalau air sudah mendidih, masukkan potongan pisang tersebut dan rebus pisang kurang lebih 10 menit.

Bila sudah selesai bisa matikan api dan angkat. Kalian bisa memasukkan pisang setup ke dalam lemari pendingin agar kuah dari pisang setup terasa segar saat di konsumsi.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Pisang Keju Kepok

Resep olahan pisang kepok yang kedua yaitu pisang keju. Kita sudah tahu bahwa pisang telah menjadi langganan yang sering dibuat dengan menggunakan keju. Saat buka puasa dengan pisang keju memang tak ada duanya, dan inilah cara membuat pisang keju yang praktis dan juga enak.

Bahan yang dibutuhkan:

Pisang kepok yang sudah matang

Susu kental manis

Keju parut

Minyak goreng

Cara membuatnya:

Cara pertama yaitu, kupas pisang seperti biasa. Kemudian panaskan minyak di wajan, dan goreng pisang hingga warna kecoklatan.

Bila sudah matang, tiriskan pisang hingga minyaknya benar-benar hilang. Kemudian tata pisang di piring yang datar, lalu tekan-tekan pisang menggunakan garpu atau sendok agar badan pisang menjadi datar.

Bila sudah, tuangkan susu kental manis ke seluruh bagian pisang. Lalu taburi parutan keju di atasnya, semakin banyak semakin enak ya KLovers. Terakhir, kalian bisa tuangkan susu kental manis lagi bila ingin.

Dan selesai, pisang kepok keju siap dihidangkan.

3. Godok Pisang Kepok

Mau buat olahan pisang yang lebih mudah lagi? kalian bisa membuat godok pisang. Olahan ini sangat mudah untuk dibuat dan tidak memakan banyak waktu, dan cara membuatnya adalah.

Bahan yang dibutuhkan:

7 Pisang kepok yang sudah matang

1/4 Tepung terigu

Garam sedikit saja

Gula putih halus

Minyak goreng

Cara membuatnya:

Pertama, hancurkan pisang hingga benar-benar hancur. Kalian bisa menggunakan tangan atau alat penghancur buah, tapi jangan terlalu halus ya menghancurkannya.

Kedua, beri sedikit saja garam agar memberikan rasa gurih pada pisang tersebut.

Kemudian, beri terigu dan aduk kembali hingga menjadi sebuah pasta. Bila sudah, kalian bisa memanaskan minyak goreng di wajan.

Bila sudah panas, kalian bisa menggorengnya dengan menggunakan sendok agar bisa berbentuk bulat. Goreng hingga warna kecoklatan, dan angkat.

Tata godok pisang ke dalam piring, dan beri taburan gula halus di atasnya. Selesai godok pisang siap dihidangkan.

4. Donat Pisang Kepok

Selain menggunakan kentang, ternyata pisang kepok juga bisa loh dibuat menjadi bahan utama donat. Penasaran? inilah cara membuat donat pisang kepok untuk buka puasa.

Bahan yang dibutuhkan:

600 gram tepung terigu

2 pisang kepok

4 sendok gula

1 sendok makan ragi roti

secukupnya air hangat

1 sendok makan margarin

Cara membuatnya:

Pertama, kupas pisang seperti bisa, lalu hancurkan pisang hingga menjadi bubur.

Kedua, masuk kan tepung terigu, gula, dan ragi menjadi satu. Bila sudah berikan air dan aduk kembali hingga menjadi sebuah adonan, jangan lupa beri juga margarinnya.

Biarkan adonan selama 30 menit agar mengembang. Setelah itu bentuk adonan menjadi sebuah donat, bila merasa lengket, berikan minyak makan saat membentuk adonan.

Panaskan minyak di wajan. Lalu goreng donat hingga berwarna kecoklatan. Kalian juga bisa memberikan taburan gula halus atau keju di atasnya.

Selesai, donat pisang kepok siap dihidangkan.

5. Kolak Pisang Kepok

Olahan pisang kepok selanjutnya yaitu dibuat menjadi kolak. Makanan kolak pisang memang menjadi olahan favorit saat buka puasa, tetapi tak semua orang dapat membuat kolak pisang yang enak. Untuk itu, inilah cara membuat kolak pisang yang simpel.

Bahan yang dibutuhkan:

12 buah pisang kepok

1/2 kg santan kental

2 lembar daun pandan

Gula jawa secukupnya

Gula pasir secukupnya

Air secukupnya

Cara membuatnya:

Pertama, iris pisang kepok menjadi beberapa bagian. Lalu sisihkan.

Kemudian, panaskan air secukupnya dan masuk kan pisang, lalu direbus. Setelah agak empuk masukkan gula jawa, santan, serta daun pandan.

Terakhir, tunggu hingga mendidih kemudian masukkan gula pasir. Dan jangan lupa cek rasa setelah enak.

Selesai, kolak pisang kepok siap dihidangkan.

6. Pisang Kepok Gula Jawa

Olahan pisang kepok selanjutnya yaitu dengan menggunakan gula Jawa. Bila kalian tak ingin makan olahan pisang yang di goreng saat buka puasa, maka pisang kepok gula Jawa adalah pilihannya. Dan cara membuat pisang kepok gula Jawa adalah,

Bahan yang dibutuhkan:

2 tandan pisang kepok yang sudah matang

1 balok gula Jawa

1 lembar daun pandan

1 jahe ukuran kecil (geprek)

1 batang kayu manis

3 gelas air

1 sendok teh garam

Cara membuatnya:

Pertama, kupas pisang kepok seperti biasa dan biarkan utuh.

Lalu, panaskan air, gula Jawa, daun pandan, jahe, dan kayu manis hingga gula Jawa mencari dan juga mengeluarkan aroma harum.

Kemudian bila sudah masuk kan pisang kepok, lalu rebus hingga matang dan air nya berkurang. Bila telah matang dapat di angkat dan sajikan.

7. Puding Pisang Kepok

Dan olahan pisang kepok yang terakhir yaitu dibuat menjadi puding. Olahan ini sangat cocok menjadi teman saat buka puasa, dan tentunya dapat membantu melancarkan pencernaan. Dan cara membuat puding pisang kepok yaitu,

Bahan yang dibutuhkan:

8 buah pisang kepok matang

5 sendok makan gula pasir (bisa ditambah jika ingin lebih manis)

1 bungkus agar-agar plain

50 cc susu kental manis putih

1 butir telur

600 ml air

Cara membuatnya:

Pertama, haluskan pisang kepok dengan 15 cc susu kental manis dan 50 ml air. Bila sudah bisa kalian sisihkan.

Kemudian, campurkan 450 ml air dengan telur, lalu kocok dengan mixer kecepatan rendah hingga tercampur rata.

Masukkan pisang kepok yang telah dihaluskan sedikit demi sedikit ke dalam campuran air dan telur yang tadi.

Masukkan agar-agar plain dan gula pasir. Lalu mixer kembali dengan kecepatan rendah hingga tercampur rata.

Kemudian, masak olahan tadi pada api sedang dan terus diaduk hingga mendidih. Dan matikan.

Diamkan beberapa saat agar bahan pusing menjadi dingin, baru dapat kalian masukkan puding ke dalam wadah cetakan.

Lalu bila sudah, bisa kalian masuk kan ke dalam kulkas bila puding telah dingin. Selesai, puding pisang kepok siap dihidangkan.

itulah 7 olahan pisang kepok yang sederhana untuk temani kalian saat buka puasa. Cara-cara di atas dapat kalian lakukan di rumah dan tak memerlukan waktu yang lama untuk membuatnya. Semoga olahan pisang kepok di atas dapat menjadi bahan kalian dalam membuat olahan pisang kepok yang praktis. Selamat mencoba.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending