8 Cara Mengatasi Iritasi Kulit Setelah Bercukur

Penulis: Dhia Amira

Diterbitkan:

8 Cara Mengatasi Iritasi Kulit Setelah Bercukur
Ilustrasi (credit: Pixabay)

Kapanlagi.com - Setelah bercukur biasanya kita akan mengalami iritasi pada kulit seperti gatal, bintik merah, serta perih. Dan hal tersebut sangat mengganggu penampilan dan tentu saja gatal dan perih yang di rasakan sangat meresahkan. Ada beberapa dari kalian yang menggunakan gel pendingin agar dapat menghilangkan rasa perih dan gatal yang terjadi, tetapi ternyata ada kok cara mengatasi iritasi pada kulit.

Iritasi sendiri merupakan masalah yang disebabkan kulit karena sesuatu hal seperti, udara yang terlalu lembab, kulit yang bersentuhan langsung dengan kimia, atau karena faktor lainnya seperti bercukur. Kondisi iritasi kulit tidak berbahaya, tetapi bila menjadi parah akan mengganggu aktivitas kalian. Untuk itu, dilansir dari berbagai sumber, inilah 8 mengatasi iritasi kulit secara alami dan tentunya aman.

 

1. Lidah Buaya

Cara mengatasi iritasi pada kulit yang pertama yaitu dengan menggunakan lidah buaya. Karena pada lidah buaya terdapat fatty acid yang berfungsi untuk menenangkan kulit yang meradang. Buka hanya itu saja lidah buaya juga dapat memberikan rasa dingin di kulit akibat iritasi setelah mencukur.

Cara pemakaiannya, kalian hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya pada kulit yang meradang. lakukan cara tersebut secara terus menerus hingga iritasi pada kulit cepat mereda.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Madu

Cara mengatasi iritasi yang kedua yaitu dengan menggunakan madu. Memiliki sifat anti mikroba, madu dapat berfungsi untuk mengurangi iritasi pada kulit. Selain itu, madu juga dapat mengurangi peradangan di area yang sakit serta mampu melembabkan kulit.

Cara menggunakannya pun mudah, kalian hanya perlu mengoleskan madu pada bagian yang terkena iritasi seperti menggunakan masker. Tunggu hingga 15 menit dan langsung bisa dibilas menggunakan air dingin.

3. Kompres dengan Batu Es

Dan cara selanjutnya yaitu dengan mengompresnya menggunakan batu es pada kulit yang terasa perih atau gatal. Sebenarnya batu es adalah cara pertama yang dapat kita lakukan dalam menangani iritasi pada kulit, kalian bisa mengompreskan batu es pada kulit yang iritasi. Dengan melakukan terapi batu es maka akan mampu menurunkan suhu kulit dan membantu mengurangi sakit pada kulit.

Kalian hanya perlu membungkus batu es menggunakan kain, lalu letakkan pada daerah yang terkena iritasi selama 3 hingga 5 menit. Lakukan hal tersebut secara rutin hingga iritasi pada kulit menghilang.

4. Hindari Air Hangat

Beberapa orang sangat menyukai mandi dengan air hangat, tetapi tidak akan baik bila dilakukan saat kulit mengalami iritasi. Karena mandi dengan air hangat akan membuka pori-pori pada kulit dan akan memperburuk peradangan pada kulit.

Maka saat terkena iritasi di sarankan untuk mandi dengan air dingin, agar dapat membantu meredakan iritasi pada kulit. Bukan hanya itu saja, mandi dengan air dingin juga dapat memberikan efek sejuk pada kulit yang terkena iritasi.

5. Lemon

Ternyata lemon dapat menjadi cara mengatasi iritasi pada kulit loh. Karena lemon memiliki kandungan vitamin C yang dapat membantu menyembuhkan dan mencegah infeksi pada kulit.

Cara menggunakannya pun mudah, pertama peras lemon dan simpan perasan air lemon tersebut di lemari es. Hal ini untuk memberikan efek dingin saat kita akan mengoleskan air lemon pada kulit yang terkena iritasi. Lalu bila air lemon telah dingin bisa langsung kalian oleskan pada kulit yang terkena iritasi, dan tunggu hingga mengering. Bila telah mengering, bisa kalian bilas menggunakan air dingin.

6. Tea Tree Oil

Cara mengatasi iritasi kulit selanjutnya yaitu dengan menggunakan tea tree oil. Dalam minyak tea tree oil terdapat kandungan anti bakteri, antiseptik, dan anti-inflamasi yang dapat menyembuhkan masalah peradangan dalam kulit.

Dan cara menggunakannya, kalian bisa menggunakan dengan dua cara yaitu, pertama kalian bisa mengoleskan langsung tea tree oil pada area yang terkena iritasi. Tunggu hingga 15 menit, lalu kalian dapat langsung kalian bilas menggunakan air.

Lalu cara yang kedua yaitu, ambil dua atau tiga tetes tea tree oil dan campurkan dengan 2 sendok teh minyak zaitun. Lalu oleskan pada bagian yang terkena iritasi, dan diamkan hingga 15 menit. Bila telah selesai dapat kalian bilas dengan menggunakan air bersih.

7. Oatmeal

Lalu cara mengatasi iritasi kulit yang berikutnya yaitu dengan menggunakan oatmeal. Karena di dalam oatmeal terdapat kandungan fenol yang dapat mengurangi rasa gatal dan iritasi pada kulit. Bukan itu saja, kandungan antioksidan dan anti peradangan dapat membantu menenangkan, membersihkan, serta melembabkan kulit.

Caranya cukup mudah, kalian hanya perlu merendam oatmeal ke dalam air selama kurang lebih 10 menit. Kemudian kalian merendam bagian kulit tersebut pada air oatmeal selama 15 menit.

8. Menggunakan Pakaian Longgar

Dan cara mengatasi iritasi kulit yang terakhir yaitu dengan menggunakan pakaian yang longgar, karena gesekan antara permukaan kulit dengan pakaian yang cenderung ketat dapat memperparah iritasi yang kalian alami. Maka dari itu, solusi agar tidak memperburuk iritasi pada kulit adalah dengan menggunakan pakaian yang longgar.

Itulah 7 cara mengatasi iritasi kulit yang dapat kalian lakukan di rumah, dan tentu saja alami. Cara-cara di atas juga dapat kalian lakukan secara rutin, karena tidak akan memiliki efek samping yang membahayakan bagi tubuh. Lakukanlah secara terus menerus hingga iritasi yang kalian alami dapat dengan cepat sembuh dan membaik. Selamat mencoba.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending