9 Cara Hidup Virus Corona Covid-19, Ketahui agar Kecil Kemungkinan Tertular

Selasa, 31 Maret 2020 11:22 Penulis: Puput Saputro
9 Cara Hidup Virus Corona Covid-19, Ketahui agar Kecil Kemungkinan Tertular
Ilustrasi (credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Sampai saat ini, angka penularan virus corona covid-19 terus meningkat tajam. Berbagai upaya sudah dianjurkan untuk dilakukan agar penyebaran pandemi ini bisa terhenti. Untuk mengetahui cara yang paling tepat untuk menghindari virus ini, sebaiknya lebih dulu kalian pahami cara hidup virus corona ini.

Sama seperti manusia dan makhluk hidup lain, setiap jenis virus juga mempunyai cara hidup sendiri. Sejauh ini, cara hidup virus corona covid-19 yang paling umum diketahui yaitu virus ini mudah sekali menular melalui droplet cairan tubuh. Hal ini pula yang kemudian membuat penyebaran virus ini terus meluas dan sulit dikendalikan.

Lalu, cara hidup apa lagi yang identik dengan virus corona covid-19? Berikut beberapa cara hidup virus corona covid-19:

 

 

1. Membutuhkan Inang untuk Hidup

Virus corona covid-19, termasuk jenis virus yang tidak bisa hidup sendiri. Virus corona covid-19 membutuhkan organisme lain untuk tetap hidup, tumbuh, dan berkembang biak.

Seperti yang kita ketahui, virus corona covid-19 ini bisa begitu ganas ketika berada dalam tubuh manusia. Hal ini karena virus ini hanya bisa aktif dan berkembang biak saat berada di dalam tubuh organisme lain, seperti manusia.

Sementara, saat berada di benda mati virus ini hanya bisa diam dan menunggu organisme lain yang akan dijadikan inang baru, atau akan mati dengan sendirinya.

2. Termasuk Jenis Virus yang Rapuh

Meski bisa menyebar dengan cepat dan berkembang biak dalam jumlah yang banyak, ternyata virus corona covid-19 ini juga termasuk jenis virus yang struktur tubuhnya rapuh.

Oleh karena itu, penyebaran virus ini bisa dicegah hanya dengan melakukan cuci tangan secara rutin, dan menyemprotkan disinfektan pada barang-barang yang berpotensi terkontaminasi virus.

3. Bisa Bertahan Hidup dalam Waktu Tertentu

Virus corona covid-19 bisa menempel dan hidup di permukaan benda melalui droplet atau tetesan liur atau cairan tubuh lainnya dari penderita. Virus ini bisa menempel di segala jenis permukaan benda. Namun, virus ini mempunyai daya tahan yang berbeda-beda tergantung jenis permukaan bendanya.

Misalnya, pada permukaan kardus atau kertas virus corona covid-19 bisa hidup sampai dengan 24 jam. Sementara pada permukaan benda plastik dan baja, virus ini bisa bertahan hingga 2-3 hari lamanya.

4. Menempel Kuat di Benda Keras

Dari sekian jenis permukaan benda yang bisa ditempeli virus corona, ternyata virus ini akan relatif lebih kuat menempel pada benda yang permukaannya keras, dibandingkan di benda dengan permukaan lembut.

Itulah mengapa pada benda-benda seperti plastik dan baja virus ini bisa lebih berumur panjang, dibandingkan jika virus ini menempel pada kertas atau kain.

5. Tidak Tahan Sinar Matahari

Fakta lain tentang cara hidup virus corona covid-19 adalah bahwa virus ini ternyata tidak bisa tahan pada sinar matahari. Dilansir dari merdeka.com, sebuah publikasi menyebutkan sinar ultra violet matahari bisa menjadi disinfektan bagi virus corona covid-19.

6. Mudah Menyebar Lewat Droplet dan Sentuhan

Virus corona covid-19 sangat mudah ditularkan. Virus corona covid-19 bisa menular melalui droplet atau tetesan kecil liur dan cairan tubuh lain dari penderita.

Lebih parahnya lagi, air tetesan atau droplet penderita itu masih bisa menyebar ke orang lain melalui sentuhan. Pasalnya, benda yang terkena droplet akan terkontaminasi virus. Sementara, virus di permukaan benda bisa hidup dalam kurun waktu tertentu tergantung jenis bendanya.

7. Daya Jangkau Bisa Mencapai 2 Meter

Bukan tanpa alasan mengapa social distancing dipilih sebagai satu cara mencegah penyebaran virus corona covid-19. Sebab, virus ini bisa menyebar ke orang yang berdekatan secara fisik dengan penderita virus corona covid-19.

Dilansir dari merdeka.com, Prof. dr. Amin Soebandrio, seorang pakar virus Lembaga Eijkman menyebut virus ini mampu terlempar hingga sejauh 2 meter ketika, seorang penderita bersin. Itulah sebabnya, untuk melakukan social distancing jarak yang dianjurkan adalah lebih dari 2 meter.

8. Bisa Berkembang Biak Dengan Cepat

Virus corona covid-19 bisa berkembang biak dengan cepat di dalam tubuh manusia. Inilah sebabnya, virus yang berasal dari Wuhan, China ini bisa begitu mematikan, bagi penderitanya.

Dikutip dari liputan6.com, virus corona covid-19 bisa berkembang biak menjadi 10.000 dalam hitungan jam. Dalam tubuh seseorang yang sudah tertular, virus-virus yang sudah berkembang biak itu akan dengan cepatnya menyebar. Bahkan, bisa sampai ratusan juta virus dalam satu sendok teh darah.

9. Hidup di Saluran Pernapasan

Sudah menjadi rahasia umum, kalau virus corona covid-19 menyerang sistem pernapasan, khususnya paru-paru. Di saluran pernapasan dan paru-paru inilah virus corona covid-19 berkembang biak. Maka tidak mengherankan bahwa puncak dari serangan virus ini adalah sesak napas.

Itulah 9 cara hidup virus corona yang penting untuk diketahui. Dengan mengetahui cara hidup tersebut, semoga bisa membuat kalian jadi lebih mengerti langkah apa yang harus kalian ambil untuk pencegahan.

(kpl/psp/gen)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI