8 Cara Merawat Rambut Keriting dengan Praktis, Agar Tetap Halus dan Anti Kusut

Sabtu, 30 Mei 2020 09:22 Penulis: Nurul Wahida
8 Cara Merawat Rambut Keriting dengan Praktis, Agar Tetap Halus dan Anti Kusut
Ilustrasi (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Perawatan kecantikan yang tak bisa dianggap remeh salah satunya adalah merawat rambut. Jenis-jenis rambut diketahui sangat beragam mulai dari lurus hingga keriting. Diantara jenis tersebut rambut keriting tergolong lebih susah diatur jika dibandingkan dengan rambut lurus. Untuk itu perlu mengetahui cara merawat rambut keriting agar tetap menarik.

Sebagian besar orang menganggap rambut keriting kurang menarik. Tak jarang banyak diantara mereka berusaha untuk meluruskannya. Sebab selain lebih menunjang penampilan, rambut lurus juga dianggap mudah diatur.

Namun sebenarnya memiliki rambut keriting juga dapat menunjang penampilan sama halnya dengan jenis rambut lurus. Asalkan mengetahui cara merawat rambut keriting dengan tepat. Dengan begitu pemilik rambut keriting pun dapat tampil lebih percaya diri. Seperti deretan selebriti tanah air bahkan luar negeri yang tetap menarik serta stylish dengan rambut keriting.

Masalah yang sering muncul untuk pemilik jenis rambut keriting seperti rambut mudah kusut dan kering. Seperti yang diketahui rambut keriting memiliki bentuk gelombang, elastis dan ikal kecil sempurna. Selain itu rambut keriting memiliki volume yang terlihat lebih banyak. Sehingga memerlukan perawatan yang rutin untuk tetap menjaga rambut keriting tetap menarik.

Lalu bagaimana cara merawat rambut keriting dengan praktis agar tetap halus dan anti kusut?

Adapun cara merawat rambut keriting dengan praktis bisa dilakukan di rumah secara rutin. Berikut 8 cara merawat rambut keriting yang dilansir dari berbagai sumber.

 

1. Gunakan Kondisioner

Cara merawat rambut keriting dengan praktis salah satunya dengan menggunakan kondisioner. Kondisioner merupakan masker rambut yang berfungsi merawat rambut agar tetap sehat serta indah. Beberapa produk kondisioner dibuat khusus untuk pemilik rambut keriting. Sehingga kalian bisa menggunakan produk khusus rambut keriting untuk menjaga keindahan rambut keriting.

2. Jangan Sering-Sering Keramas

Meski keramas merupakan cara terbaik menjaga kebersihan rambut. Namun untuk pemilik rambut keriting dianjurkan untuk tidak sesering mungkin melakukan keramas rambut. Sebab, keramas terlalu sering bisa menyebabkan rambut menjadi rapuh serta kering.

Tentunya bagi pemilik rambut keriting yang memiliki tipe rambut cenderung kering justru akan memperburuk kondisi rambut. Sehingga ini menjadi cara merawat rambut keriting dengan praktis.

3. Lakukan Keramas dengan Tepat

Cara merawat rambut kering dengan praktis selanjutnya juga dapat dilakukan dengan keramas secara benar. Pemilik rambut keriting dapat mengikuti langkah di bawah ini ketika akan keramas:

- Jangan terlalu menggosok kulit kepala terlalu keras, sebab akan membuat kusut rambut.

- Bagi rambut keriting menjadi empat bagian lalu aplikasikan sampo secara perlahan pada kulit dan rambut.

- Ratakan perlahan sampo pada rambut sembari memijat lembut.

4. Keringkan Rambut Secara Benar

Cara umum mengeringkan rambut biasanya dilakukan dengan menggunakan handuk lalu mengusapnya. Namun hal ini berbeda dengan pemilik rambut keriting. Sebab mengusap rambut dengan handuk justru akan membuatnya cepat kusut.

Cara merawat rambut keriting dengan praktis agar tetap halus dan anti kusut adalah dengan mengeringkan pakai handuk namun hanya ditempelkan saja. Dengan menempelkannya maka air yang terdapat pada rambut dapat terserap, meski perlu waktu untuk kering pada suhu normal.

5. Menyisir dengan Tepat

Cara merawat rambut keriting dengan praktis agar tetap halus dan anti kusut dapat juga dilakukan dengan menyisir dengan tepat. Seperti yang diketahui alat penyisir rambut adalah sisir dengan memiliki rongga-rongga.

Namun untuk pemilik rambut keriting dianjurkan menata rambut secara perlahan helai demi helai. Sebaiknya gunakan sisir rambut yang bergigi jarang agar menghindari kerusakan rambut. Akan lebih baik jika menggunakan jari tangan untuk menatanya. Meski memang membutuhkan banyak waktu apabila menata dengan tangan.

6. Hair Mask Pisang dan Madu

Pisang memiliki banyak manfaat untuk perawatan rambut. Diantaranya memberikan kelembutan dan melembabkan rambut. Sehingga pisang sangat cocok untuk merawat rambut keriting agar menjaga kelembutan dan kelembabannya. Kalian juga dapat menambahkan madu untuk membuat masker rambut tersebut. Berikut cara membuat hair mask untuk merawat rambut keriting agar tetap halus dan anti kusut:

- Satu buah pisang matang dan 2 sendok makan madu

- Haluskan pisang dengan blender ataupun sendok dan campurkan madu. Lalu aduk sampai merata.

- Oleskan pada rambut dan kulit kepala menggunakan kuas rambut.

- Diamkan selama 1 jam dan bilas dengan air bersih dan sampo.

- Keringkan dan lakukan secara rutin seminggu sekali.

7. Rutin Pakai Vitamin Rambut

Cara merawat rambut keriting selanjutnya adalah dengan memakai vitamin secara rutin. Produk vitamin rambut ini pun sudah banyak dijual di pasaran. Selain itu jenis vitamin rambut pun juga sangat banyak dan beragam.

Namun untuk rambut merawat rambut keriting vitamin yang dianjurkan untuk digunakan yakni vitamin E. Sebab vitamin E tersebut dapat memberikan kelembaban rambut keriting dan mencegah rambut kering.

8. Hindari Pakai Hair Dryer

Cara merawat rambut keriting dengan praktis agar tetap halus dan anti kusut salah satunya dengan menghindari menggunakan pengering rambut. Sebab pengering rambut yang panas dapat membuat rambut mudah kering dan merusaknya. Kalian dapat menggantinya dengan menggunakan diffuser untuk mengeringkan rambut.

Demikian 8 cara merawat rambut keriting dengan praktis agar tetap halus dan anti kusut. Cara di atas dapat mudah diterapkan di rumah yang pasti lebih terjangkau.

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI