7 Penyebab Laptop Mati Sendiri yang Perlu Diketahui, Kenali Sumber Masalahnya

Kamis, 28 Januari 2021 13:11 Penulis: Nurul Wahida
7 Penyebab Laptop Mati Sendiri yang Perlu Diketahui, Kenali Sumber Masalahnya
Penyebab laptop mati sendiri (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Laptop saat ini cukup banyak dimanfaatkan berbagai kalangan untuk mempermudah pekerjaan ataupun aktivitas mereka. Sebab selain lebih simple, laptop juga mudah digunakan. Sayangnya ada sejumlah masalah mungkin pernah dihadapi setiap pengguna misalnya saja laptop mati sendiri. Penyebab laptop mati sendiri dapat terjadi karena beragam faktor pemicu yang perlu diketahui sedini mungkin.

Laptop mati sendiri tentunya menjadi masalah yang kerap membuat mood berubah seketika. Sebab bisa jadi laptop mati sendiri saat kalian tengah melakukan beragam pekerjaan ataupun tugas. Kondisi tersebut pastinya kerap bikin kesal terutama jika kalian belum menyimpan tugas atau pekerjaan namun mendadak laptop mati.

Seringkali penyebab laptop mati sendiri kurang terdeteksi atau dikenali. Namun perlu diketahui bahwa mungkin penyebab laptop mati sendiri dapat diakibatkan oleh sumber masalah yang perlu penanganan cepat. Alhasil menggunakan jasa servis menjadi salah satu cara terakhir yang bisa dilakukan untuk mengatasi laptop mati sendiri.

Namun sebelum menyerahkan pada jasa servis, ada baiknya kalian memahami sumber masalah laptop mati sendiri. Kalian dapat menyimak beberapa ulasan di bawah ini yang mungkin dapat menjawab kekhawatiran kalian. Adapun penyebab laptop mati sendiri sebagai berikut telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

 

1. Suhu Laptop Terlalu Panas

Penyebab laptop mati sendiri mungkin dapat terjadi karena suhu laptop yang terlalu panas. Ada sejumlah kemungkinan yang dapat menyebabkan laptop panas misalnya saja terlalu lama digunakan ataupun terjadi masalah pada kipas pendingin laptop.

Seperti diketahui baik laptop ataupun komputer dilengkapi dengan kipas pendingin yang berfungsi mengontrol suhu perangkat. Namun apabila terjadi masalah kipas pendingin seperti penumpukan debu maka bisa jadi hal tersebut menyebabkan suhu laptop tidak dapat terkontrol dengan baik. Terlebih apabila kalian menggunakan laptop pada suhu panas maka bisa memicu peningkatan suhu laptop terlalu tinggi.

 

2. Masalah Pada Baterai

Penyebab laptop mati sendiri selanjutnya adalah masalah pada baterai laptop. Seperti diketahui berbeda dari komputer, laptop menggunakan baterai. Dalam hal ini sama dengan ponsel, apabila perangkat tidak digunakan dengan baik maka bisa menyebabkan masalah pada baterai laptop. Ada beberapa penyebab masalah pada baterai yakni seperti terlalu lama melakukan pengisian daya baterai.

Akibatnya baterai laptop cepat habis bahkan tidak terisi penuh. Selain itu pada sejumlah kondisi tertentu laptop harus tetap tersambung pada kabel pengisian daya agar tetap bisa digunakan. Kondisi ini mungkin menjadi penyebab laptop mati sendiri karena masalah pada baterai.

 

3. Hardware Bermasalah

Penyebab laptop mati sendiri juga dapat disebabkan oleh masalah pada hardware. Ada beragam faktor pemicu yang menyebabkan masalah pada hardware seperti komponen yang tidak sesuai ataupun laptop yang terlalu lawas. Akibatnya kondisi tersebut menyebabkan kegagalan pada perangkat keras atau hardware yang akhirnya memicu laptop mati seperti melansir dari liputan6.com.

Pada kondisi laptop yang sudah lawas, tentunya membutuhkan kinerja yang lebih tinggi agar laptop bisa berjalan. Kondisi ini memicu perangkat keras seperti mainboard bekerja lebih keras yang pada waktu tertentu bisa menyebabkan laptop bermasalah seperti mati sendiri.

 

4. OS Bermasalah

Setiap laptop ataupun computer memiliki sistem operasi untuk dapat menjalankan perangkat. Apabila terjadi masalah pada OS bisa jadi memicu kinerja laptop juga bermasalah. Dalam hal ini ada hubungan antara penyebab laptop mati sendiri dan OS bermasalah. Melansir dari liputan6.com, masalah pada driver sistem operasi bisa memicu laptop mati sendiri. Seringkali saat laptop mati sendiri menyebabkan perangkat kalian tiba-tiba restart dan muncul tampilan seperti booting BIOS. Kondisi ini mungkin dapat disebabkan oleh sistem operasi kalian yang bermasalah.

 

5. Waspadai Perangkat Terkena Virus

Penyebab laptop mati sendiri mungkin bisa disebabkan oleh perangkat yang terkena infeksi virus. Melansir dari liputan6.com, laptop mati sendiri mungkin dapat diakibatkan oleh infeksi virus. Seperti diketahui perangkat kalian dapat mengalami infeksi virus saat secara tidak sengaja terhubung pada koneksi internet yang berbahaya. Kondisi ini bisa menjadi masalah yang mungkin menyebabkan laptop kalian mati sendiri. Untuk mencegahnya kalian dapat mengaktifkan program antivirus agar dapat mengatasi masalah infeksi perangkat terkena virus.

 

6. Overclock CPU atau GPU

Penyebab laptop mati sendiri juga dapat terjadi karena kalian secara tidak disadari telah membuat laptop overclocking. Overclocking pada perangkat menyebabkan laptop kalian harus berjalan dengan kecepatan tinggi untuk meningkatkan kinerjanya di luar batas kemampuannya. Misalnya saja laptop kalian digunakan untuk bermain game ataupun membuat video padahal tidak sesuai dengan spesifikasi laptop. Akibatnya laptop mati sendiri mungkin bisa kalian alami.

 

7. Kipas Pendingin yang Kotor

Seperti ulasan sebelumnya penyebab laptop mati sendiri juga bisa disebabkan oleh kipas pendingin yang kotor. Sebab hal tersebut dapat berpengaruh pada suhu laptop kalian. Di mana fungsi kipas pendingin untuk mengontrol suhu laptop agar tetap stabil. Ketika kipas pendingin kotor baik disebabkan oleh penumpukan debu ataupun makanan maka bisa mengakibatkan laptop cepat panas dan akhirnya mati sendiri. Untuk itu penting selalu memperhatikan kebersihan kipas pendingin ataupun area saat kalian menggunakan laptop.

 

8. Cara Mengatasi Laptop Mati Sendiri

Setelah memahami beberapa penyebab laptop mati sendiri, penting juga mengetahui apa saja yang perlu dilakukan apabila kalian mengalami masalah ini. Adapun cara mengatasi laptop mati sendiri sebagai berikut:

- Jika disebabkan oleh kipas pendingin yang kotor maka kalian dapat segera melakukan pembersihan debu dengan menggunakan jasa service terpercaya.

- Memasang anti-virus untuk membersihkan laptop dari beragam virus di dalamnya.

- Mengistirahatkan laptop dalam beberapa waktu untuk mengontrol suhu pada laptop.

- Mengganti baterai baru apabila masalahnya ada pada baterai laptop.

- Menggunakan jasa service untuk memperbaiki laptop apabila mengalami masalah pada hardware baik RAM, CPU, power supply ataupun video card.

Nah itulah 7 penyebab laptop mati sendiri yang perlu diketahui. Beberapa ulasan di atas dapat menjadi jawaban apabila kalian mengalami masalah pada laptop yang mati sendiri.

 

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI