8 Jenis Olahraga yang Cocok Dilakukan Saat Pandemi Virus Corona Covid-19

Selasa, 31 Maret 2020 12:44 Penulis: Nurul Wahida
8 Jenis Olahraga yang Cocok Dilakukan Saat Pandemi Virus Corona Covid-19
Ilustrasi melakukan olahraga (credit : pixabay.com)


Kapanlagi Plus - Tubuh yang sehat akan dibarengi dengan kondisi fisik yang kuat. Selain asupan dari dalam tubuh juga memerlukan aktivitas fisik seperti olahraga. Namun kondisi saat ini membuat sebagian jenis olahraga tidak bisa dilakukan.

Pandemi virus corona covid-19 membuat orang-orang tidak dapat pergi keluar rumah. Sehingga olahraga outdoor seperti jogging dan bersepeda sementara tidak bisa dilakukan. Kondisi ini diberlakukan untuk memutus rantai pandemi virus corona covid-19.

Akan tetapi jangan sampai situasi ini membuat kalian tidak dapat melakukan aktivitas olahraga seperti biasa. Ada beberapa 8 jenis olahraga yang cocok dilakukan saat pandemi virus corona covid-19 terjadi. Apa saja itu, yuk simak di sini, yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

 

1. Jumping Jack

Jumping jack bisa menjadi jenis olahraga yang cocok dilakukan saat pandemi virus corona covid-19 terjadi. Jenis olahraga ini sangat cocok dilakukan di rumah. jumping jack terbilang olahraga yang mudah dan sederhana. Karena, olahraga ini tidak membutuhkan peralatan.

Berikut gerakan jumping jack yang bisa kalian aplikasikan di rumah:

- Berdiri tegak dengan posisi kaki rapat dan tangan di samping tubuh.

- Angkat kedua lengan dengan cepat ke atas kepala samping sambal melompat.

- Lakukan gerakan ini ke berbagai arah dalam hitungan ke delapan.

2. Lompat Tali

Jenis olahraga yang cocok dilakukan saat pandemi virus corona covid019 terjadi adalah lompat tali. Gerakkan olahraga ini cukup mudah, kalian hanya membutuhkan sebuah tali khusus yang kemudian mengayunkan kedua sisinya. Jenis olahraga lain juga bisa dilakukan menggunakan tali. Diantara olahraga tersebut adalah double under, jump rope crossover, dan jumpt rope jog.

Berikut gerakan lompat tali yang tepat:

- Pegang kedua sisi ujung tali, dan biarkan bagian tengah tergantung.

- Ayunkan tali ke atas dan melintasi kepala.

- Lalu melompatlah ketika tali melewati bagian bawah tubuh.

3. One- Arm Burpee, Squat Thrusts, Squat Jumpt Onto Box

Jenis olahraga ini memiliki tingkat kesulitan sedang. Ketiganya merupakan olahraga yang berfokus dari olahraga pada kekuatan perut, dada, bahu, dan kuadrisep. Sementara jenis olahraga squat thrusts dilakukan dengan berdiri tegak lalu melakukan posisi push up. Sedangkan squat jumpt onto box gerakan cukup dengan melompat pada kotak box yang disediakan. Usahakan agar box tersebut kuat untuk menopang tubuh kalian.

4. Sit up

Situ up menjadi jenis olahraga yang cocok dilakukan saat pandemi virus corona covid-19 seperti saat ini. Kalian bahkan bisa sambil mendengarkan music favorit. Gerakan olahraga ini cukup mudah, berikut gerakan yang tepat saat sit up:

- Berbaring dengan punggung menempel di lantai.

- Lutut menekuk.

- Tempelkan kaki ke lantai atau minta seseorang untuk memeganginya.

- Letakan tangan dibelakang kepala, atau letakan tangan secara menyilang dibahu. Hindari mendorong leher ke atas.

- Tarik napas saat mengangkat tubuh bagian atas, dan hembuskan saat selesai melakukan gerakan tersebut.

- Turunkan adan bagian atas ke lantai secara perlahan kembali pada posisi semula.

5. Yoga

Yoga merupakan jenis olahraga yang bisa bermanfaat untuk kesehatan jiwa seseorang. olahraga jenis ini memfokuskan pada ketenangan pikiran dan pernapasan. Yoga sangat bermanfaat sebagai sarana relaksasi, menurunkan berat badan, mengurangi risiko penyakit kronis.

Olahraga yoga lebih terlihat seperti meditasi diri. Diantara jenis olahraga yoga adalah hatha yoga, Vinyasa yoga, bikram yoga, aerial yoga, TRX yoga, Yogalates, dan acro yoga. Kalian bisa pilih salah satu jenis yoga tersebut sebagai olahraga yang cocok dilakukan saat pandemi virus corona covid-19.

6. Menari

Jenis olahraga ini terbilang menyenangkan, yups, olahraga ini menggunakan irama music sebagai peralatan utamanya. Wajar, jika banyak yang memilih melakukan jenis olahraga menari di rumah. menari juga bisa membangkitkan mood baik kalian, apalagi jika music dan tarian yang dipilih adalah favorit kalian. Pas banget buat jadi rekomendasi jenis olahraga yang cocok dilakukan saat pandemi virus corona covid-19 terjadi.

7. Straight-Arm Plank And Raise

Olahraga jenis ini terbilang mudah dilakukan, berikut gerakan dari olahraga ini:

- Lakukan posisi push up di lantai dengan lengan berada di bawah bahu dan pinggul membentuk garis lurus.
- Rentangkan satu tangan tanpa menggerakkan badan, dan berhenti sejenak.
- Lalu kembali ke posisi semula.

8. Plank

Jenis olahraga yang berfokus pada kekuatan ini bisa dilakukan dengan mudah. Berikut gerakan olahraga plank yang bisa kalian lakukan di rumah:

-Berbaring di lantai dengan posisi kedua siku berada di bawah bahu dan kaki dilebarkan

- Angkat tubuh bagian atas dan sejajar dengan kaki

Itulah 8 jenis olahraga yang cocok dilakukan saat pandemi virus corona covid-19 terjadi. Jangan sampai kondisi seperti ini membuat kalian enggan melakukan olahraga ya KLovers. Selalu juga perhatikan asupan makanan dan vitamin agar tubuh tetap sehat bugar.

(kpl/nlw/gen)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI