8 Cara Mengatasi Lutut Hitam Secara Alami, Pakai Kunyit - Lemon

Penulis: Dhia Amira

Diterbitkan:

8 Cara Mengatasi Lutut Hitam Secara Alami, Pakai Kunyit - Lemon
Ilustrasi (credit: Pixabay)

Kapanlagi.com - Memiliki lutut menghitam memang sangat mengganggu penampilan, apalagi ketika kita akan mengenakan rok, maka akan terlihat mengganggu sekali dengan kondisi lutut yang hitam. Sebenarnya kita dapat mengetahui bagaimana cara mengatasi lutut hitam kalau kita tahu penyebab awal mengapa tersebut menghitam.

Lutut menghitam sendiri disebabkan oleh beberapa faktor antara lain, Faktor usia, faktor gesekan, faktor genetik, karena paparan sinar matahari, kulit kering dan masing banyak lagi hal yang dapat mempengaruhi lutut kita menjadi hitam. Dari pada bingung dengan bagaimana cara mengetahui mengapa lutut kita menghitam, lebih baik kita melakukannya dengan cara-cara alami yang pasti aman untuk di gunakan secara rutin.

Maka dari itu, dilansir dari berbagai sumber, inilah 8 cara mengatasi lutut hitam secara alami.

 

1. Kunyit

Sudah banyak yang mengetahui bahwa kunyit memiliki kandungan yang baik dalam mengatasi permasalahan kulit seperti, mencerahkan wajah, meratakan warna kulit dan juga memudarkan bintik-bintik hitam. Selain untuk mengatasi permasalahan wajah, kunyit juga dapat menjadi bahan alami yang dapat mengatasi lutut yang hitam loh. itulah mengapa kunyit selalu di gunakan dalam produk-produk kecantikan.

Cara mengatasi lutut yang hitam dengan menggunakan kunyit yaitu, kalian hanya perlu mencampurkan kunyit bubuk menggunakan air biasa atau air mawar, lalu aduk hingga kunyit menjadi adonan. Oleskan adonan kunyit tersebut ke lutut kalian, dan diamkan hingga 15 menit. Bila telah mengering dapat langsung kalian bilas dengan air.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Teh Hijau

Cara mengatasi lutut hitam selanjutnya adalah dengan menggunakan teh hijau. Teh hijau mengandung epigallocatechin gallate, yang terbukti bisa mencegah produksi melanin berlebih di area kulit. Dan produksi melanin secara berlebihan dapat membuat kulit lutut menjadi hitam. Teh hijau sangat cocok untuk kalian yang memiliki lutut hitam karena faktor genetik, mungkin saja kalian terlahir mengeluarkan banyak zat melanin di dalam tubuh, sehingga memiliki banyak kulit gelap.

Cara untuk mendapatkan lutut ideal dengan teh hijau yaitu, kalian dapat menyeduh teh hijau dengan air hangat. Lalu oleskan air teh hijau tersebut menggunakan kapas secara perlahan ke lutut kalian, serta area yang memiliki kulit yang hitam.

3. Lidah Buaya

Selain untuk melembabkan, ternyata lidah buaya juga dapat menjadi salah satu cara mengatasi lutut yang hitam secara alami loh. Karena di dalam lidah buaya terdapat kandungan aloesin yang dapat menghambat pembentukan enzim yang menyebabkan pigmentasi kulit. Dan enzim inilah yang dapat membantu memutihkan lutut kalian yang menghitam.

Caranya sangat mudah, oleskan gel lidah buaya pada lutut kalian dan diamkan hingga 30 menit. Bila telah meresap, kalian bisa membilasnya menggunakan air hangat secara perlahan.

4. Lemon

Cara mengatasi lutut hitam selanjutnya yaitu dengan menggunakan lemon. Sudah banyak yang mengetahui bahwa lemon adalah bahan alami pemutih kulit, tak hanya dapat memutihkan kulit wajah tetapi lemon juga dapat dijadikan sebagai pemutih lutut yang hitam.

Caranya mudah, kalian hanya perlu memotong lemon menjadi 2 bagian, lalu gosok lemon pada lutut secara perlahan selama 15 menit. Bila telah selesai bisa kalian bilas dengan menggunakan air bersih.

5. Pepaya

Ternyata pepaya dapat mengatasi lulut yang menghitam loh KLovers. Karena di dalam pepaya mengandung zat enzim papain dan berbagai jenis vitamin, seperti vitamin C dan E yang pasti dapat mencerahkan kulit. Itulah mengapa pepaya sering digunakan sebagai produk kecantikan wajah serta rambut, karena khasiatnya yang luar biasa.

Cara menggunakannya, gosokkan satu potongan kecil pepaya ke bagian kulit lutut yang menghitam. Lakukan hal tersebut selama 25 menit, bila telah selesai dapat kalian bilas menggunakan air hangat.

6. Gula

Tak hanya untuk bumbu masakan dan bahan pembuat minuman saja, tetapi gula juga dapat menjadi salah satu cara mengatasi lulut yang hitam secara alami loh. Kok bisa? karena gula dapat digunakan untuk membantu proses pengelupasan pada kulit kulit, yaitu sel kulit mati penyebab kulit menjadi hitam.

Cara mengatasi lutut yang hitam menggunakan gula yaitu, campurkan gula menggunakan madu atau minyak zaitun dan oleskan pada bagian lutut sembari digosok secara perlahan. Kalian dapat menggunakan gula sebagai scrub yang dapat mengangkat kulit mati pada lutut.

7. Minyak Kelapa

Tak hanya melembabkan, tetapi minyak kelapa juga dapat mencerahkan kulit. Walaupun tak semua minyak dapat mencerahkan kulit ya KLovers, hanya minyak kelapa dan minyak zaitun saja yang dapat mencerahkan kulit. Dan tentu saja dapat mencerahkan kulit pada lutut kalian.

Cara menggunakannya sangat mudah, kalian hanya perlu mengoleskan minyak kelapa di malam hari sebelum tidur pada lutut kalian. Keesokan paginya, bisa kalian bilas menggunakan air yang hangat.

8. Susu Kefir

Dan cara mengatasi lutut hitam yang terakhir yaitu dengan menggunakan susu kefir. Di dalam susu kefir terdapat kandungan asam laktat yang akan bertindak sebagai eksfoliator yang mampu mengangkat sel kulit mati, sehingga proses regenerasi kulit menjadi lebih lancar. Serta kandungan probiotik, yang juga mampu menjaga kelembapan pada kulit.

Cara pemakaiannya yaitu, kalian cukup mengoleskan susu kefir pada lutut yang menghitam dan diamkan hingga 20 menit. Bila telah selesai, kalian dapat langsung membilasnya dengan menggunakan air hangat.

Itulah 8 cara mengatasi lutut hitam secara alami, lakukanlah secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal ya. Karena tidak semua bisa langsung berubah secara instan untuk mendapatkan hasil tersebut. Selamat mencoba.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending