8 Cara Mengatasi Sinyal Full Tapi Internet Lemot dengan Mudah dan Praktis, Bisa Dilakukan Sendiri

Selasa, 08 Februari 2022 16:44 Penulis: Puput Saputro
8 Cara Mengatasi Sinyal Full Tapi Internet Lemot dengan Mudah dan Praktis, Bisa Dilakukan Sendiri
Ilustrasi (credit: unsplash)


Kapanlagi Plus - Sinyal jadi salah satu faktor yang sangat menentukan lancar tidaknya koneksi internet. Namun, ada kalanya koneksi internet tetap terhambat alias lemot, meski sinyal atau jaringan hp telah full dan stabil. Bahkan bisa dibilang hal ini cukup sering terjadi. Saat mengalaminya, kita perlu tahu cara mengatasi sinyal full tapi internet lemot.

Terdapat beberapa hal yang bisa menyebabkan koneksi internet lemot, meski sinyal full. Misalnya, karena adanya gangguan jaringan hingga eror pada sistem di hp. Namun jangan khawatir, sebab ada beberapa cara mengatasi sinyal full tapi hp lemot yang bisa dilakukan. Penasaran, bagaimana caranya?

Dilansir dari situs internet-access-guide.com, langsung saja simak ulasan cara mengatasi sinyal full tapi internet lemot berikut ini.

1. Aktifkan Mode Pesawat Beberapa Waktu

Salah satu cara mengatasi sinyal full tapi internet lemot adalah dengan mengaktifkan mode pesawat beberapa waktu. Tak perlu waktu lama, kalian hanya perlu mengaktifkan mode pesawat selama 30 detik, lalu menonaktifkannya kembali. Cara ini memang terbukti dapat memperbaiki koneksi hp kalian.

2. Coba Lakukan Restart

Jika cara mengatasi sinyal full tapi internet lemot di atas masih belum berhasil, kalian bisa coba cara yang berikutnya. Kalian bisa coba melakukan restart pada hp kalian. Sama seperti mengaktifkan mode pesawat, restart hp juga bisa memperbaiki jaringan atau sinyal di hp.

Melakukan restart akan membantu memperbaiki kinerja hp kalian. Pasalnya, dengan restart, hp akan membersihkan semua bug yang mungkin terakumulasi dari waktu ke waktu. Secara alami, hal ini juga akan memiliki efek positif pada kekuatan sinyal internet di hp kalian.

3. Melepaskan Kartu Sim Beberapa Saat

Cara mengatasi sinyal full tapi internet lemot berikutnya yaitu melepaskan kartu sim beberapa saat. Ya, masalah koneksi internet bisa jadi disebabkan karena gangguan pada slot kartu sim. Mengeluarkan kartu sim selama beberapa menit, kemudian memasangnya lagi terbukti efektif memperbaiki sinyal dan koneksi internet.

Selain itu, kalian juga bisa mencoba mengganti dengan kartu sim provider lain. Hal ini berguna untuk memastikan apakah gangguan koneksi terjadi karena gangguan jaringan atau sinyal.

4. Berpindah Tempat

Selain karena masalah jaringan, gangguan koneksi internet di waktu sinyal full juga bisa disebabkan karena faktor lain. Misalnya kondisi cuaca buruk, aktivitas matahari, atau lokasi yang tidak memadahi karena adanya batasan dinding.

Maka dari itu, untuk mengatasi masalah sinyal full tapi koneksi internet terganggu kalian bisa coba berpindah tempat beberapa saat. Kalian bisa mencari tempat dengan cuaca dan lokasi yang lebih terbuka jauh dari hambatan gedung atau dinding tebal.

5. Periksa Aplikasi yang Mungkin Menghambat

Penggunaan aplikasi secara berlebihan juga bisa membuat koneksi internet terhambat. Jadi, untuk mengatasi efek gangguan koneksi, kalian bisa mengecek penggunaan aplikasi di hp. Tutup beberapa aplikasi yang sedang digunakan untuk memperlancar koneksi internet. Kalian bisa mengeceknya melalui menu pengaturan di hp.

Berikut cara mengecek aplikasi yang terlalu banyak menyita penggunaan hp:

- Pertama, masuk ke menu pengaturan.

- Selanjutnya, masuk ke menu jaringan dan internet.

- Setelah itu, pilih opsi "jaringan seluler".

- Lalu, buka "penggunaan data aplikasi".

- Berikutnya, masuk ke aplikasi yang banyak memakan memori, nonaktifkan dengan mengaturnya ke dalam posisi mati.

6. Nonaktifkan Mode Hemat Kuota

Ketika kehabisan baterai, biasanya secara otomatis hp akan mengaktifkan mode hemat data untuk menjaga hidup lebih lama. Hal inilah yang kemudian tidak disadari banyak orang memperlambat kecepatan internet di hp kalian. Jadi, ketika sinyal full dan koneksi terhambat, kalian perlu memastikan hp kalian tidak sedang dalam mode hemat kuota.

Jika memang mode hemat kuota tersebut hidup, kalian bisa segera mematikannya untuk membuat koneksi internet normal kembali. Dengan begitu, koneksi internet akan kembali stabil dalam sekejap.

7. Nonaktifkan VPN

Selain mode hemat kuota, kalian juga perlu menonaktifkan VPN di hp kalian untuk memperbaiki koneksi internet. Ya meskipun VPN dapat dipakai untuk menjaga agar koneksi tetap aman. Namun, nyatanya penggunaan VPN juga justru memperlambat koneksi internet di hp kalian.

Maka dari itu, jika sinyal full tapi koneksi internet kalian terganggu, coba matikan sebentar VPN hp kalian untuk meningkatkan koneksi internet kalian.

8. Hubungi Operator

Apabila semua cara mengatasi sinyal full tapi internet lemot di atas masih belum berhasil, kalian bisa mencoba cara yang terakhir yaitu menghubungi operator. Ya, mau tak mau jika tak bisa memperbaiki koneksi sendiri, kalian bisa minta bantuan operator kartu sim kalian. Sebab, bisa jadi gangguan koneksi tersebut terjadi karena gangguan dari operator.

Itulah di antaranya beberapa cara mengatasi sinyal full tapi internet lemot. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

(kpl/gen/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI