5 Kekurangan Topologi Jaringan dan Kelebihannya, Kenali Jenisnya

Kamis, 28 Januari 2021 12:11 Penulis: Nurul Wahida
5 Kekurangan Topologi Jaringan dan Kelebihannya, Kenali Jenisnya
Topologi jaringan (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Topologi jaringan digunakan untuk memasang perangkat komputer dalam jumlah tertentu yang berfungsi menghubungkan jaringan antar komputer. Sehingga dengan topologi jaringan inilah dapat mengetahui besar estimasi biaya, kecepatan ataupun skala yang dibutuhkan. Namun perlu dipahami bahwa ada sejumlah kekurangan topologi jaringan yang harus diketahui.

Istilah topologi jaringan memang kerap digunakan dalam setiap pemasangan komputer dengan jumlah lebih dari satu. Menurut ahli topologi jaringan secara singkatnya berfungsi untuk menghubungkan perangkat antar satu komputer dengan lainnya, yang mana nantinya komputer tersebut dapat saling berbagai sumber daya, berkomunikasi ataupun akses internet.

Topologi jaringan seringkali dijumpai pada pemasangan komputer di sekolah ataupun perusahaan yang biasanya membutuhkan lebih dari satu komputer. Berdasarkan jenisnya, topologi jaringan dibagi pada beberapa jenis misalnya topologi cincin, topologi bus, ataupun topologi star.

Diantara jenis topologi jaringan tersebut masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan yang berbeda. Sehingga kalian perlu memahami apa saja kekurangan topologi jaringan dan kelebihannya apabila ingin melakukan pemasangan perangkat lebih dari satu.

Adapun kekurangan topologi jaringan dan kelebihannya dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini. Berikut kekurangan topologi jaringan dan kelebihannya dilansir dari liputan6.com dan projasaweb.com.

1. Pengertian Topologi Berdasarkan Jenisnya

Sebelum membahas mengenai kekurangan topologi jaringan, ada baiknya mengetahui pengertian topologi jaringan berdasarkan jenisnya. Adapun pengertian topologi jaringan berdasarkan jenisnya sebagai berikut:

1. Topologi Jaringan Cincin

Topologi jaringan cincin juga dikenal dengan topologi jaringan ring. Pengertian topologi jarigan cincin adalah topologi yang digunakan untuk menghubungkan antar perangkat dengan bentuk melingkar seperti cincin. Sehingga dengan jenis topologi jaringan cincin ini memungkinkan antar perangkat komputer dapat saling terhubung. Pada jenis ini biasanya menggunakan LAN card agar dapat membuat koneksi antar komputer.

2. Topologi Jaringan Bus

Pengertian topologi jaringan bus adalah topologi jaringan yang susunan topologi jaringannya cenderung lebih sederhana dibandingkan yang lain. Sebab pada topologi jaringan bus biasanya hanya menggunakan kabel coaxial sepanjang node client serta konektor seperti TNBC, terminator, ataupun BNC untuk menghubungkan antar perangkat komputer.  

 

 

2. Pengertian Topologi Berdasarkan Jenisnya

3. Topologi Jaringan Star

Sesuai dengan namanya pengertian topologi jaringan star memiliki susunan seperti bentuk bintang. Pada topologi star biasanya untuk menghubungkan antar perangkat atau client menggunakan switch ataupun hub. Letak switch ataupun hub tersebut berada di tengah yang nantinya digunakan untuk koneksi antar satu perangkat.

4. Topologi Jaringan Mesh

Pengertian topologi jaringan mesh adalah topologi jaringan yang digunakan dengan menggunakan kabel tunggal untuk menghubungkan antar perangkat. Adanya kabel tunggal tersebut bisa membantu proses mengirim data lebih cepat tanpa adanya switch atau hub. Ini biasanya dipakai pada topologi jaringan yang memiliki banyak rute seperti bentuk jala.

5. Topologi Jaringan Tree

Topologi jaringan berdasarkan jenisnya yakni topologi tree adalah topologi yang digunakan dengan menggabungkan antara jenis topologi star dan bus. Nantinya jenis topologi ini akan dipakai untuk menghubungkan antar perangkat dengan bentuknya seperti hirearki atau bertingkat dari atas ke bawah.

 

3. Kekurangan Topologi Jaringan Berdasarkan Jenisnya

Berdasarkan jenisnya topologi jaringan memiliki sejumlah kekurangan yang perlu dipahami. Adapun kekurangan topologi jaringan tersebut sebagai berikut dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini dilansir dari liputan6.com dan projasaweb.com.

1. Kekurangan Topologi Jaringan Cincin

Kekurangan topologi jaringan cincin perlu dipahami apabila kalian ingin menggunakan jenis ini untuk menghubungkan perangkat komputer. Berikut kekurangan topologi jaringan cincin

- Sulit diperbaiki apabila terjadi masalah atau gangguan pada topologi jaringan cincin.

- Kurang cocok dipakai untuk koneksi jaringan yang padat.

- Rentan mengalami tabrakan pada arus data.

- Koneksi cenderung lambat namun stabil.

2. Kekurangan Topologi Jaringan Bus

Kekurangan topologi jaringan bus tentunya berbeda dengan jenis lainnya. Berikut kekurangan topologi jaringan bus yang perlu kalian pahami:

- Apabila terjadi masalah pada kabel utama maka dapat mengganggu jaringan setiap komputer.

- Masalah cenderung sulit terdeteksi.

- Sinyal kurang stabil apabila digunakan untuk menghubungkan banyak perangkat.

- Rentan mengalami tabrakan pada arus data.

- Rumit untuk dikembangkan.

 

 

4. Kekurangan Topologi Jaringan Berdasarkan Jenisnya

3. Topologi Jaringan Star

- Kekurangan topologi jaringan star sebagai berikut juga penting untuk dikenali.  Beberapa hal terkait dengan kekurangan topologi star yakni:

- Biaya pembuatan cenderung mahal.

- Masalah pada switch atau hub bisa berpengaruh pada semua jaringan computer.

- Jaringan bergantung pada terminal pusat atau spesifikasi hub ataupun switch.

4. Kekurangan Topologi Jaringan Mesh

Adapun kekurangan topologi jaringan mesh yakni sebagai berikut:

- Perlu banyak kabel untuk menghubungkan antar perangkat.

- Biaya cenderung mahal.

- Pemasangan ataupun instalasi cukup rumit.

5. Kekurangan Topologi Jaringan Tree

Berikut ini kekurangan topologi jaringan tree yang dapat kalian kenali. Adapun kekurangan jaringan tree bisa kalian simak melalui poin berikut:

- Boros kabel.

- Biaya cenderung mahal.

- Koneksi jaringan lambat.

- Apabila mengalami masalah pada komputer pusat atau di atasnya maka berpengaruh pada perangkat di bawah.

 

 

5. Kelebihan Topologi Jaringan Berdasarkan Jenisnya

Setelah memahami beberapa kekurangan topologi jaringan berdasarkan jenisnya, berikut ini beberapa ketegori kelebihan topologi jaringan yang perlu dipahami. Adapun kelebihan topologi jaringan berdasarkan jenisnya sebagai berikut.

1. Kelebihan Topologi Jaringan Cincin

- Mudah dan cepat untuk dibuat.

- Biaya pembuatan cenderung lebih murah.

- Minim penggunaan kabel.

- Koneksi cukup stabil dan baik.

2. Kelebihan Topologi Jaringan Bus

- Biaya pemasangan atau pembuatan cenderung murah.

- Minim penggunaan kabel.

- Penambahan client baru cenderung mudah dilakukan.

- Jaringan hanya terhubung pada kabel utama sehingga lebih simple.

 

 

6. Kelebihan Topologi Jaringan Berdasarkan Jenisnya

3. Kelebihan Topologi Jaringan Star

- Tingkat keamanan cukup tinggi.

- Cukup mudah menyambungkan atau menambahkan client baru.

- Mudah terdeteksi apabila mengalami gangguan.

- Jaringan lebih fleksibel dibanding yang lainnya.

4. Kelebihan Topologi Jaringan Mesh

- Memiliki keamanan dan privasi yang cukup baik.

- Adanya kecepatan arus lalu lintas dibanding yang lainnya.

- Mudah terdeteksi apabila terjadi masalah.

5. Kelebihan Topologi Jaringan Tree

- Pengaturan data cenderung mudah.

- Masalah mudah terdeteksi.

- Bisa dikembangkan dengan jaringan lebih luas.

Nah itulah 5 kekurangan topologi jaringan dan kelebihannya yang perlu dipahami. Beberapa kekurangan dan kelebihan di atas tentunya dapat menjadi bahan pertimbangan bagi kalian apabila ingin menggunakan topologi jaringan pada perangkat komputer.

 

 

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI